12 Ramuan Alami Melancarkan Buang Air Kecil

12 Ramuan Alami Melancarkan Buang Air Kecil

Kurang lancarnya aliran air seni saat buang air kecil sendiri merupakan tanda bahwa terjadi hambatan atau penyumpatan pada saluran kencing.

Ada beberapa penyakit yang berkaitan dengan saluran kecing, antara lain infeksi saluran kencing dan bisa jadi gejala awal penyakit ginjal. Namun jika air seni masih dapat keluar tetapi tidak lancar hal itu dapat di obati dengan memperlancar saluran air kencing dengan meminum ramuan alami dari alam. Namun jika yang terjadi adalah penyumbatan pada saluran kencing, maka Dokterlah alternatif yang disarankan.

Untuk dapat memperlancar aliran buang air kecil dengan bahan alam Anda dapat membuat ramuan dari tanaman – tanaman berikut ini.

1) Kumis Kucing

Tanaman dengan nama unik ini memang sudah lama dikenal baik bagi kesehatan. Tanaman pemilik nama latin Orthosiphon spicatus ini dikenal dengan nama yang berbeda beda di beberapa daerah misalnya songkot koceng di daerah Madura, giri-giri marah di daerah Sumatera, Kumis ucing di daerah Sunda serta Remujung di daerah Jawa Tengah.

Cara pengolahan

Cuci bersih 25 gram daun tanaman kumis kucing yang masih segar. Lalu rebus daun kumis kucing dengan 2 gelas air selama 15 menit. Air olahan tersebut lalu didinginkan. Diminum sehari dua kali, pada pagi dan sore hari dengan masing masing takaran setengah gelas.

2) Dandang Gendis

Tanaman ini juga termasuk kedalam tanaman apotek hidup. Tanaman bernama latin Clinacanthus nutans Lindau yang lebih dikenal Dandang Genis ini memiliki khasiat untuk melancarkan saluran kencing. Dandang genis atau gendis senja ini kadang disebut oleh rang sunda dengan nama Ki Tajam

Cara Pengolahan

Cara pengolahan tanaman ini adalah dengan mengambil ± 15 gram daun gendis. Kemudian, di cuci bersih daun tersebut lalu rebus dengan 1 gelas air. Tunggulah selama 15 menit, atau sampai air mendidih. Kemudian, ambil kuah dari ramuan tadi. Tunggu sampai minuman tadi dingin. Baru bisa di konsumsi setiap hati. Segera di tuntaskan agar bahaya infeksi saluran kencing tidak merusak tubuh.

3) Daun kaki kuda

Nama tanaman ini mungkin asing ditelinga, namun khasiatnya tidak bisa diremehkan. Tanaman ini mampu memperlancar saluran air kecing. Selain dikenal dengan nama daun kaki kuda, tanaman ini juga dikenal dengan nama pengaga di wilayah Sumatera, antana cowet gompeng atau gagan-gagan di wilayah jawa, paiduh, bebele di Nusa Tenggara dan kisu kisu di wilayah sulawesi. Nama latin tanaman ini adalah Centella asiatica L. Urban.

Cara Pengolahan

Daun kaki kuda yang sudah di kumpulkan dicuci bersih. Ambil segenggam setelah itu di gepuk atau dilumatkan dengan menggunakan batu bersih atau kayu. Jika sudah dalam keadaan lumat. Lalu tempelkan lumatan tersebut pada bagian pusar selama beberapa jam.

4) Mengkudu

Buah yang dikenal memiliki rasa dan aroma yang anyir ini mempunyai khasiat dapat memperlancar buang air kecil. Buah dengan nama latin Morinda citrifolia L ini juga dikenal dengan sebutan pace.

Cara Pengolahan

Kumpulkan 2 buah mengkudu yang sudah matang. Mengkudu yang sudah matang biasanya ditandai dengan bau yang sangat anyir.

2 Buah mengkudu matang tersebut lalu di parut. Jika sudah terparut. Kumpulkan adonan mengkudu dalam sebuah kain untuk diperas, namun sebelum diperas adonan tersebut diberi sedikit garam. Hasil perasan tadi diminum 3 kali sehari, jangan sisakan untuk esok hari, jika bersisa, buang saja dan lakukan perngolahan baru untuk esok hari.

5) Bribil

Tanaman dengan nama latin Galinsoga parviflora Cav ini dikenal dengan nama bribil di wilayah jawa tengah, jakut minggu di wilayah sunda dan bakatombaran di wilayah madura. Tanaman ini dikenal mampu membantu mengatasi buang air kecil yang tidak lancar.

