15 Tips Meningkatkan Minat Membaca

15 Tips Meningkatkan Minat Membaca

Kali ini saya akan membahas seputar pertanyaan yang membuat kita malas membaca dan solusinya. Mungkin kita bertanya, kenapa kita tidak bangun dari tempat duduk dan bergegas untuk mengambil buku, lalu membacanya.? Saya yakin, faktor utama yang menjadi kendalanya karena munculnya kata “Malas”. Masalah demikian bukan hal yang asing bagi para pelajar/mahasiswa. Mereka disibukkan dengan hal-hal yang tidak produktif. Setelah makan pagi. berangkat sekolah/kuliah, kemudian pulang tidur dan bermain. Selebih dari itu akan terasa berat atau malas. Mungkin virus itu yang telah merasuk hati para pelajar/mahasiswa saat ini, Apalagi bagi mahasiswa yang tidak bergelut dengan organisasi. Buku dianggap sebagai beban, berpikir hanya tumpukkan tugas yang diberikan oleh dosen/gurunya.

Kondisi tersebut sangat disayangkan dan akibatnya negeri ini tidak kunjung untuk maju karena minimnya index prestasi manusia. Oleh karena itu, tingkat Sumber Daya Manusia menjadi tolak ukur bagi kemajuan bangsa dan Negara. Ironisnya minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan. Hanya 1% dari penduduk Indonesia yang memiliki rasa lebih terhadap buku. Seandainya untuk dihitung, masyarakat yang berjumlah 100 orang misalkan, hanya 1 orang saja yang memiliki kemauan untuk membaca. Miris, ilmu pengetahuan tak lagi untuk dikunjungi oleh generasi sekarang. Itu semua boleh jadi metode belajar yang tidak mendukung baginya. Semua dilakukan atas dorongan orang lain yang penuh dengan penekanan. Mereka tidak membaca dengan hobi, hingga baca pun menjadi seakan-akan pengganggu dalam hidupnya.

Saya rasa semua masalah pasti ada solusi. Tak semua masalah akan membuat kita berlarut dalam kesempitan. Salah satu solusinya, kita jadikan buku itu adalah kawan kita. Jadi salah satu cara untuk meningkatkan membaca yaitu dengan cara menanamkan rasa cinta dan hobi kepada buku. Sehingga merasa terikat. Menginginkan selalu untuk membaca. Ketiadaan buku membuat ia galau, risuh dan gundah. Bagaimana cara menumbuhkan minat baca agar kita selalu senang dan ketagihan membaca ? Berikut saya sajikan 15 Tips Meningkatkan Minat Membaca, yaitu :

1. Niat

15 Tips Meningkatkan Minat Membaca
Niat

Dalam bentuk apapun kita harus merencanakan terlebih dahulu. Rencana itu akan hadir ketika ada niat yang kuat. Seandainya memiliki niat yang kuat untuk membaca, maka kita akan bergerak cepat dan tanpa ada keraguan. Pasalnya, niat ini yang akan mempengaruhi hati kita. Jika hati senang, maka segala hal yang kita lakukan dan yang membuat hati senang akan terasa mudah. Berdoalah kepada Allah SWT untuk diberi kemudahan. Niatkan semua untuk mengharap ridha dari-Nya.

2. Mengalokasikan Waktu Khusus untuk Membaca

15 Tips Meningkatkan Minat Membaca
Mengalokasikan Waktu Khusus untuk Membaca

Usahakan setiap hari untuk mengatur waktu untuk membaca. Kita sisipkan 10-15 menit untuk membaca buku apa saja. Awalnya memang susah, kita paksakan untuk membaca dengan menjiwai buku yang kita baca. Selama satu bulan kita konsisten untuk membaca. Kalau bisa, ketika sudah terbiasa membaca selama 10-15 menit, tambahkan waktu kamu untuk membaca menjadi 20 menit dan teruslah seperti itu. Manajemen waktu demikian harus konsisten, jangan sampai kita tidak sama sekali membaca buku sampai berbulan-bulan. Agar kita terbiasa, baca pun akan lancar setiap hari. Karena kita telah mengalokasikan waktu kita untuk memegang buku dan membaca.

3. Membeli Buku Setiap Minggu/Bulan

15 Tips Meningkatkan Minat Membaca
Membeli Buku Setiap Minggu/Bulan

Korbankan uang sakumu untuk membeli buku-buku berkualitas atau recommended setiap pekannya, terlepas kamu akan membacanya atau tidak. Dengan membeli buku terus menerus, mau tidak mau kamu pun akan ‘dipaksa’ untuk membaca (karena kalau ga dibaca sayang). Belilah buku yang sesuai selera mu.

