15 Jenis Pekerjaan yang Mudah dan Cocok untuk Orang Introvert

15 Jenis Pekerjaan yang Mudah dan Cocok untuk Orang Introvert

Orang yang introvert memiliki kesulitan untuk berinteraksi langsung dengan orang lain. Bagaimanapun mereka juga perlu hidup dan bekerja adalah salah satu cara untuk bisa bertahan hidup. Kalau kamu termasuk orang yang introvert atau pemalu serta pendiam, mungkin kamu bisa mempertimbangkan 15 jenis pekerjaan ini, siapa tahu salah satunya sesuai dengan bakat dan minatmu!

1. Perwakilan Dukungan Online

perwakilan dukungan online (online support representative)
perwakilan dukungan online (online support representative)

Dimulai dari jenis pekerjaan tingkat bawah, maka menjadi seorang perwakilan dukungan online (online support representative) bisa menjadi awal bagi si introvert untuk bekerja meski ia adalah orang yang tidak mampu berinteraksi langsung dengan orang lain. Sebagai perwakilan dukungan online, maka tugasnya adalah berinteraksi dengan orang lain namun melalui live chat atau email. Jadi, ini cocok bagi si introvert karena tidak perlu bertatap muka langsung dengan orang lain.

2. Pekerja Lepas Online

pekerja lepas online
pekerja lepas online (online freelancer)

Menjadi seorang pekerja lepas online (online freelancer) juga bisa menjadi pilihan bagi si introvert. Apakah ia pandai menulis, menginput data, atau membuat program dan semuanya bisa dilakukan secara online. Meski begitu, butuh sedikit waktu agar bisa menghasilkan pendapatan yang layak. Jadi bagi introvert, ia pun sebaiknya membuat daftar klien lalu rajin-rajinlah memerika tawaran pekerjaan yang tersedia secara online sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Menariknya lagi, jenis pekerjaan ini tidak memerlukan gelar akademik yang tinggi, siapapun bisa melakukannya jika memang berbakat.

Baca Juga: 25 Ide Bisnis yang Cocok Untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil

3. Pengantar Surat & Paket

Meski jenis pekerjaan ini juga tidak memerlukan gelar akademik yang tinggi, namun ada beberapa tes yang harus dijalani bagi mereka yang ingin berkarir di bidang ini. Orang introvert pun banyak yang tertarik bekerja karena gajunya yang lumayan tinggi.

4. Penginput Data

Penginput Data
Penginput Data

Mungkin kedengarannya sepele, bahkan bisa dilakukan di rumah. seorang penginput data biasanya akan ditugaskan untuk menginput data-data penting, misalnya data medis, data konsumen, dan lain-lain.

5. Penghitung Pajak

penghitung pajak (tax preparer)
penghitung pajak (tax preparer)

Setiap tahunnya kita diwajibkan bayar pajak. Memanfaatkan peluang ini, kalau kamu bisa dan familiar dengan ilmu akuntansi dan perhitungan pajak, maka kamu bisa mengambil jenis pekerjaan ini sebagai sampingan di saat musim pajak telah tiba. Di musim pembayaran pajak, akan banyak orang yang mungkin saja baru mencari berkas-berkas pajaknya. Biasanya kebanyakan dari mereka sudah merasa repot duluan, dan di saat-saat inilah dibutuhkan jasa seorang 'penghitung pajak' (tax preparer).

6. Petugas Pusat Layanan Pelanggan 

Menjadi petugas layanan pelanggan atau Customer Servise (CS)  mengharuskan seorang introvert untuk menjawab telepon dan sesekali berbicara dengan pelanggan melalui telepon meski saat itu pelanggannya sedang merasa sangat marah. 

7. Bekerja di Bagian Dapur

Bekerja di bagian dapur
Bekerja di dapur

Kalau kamu orang yang senang masak dan makan, mungkin kamu bisa mempertimbangkan jenis pekerjaan ini. Jangan bilang "ah, itu hanya di dapur". Tapi jangan salah, seorang chef memiliki gaji yang sangat tinggi hanya karena mereka mampu menggugah selera orang-orang dengan masakan yang disajikannya. Untuk pemula sendiri, tentu saja perlu melewati banyak tahapan untuk bisa sampai di level chef. Namun tak ada salahnya memulai dari yang paling bawah agar kamu bisa lebih mengenal dan memahami tiap-tiap pekerjaan yang dilakukan di dapur-dapur restoran terkenal di seluruh dunia.