Cara Pengolahan

Kumpulkan 150 gram bribil yang masih segar. Cuci sampai bersih. Dikukus selama 15 menit. Setelah itu tunggu hingga dingin. Jika sudah dingin makanlah sekaligus.

6) Akar Alang- Alang

Tanaman yang dapat dikategorikan sebagai tanaman liar karena dapat ditemukan dimana saja di indonesia ini memiliki khasiat diuretik atau dapat melancarkan buang air kecil

Cara Pengolahan

Ambil 250 gram akar alang – alang, cuci bersih. Campur dengan gula batu lalu rebus selama 10 menit dengan 3 gelas air. Dinginkan, disaring kemudian minum 3 kali sehari dengan takaran 1 gelas.

7) Drakaena

Meski nama tanaman ini asing ditelinga namun Drakaena atau Dracaena sanderiana Vand. ex L ini memiliki khasial untuk memperlancar buang air kecil.

Cara Pengolahan

Kumpulkan 30 gram daun Drakaena yang masih segar lalu cuci bersih. Rebus daun Drakaena dengan 2 gelas air sampai mendidih, tunggu hingga 15 menit. Jika sudah, dinginkan dan saring hasil olahan ramuan tersebut, konsumsi 2 kali sehari.

8) Daun Nanas

Daun dari buah yang dikenal masam ini ternyata memiliki khasiat untuk melancarkan buang air kecil. Nanas sendiri memiliki nama latin Billbergia nutans Wend, ex Regel.

Cara Pengolahan

Siapkan 10 gram daun nanas segar. Cuci sampai bersih, rebus dengan 1 gelas air. Tunggu hgingga 15 menit atu mendidih. Dinginkan, saring dan minum ramuan ini sekaligus.

9) Rumput Lidah Ular

Rumput lidah ular atau lidah tiong ini memiliki nama latin Hedyotis diffusa Willd. Rumput ini ternyata juga memiliki khasiat untukmelancarkan buang air kecil.

Cara Pengolahan

Kumpulkan 10 gram Rumput lidah ular. Cuci sampai bersih.. Rebus selama 15 menit dengan 400 ml air. Saring dan tunggu hingga dingin. Olahan ramuan ini dapat diminum sekaligus.

10) Keji Beling

Air rebusan tanaman ini dikenal dengan rasanya yang sangat pahit, Apabila dikonsumsi dengan takaran yang tepat dan teratur dapat melancarkan buang air kecil.

Cara Pengolahan

Rebus daun keji beling secukupnya dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga menjadi 1 gelas. Minum dua kali sehari dengan takaran setengah gelas.

11) Daun Anggur

Buah dengan nama Vitis vinifera L ini dikenal dengan rasanya yang lezat. Ternyata selain rasanya yang lezat, daun buah ini juga memiliki khasiat untuk memperlancar buang air kecil.

Cara Pengolahan

Siapkan 15 gram daun anggur. Cuci bersih. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Dinginkan lalu saring. Minum pada pagi dan sore dengan takaran setengah gelas.

12) Akar Pepaya

Buah tanaman ini sudah lama dikenal mampu melancarkan sistem pencernaan karena kaya serat. Selain buah ternyata akarnya pun memiliki manfaat, yakni dapat memperlancar buang air kecil. Tumbuhan bernama pepaya ini memiliki nama latin Carica papaya L.

Cara Pengolahan

Siapkan 3 ruas akar pepaya. Potong kecil. Rebus dengan 4 gelas air. Tunggu hingga volume air menjadi setengah. Setelah itu biarkan hingga dingin. Saring dan minum 3 kali sehari dengan takaran ¾ gelas. Untuk menambah rasa tambahkan sesendok madu.

Meski ke 12 ramuan tersebut berasal dari alam, namun ada baiknya tetap menggunakan dokter sebagai rujukan utama saat mengalami perubahan kondisi kesehatan. Karena tubuh manusia itu pada dasarnya unik dan berbeda satu sama lain sehingga tidak semua tubuh akan mendapatkan hasil yang sama meskipun diberikan perlakuan atau ramuan yang sama.

Demikianlah ulasan mengenai 12 ramuan alami lancarkan buang air kecil. Semoga bermanfaat.

Tags: Kencing, Melancarkan Kencing

Tips 4 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com