17 Tips Mengatasi Menstruasi Yang Tidak Teratur

17 Tips Mengatasi Menstruasi Yang Tidak Teratur

Saat ini sudah banyak yang mempercayai keampuhan pengobatan secara alami, termasuk untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi yang tidak teratur merupakan kondisi umum yang dialami hampir semua kaum wanita. Jika 1 sampai 2 hari saja terlambat itu tidak menjadi masalah, tetapi jika sudah berminggu-minggu belum juga datang, maka kamu harus waspada dan jangan diabaikan.

Normalnya wanita mengalami menstruasi sebulan sekali dengan tanggal seperti biasanya, namun ada juga kejadian yang mana seharusnya pada tanggal 20 sudah datang dan sampai tanggal 25 belum juga adanya pertanda akan datang bulan.

Tenang saja, faktor terjadinya menstruasi yang tidak teratur banyak penyebabnya termasuk dari pola makan dan tingkatan stresnya, untuk menanggulangi dan mengatasi simak 12 Jurusan Terbaik Dengan Prospek Lapangan Kerja Menjanjikan  :

1. Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C itu sendiri sangat membantu menurunkan kadar progesteron yang sangat membantu untuk melancarkan datang bulan, dengan mengimbangi minum air putih yang banyak, karena bila dosis vitamin C yang berlebih akan menyebabkan Diare dan juga Batu Ginjal.  

2. Menjaga Berat Badan

Ini adalah salah satu faktor penyebab menstruasi tidak teratur dengan berat badan yang tidak ideal (kegemukan), dimana jaringan lemak yang menumpuk ditubuh itu bisa menyebabkan pelepasan estrogen yang mempengaruhi evolusi. Kuncinya dengan menjaga berat badan agar bisa stabil memastikan kadar estrogen serta kolesterol tetap stabil.

3. Makanlah Buah Pepaya

Jika kamu stres pasti akan berpengaruh dengan siklus menstruasi, maka konsumsilah buah pepaya. Buah pepaya dapat memperlancar menstruasi karena pepaya mentah dapat merangsang otot sehingga siklus kamu lancar. Makanlah pepaya mentah secara langsung atau dibuat jus, lakukan dengan rutin sampai menstruasi datang.

4. Olahraga

Olahraga adalah membuat tubuh sehat dan membantu juga meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan menjaga terjadinya stres,  olah raga tidak harus lama waktunya, tetap olah raga yang rutin dengan beberapa menit atau waktu sebentar setiap hari itu juga bagus untuk tubuh. Hindarilah olahraga yang terlalu lama karena akan membuat tubuh kamu merasa lelah dan menyebabkan menstruasimu tidak lancar.

5. Berhubungan dengan Pasangan

Menurut para ahli dengan berhubungan intim dengan pasangan ( Sudah Menikah) bisa membuat organ intim wanita menjadi rileks, selain itu juga dapat membuat tubuh memproduksi hormon untuk membuat leher rahim melunak yang merupakan salah satu fase awal menstruasi.  

6. Mengkonsumsi Mangga dan Nanas

Buah mangga dan nanas adalah salah satu buah tropis yang bagus untuk melancarkan menstruasi, buah tropis bisa dimakan tiap hari rutin akan membantu mempercepat datangnya menstruasi.

7. Air Jahe Hangat

Dari zaman dulu dengan sekedar dari mulut ke mulut, sudah teruji oleh kalangan medis, untuk meminum air jahe untuk melancarkan menstruasi dan sangat disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter dengan kondisi tubuh agar bisa meminumnya atau tidak

8. Yoga

Yoga mempunyai manfaat yang sangat banyak, diantara nya memperlancar menstruasi. Lakukan yoga selama 1 jam rutin tiap hari sampai menstruasi datang. Kenapa yoga dapat memperlancar menstruasi? Karena yoga membuat pikiran kamu menjadi tenang, anti stres dan rileks. Silahkan coba jika tidak percaya, ingat harus dengan pakar nya ya.

9. Tidur yang Cukup

Minimal tidur setiap hari antara 7-8 jam, jika tidurmu kurang maka akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. 

10. Perhatikan Asupan Makanan

Makanlah makanan yang memiliki asupan gizi yang seimbang dan sehat serta perbanyaklah makan sayur-sayuran dan buah-buahan segar.Hindari makan makanan instan, makanan yang memiliki karbohidrat tinggi dan olahan lemak.

11. Minum Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam sudah dikenal luas oleh masyarakat indonesia sejak dulu. Peredaran jamu ini sudah meluas sampai ke pelosok negeri, mulai dari jamu gendong, jamu keliling, cafe, resto dan industri-industri obat tradisional. Menurut penelitian ilmiah, kunyit memiliki senyawa efektif yang membantu menjaga kecantikan, menghaluskan kulit, mengurangi bau badan dan yang paling utama adalah memperlancar menstruasi. Konsumsi jamu kunyit asam secara rutin maka kamu akan terhindar dari permasalahan seputar menstruasi.

12. Konsumsi Biji Wijen

Biji wijen memiliki manfaat yang luar biasa. Dahulu para nenek moyang kita menggunakan biji wijen sebagai obat tradisional untuk mengatasi terlambat menstruasi. Cara nya yaitu, ambilah segengam biji wijen kemudian rendam dengan air hangat 1 hari 1 malam. Pagi hari nya, segera minum air hasil rendaman biji wijen tersebut saat perut masih kosong. Dengan melakukan cara ini maka menstruasimu akan lancar.

13. Minum Teh Hijau

Ramuan teh hijau merupakan salah satu cara untuk mengatasi menstruasi yang tidak lancar, karena kandungan teh hijau sangat bermanfaat untuk proses keseimbangan tubuh dan anti oksidan. Konsumsi teh hijau secara teratur bisa mengatasi problem menstruasi yang kamu alami.

14. Konsumsi Susu Kedelai

Konsumsi susu kedelai juga mempunyai manfaat untuk membuat siklus mens kamu menjadi lebih lancar. Selain itu juga bisa menghaluskan kulit jika rajin mengkonsumsi setiap hari karena di dalam nya terdapat zat aktif yang sangat baik untuk tubuh kamu.

15. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Sesibuk apapun kamu, berikanlah energi positif dalam diri untuk selalu tetap tenang dan tidak stres. Jangan terlalu memforsir diri serta istirahatkan pikiran kamu ketika merasa lelah karena bebas dari kecemasan, ketegangan dan depresi akan membuat siklus menstruasi menjadi teratur.

16. Minum Jus Labu

Jus labu memiliki manfaat untuk memperlancar menstruasi, kamu dapat mengkonsumi jus labu dengan ditambahkan madu atau gula karena jika tidak akan terasa sangat pahit.

17. Bunga Pisang

Pasti ada yang tidak mengetahui jika bunga pisang mempunyai manfaat yang baik untuk melancarkan menstruasi. Cara mengolahnya cukup di rebus saja dan dimakan berbarengan dengan nasi atau yogurt.

Itu lah 17 Tips Mengatasi Menstruasi Yang Tidak Teratur . Jika  siklus masih tidak teratur setelah melakukan tips diatas segera konsultasikan ke dokter ya! Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Tags: Menstruasi Tidak Teratur, Menstruasi Wanita

Tips 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com