8. Pengatur Isi Rak di Toko Ritel

Pengatur isi rak
Pengatur isi rak di toko ritel

Toko ritel semacam supermarket pasti memiliki rak-rak besar untuk memajang barang-barang yang dijualnya. Dari sekian banyak jenis pekerjaan di sebuah toko ritel, menjadi pengatur isi rak (Stock shelves) adalah pekerjaan yang cocok untuk orang yang introvert karena biasanya dilakukan di malam hari ketika toko sudah tutup. Dengan begitu, si introvert hanya berurusan dengan pemilik atau manajer toko ritel itu saja.

9. Jasa Membersihkan Rumah

Jasa membersihkan rumah
Jasa membersihkan rumah

Di jaman yang serba praktis ini maka beberapa orang bersedia untuk membayar orang lain agar rumahnya tetap bersih. Jika kamu adalah orang yang berbakat dalam membersihkan rumah, maka kamu bisa melamar ke beberapa perusahaan pembersih rumah atau kantor dan mulailah lakukan pekerjaan ini. Pekerjaannya terbilang mudah dan kamu tak perlu terlalu berinteraksi dengan pemilik rumah.

10. Staf Perawat Hewan

Staf perawat hewan
Staf perawat hewan

Bagi introvert yang suka hewan maka menjadi staf perawat hewan di klinik atau penitipan hewan akan menjadi hal yang sangat menyenangkan baginya. Ini sangat cocok buatmu yang sangat sulit berinteraksi dengan orang lain namun akan sangat mudah dan nyaman ketika bersama hewan-hewan.

11. Perekam Jejak Medis

Perekam jejak medis
Perekam jejak medis

Karena ini pekerjaan yang menyangkut kesehatan dan nyawa manusia, maka sebaiknya pekerjaan perekam jejak medis (Medical Transcriptionist) ini dilakukan oleh mereka yang introvert namun memiliki keahlian dalam bidang ini. Seseorang yang bekerja di bidang ini dituntut untuk bisa mendengarkan suara media dan menuliskannya sesuai yang terekam di mesin itu. 

12. Manajer Sosial Media

Manajer sosial media
Manajer sosial media

Jika kamu menemukan dirimu yang mampu menghasilkan buzz online, maka kamu bisa mendapatkan sejumlah uang jika melakukannya untuk orang lain yang memang membutuhkan jasamu. Tak bisa dipungkiri jika saat ini banyak pengusaha, mulai dari level usaha kecil, menengah, hingga berskala besar melakukan ini untuk mengembangkan produknya dengan cara dipromosikan melalui akun-akun sosial media dan biasanya tugas ini memerlukan seorang manajer sosial media yang hanya perlu berpromosi melalui tulisan. Jadi, ini cocok buatmu yang introvert!

13. Penerjemah

Penerjemah
Penerjemah

Jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang bagus maka jangan tunda-tunda untuk menjadi seorang penerjemah. Mungkin saja kamu memang introvert, tapi bidang pekerjaan ini bisa membuatmu bertemu banyak orang dan mungkin saja bisa mengurangi sedikit demi sedikit sikap introvert-mu itu.

14. Penulis 'Hantu'

Penulis 'Hantu'
Penulis 'Hantu'

Dikenal dengan istilah 'Ghoswriter' dimana seorang penulis akan menulis dengan nama orang lain atau nama sebuah produk. Jadi, bukan nama penulis asli yang tercantum. Pekerjaan ini terbilang mudah dan cocok bagi seorang introvert.

15. Supir Online

Supir online
Supir online

Di jaman milenial saat ini maka hampir semuanya serba online termasuk supir. Dengan adanya aplikasi pemesanan kendaraan online seperti Gojek, Grab, Uber, atau lainnya, maka telah menciptakan banyak lapangan pekerjaan bagi mereka yang ingin menjadi supir online, entah itu dengan mengendarai motor atau mobil. Yang pasti semakin giat bekerja, maka keuntungan yang didapatkan semakin banyak.

Tags: Pekerjaan Yang Mudah Dan Cocok Untuk Orang Introvert, Pekerjaan, Intovert

Tips 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com