Baca juga : 15 Gejala Kekurangan Kalsium yang Perlu Diwaspadai

4. Buatlah Pertanyaan dan Beli lah Buku Kaitan dengan Pertanyaan yang kamu Buat

15 Tips Meningkatkan Minat Membaca
Buatlah Pertanyaan dan Beli lah Buku Kaitan dengan Pertanyaan yang kamu Buat

Biasanya kita akan tergerak melakukan sesuatu hal ketika ada rasa ingin tahu. Cobalah untuk merenung, kira-kira apa saja yang muncul dalam benak hati kamu, kemudian buatlah pertanyaan-pertanyaan yang dianggap masih menjanggal. Misalnya, kamu mendengar tentang komunis itu baik, memperjuangkan hak rakyat. Sementara, banyak sejarah mengungkapkan pembantaian 1948 yang notabenenya adalah aksi PKI (Partai Komunis Indonesia), kita ketahui PKI pun berideologi komunis. Bukankah itu menjadi kontradiktif dari yang kamu ketahui.? Artinya itu menjadi alasan bahwa mereka melakukan kejahatan atas nama rakyat. Buatlah pertanyaan, cari buku yang berkaitan dengan asumsi mu sementara. Dengan tidak sadar akan terbawa oleh suasana, seakan-akan kamu berada pada sejarah tentang PKI tersebut.

5. Manfaatkan Waktu Menunggu

15 Tips Meningkatkan Minat Membaca
Manfaatkan Waktu Menunggu

Waktu menunggu bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca. Waktu menunggu dapat ditemui saat kita menunggu bisa, sedang ada di angkot, menunggu seseorang untuk bertemu, atau apapun.

6. Memiliki List Buku Populer atau Rekomendasi

15 Tips Meningkatkan Minat Membaca
Memiliki List Buku Populer atau Rekomendasi

Agar tidak merasa berat hati untuk membaca, maka pilihlah buku sesuai keinginan. Oleh karena itu belilah buku yang direkomendasi atau buku populer kamu. Usahakan buku yang ringan-ringan terlebih dahulu. Sehingga kamu terbangun untuk melanjuti tahap yang lebih tinggi. Misalnya, kamu menyukai buku filsafat. Buku filsafat itu sulit untuk dipahami. Mulailah dengan pengantar filsafat dan lanjut dengan materi yang lebih lanjut. Misalkan tentang logika, filsafat ilmu dll.

7. Bergaulah dengan Teman yang Suka Membaca

15 Tips Meningkatkan Minat Membaca
Bergaulah dengan Teman yang Suka Membaca

Tidak salah Rasulullah SAW mengatakan “Jika kita bergaul dengan seorang yang memakai parfum, maka kita akan rasakan harumnya dan kita akan terasa harum bila terus didekatnya”. Lebih kurang seperti itu, intinya teman sangat berpengaruh bagi kita. Ketika kamu berada dilingkungan teman yang hobi membaca. kamu akan terasa diasingkan dan akhirnya memulai untuk membaca agar menyesuaikan dengan mereka. Dengan begitu kamu akan semangat membaca.

8. Membaca Saat Istirahat atau Sebelum Tidur

15 Tips Meningkatkan Minat Membaca
Membaca Saat Istirahat atau Sebelum Tidur

Ini juga bisa dilakukan jika ternyata selama waktu kamu sangat sibuk dan penuh dengan aktivitas. Gunakan waktu istirahatmu dengan membaca, atau rutinkan membaca buku walaupun sedikit sebelum tidur.

9. Membuat Target Membaca

15 Tips Meningkatkan Minat Membaca
Membuat Target Membaca

Kamu punya rencana untuk membaca? Rencana membaca adalah daftar atau target buku apa yang harus ditamatkan untuk dibaca pada minggu atau bulan ini. Saya punya target bahwa setiap bulannya saya menamatkan (menamatkan loh ya, bukan hanya sekedar membaca) sekitar 3-5 buku di luar buku kuliah yang kemudian di resume atau dibuat ringkasannya.

10. Berdiskusi dan Bergabung di Komunitas

15 Tips Meningkatkan Minat Membaca
Berdiskusi dan Bergabung di Komunitas

Berdiskusi bisa menjadi cara ampuh untuk tetap menjaga semangat membaca. Segala yang kita pelajari akan tertuang dalam forum diskusi. Hasil buku yang kita baca akan teringat dalam suasana diskusi. Bayangkan, disaat membaca kamu pasti merasa hasilnya tidak memuaskan. Karena banyak yang tidak kita ingat dari pembahasan buku yang kita baca. Setelah dirana diskusi, semuanya akan hadir begitu saja. Sampai nomor halaman buku kita ingat, tentunya tentang pembahasan buku itu yang kita terangkan dalam forum. Makanya harus memilki komunitas atau perkumpulan untuk memfasilitasi diskusi, agar kita rajin membaca. Kalau tidak membaca tentunya kita akan diam pada saat diskusi dengan teman komunitas kamu.

11. Buat Perpustakaan di Kamar

Ini nich cara yang cukup ekstrim dan pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit, tetapi ada cara jitu agar perpustakaanmu bisa penuh dengan buku yaitu dengan menerapkan tips nomer 3. Dengan cara ini kamu akan merasa bangga dan mempunyai minat baca yang tinggi, apalagi jika teman-temanmu datang sekedar untuk bermain atau membaca buku di perpustakaanmu. Bagaimana mau coba?

12. Ketahuilah Manfaat Membaca

15 Tips Meningkatkan Minat Membaca
Ketahuilah Manfaat Membaca

Secara tidak sadar kita sebenarnya bersaing satu sama lain untuk menjadi sesosok pribadi yang lebih baik dalam menjalani hidup ini. Salah satu caranya adalah dengan membaca, karena dengan membaca maka pengetahuan dan wawasan kita menjadi luas. Mulai saat ini kamu harus pikirkan bahwa manfaat membaca sangatlah besar, membaca tidak akan rugi. Tanamkan dari sekarang bahwa "tidak membaca kamu tidak akan berkembang".

13. Baca Review Tentang Motivasi

15 Tips Meningkatkan Minat Membaca
Baca Review Tentang Motivasi

Supaya minat membacamu semakin berkembang, sering-seringlah membaca review buku di internet tentang motivasi kehidupan. Dengan cara itu kamu akan merenung dan berpikir bahwa sebenarnya membaca itu mengasyikan, karena pada dasarnya kita sangat menyukai tulisan yang bisa memotivasi dan memberikan kisah hidup. Cara itu terbukti ampuh karena jika hanya membaca setengah dari tulisan itu akan terasa mengganjal di hati, dan mau tidak mau kamu harus menyelesaikan sampai akhir.

14. Buat Diri Kamu Terpaksa Membaca

15 Tips Meningkatkan Minat Membaca
Buat Diri Kamu Terpaksa Membaca

Salah satu masalah yang menghambat kita untuk membaca yaitu kebiasaan menunda-nunda, karena membaca adalah kegiatan yang tidak penting dan membuang banyak waktu. Salah satu cara nya adalah sering-seringlah pergi ke toko buku dengan teman atau pacar, atau sekedar jalan-jalan saja. Di toko buku, kamu pasti akan tertarik dengan salah satu buku yang menarik perhatian, alhasil akan memegang buku dan membaca sinopsisnya. Bukan tidak mungkin kamu akan membeli nya.

15. Bawa Buku Di Tas

Ketika kamu pergi atau sekedar bermain dengan teman bawalah buku di tas kamu. Apa untungnya buat kamu? eist tunggu dulu, dengan membawa buku di tas secara otomatis kamu akan mengeluarkan buku dan membaca nya jika ada merasa bosan dan jenuh. Coba saja.

Tidak perlu takut dikatakan kutu buku dan dianggap gila membaca. Kita harus sadar membaca adalah pintu mencapai ilmu yang tinggi. Selama ilmu telah terpatri didalam diri kamu. Maka, kesuksesan akan mulai menghampiri. Dunia ini sangat luas, menyampaikan ilmu dengan lisan tidak dipastikan akan menurun dari generasi ke generasi. Saya percaya membaca tulisan yang muatannya adalah ilmu pengetahuan. Dipastikan ilmu itu akan tetap ada selama buku tidak dikubur dalam-dalam dan dibakar ataupun hancur. Itulah artikel tentang 15 Tips Meningkatkan Minat Membaca. Semoga bermanfaat. Terima Kasih

Tags: Minat Membaca, Membaca

Tips 4 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com