Bingung Mati Lampu! Pakai Ini Aja

Bingung Mati Lampu! Pakai Ini Aja

Gimana rasanya sih saat lagi seru-serunya nonton TV tiba-tiba listrik nya mati, sebel banget kan, apalagi pas acara kesayangan kita. Atau pas lagi asik chatting sama pacar tiba-tiba listriknya mati, padalah baterai ponsel kita udah merah, pasti kita langsung frustasi. Karna perasaan mimin yang sering digantungin ama listrik jadi mimin nulis artikel ini.

emang bisa ya kalau mati lampu nyalain TV?, listriknya dari mana?????????. Tenang aja, "kalau ada kemauan pasti ada jalan" itu kata-kata teman mimin kalau pas nagih tugas kelompok pas mimin gak bisa ngerjain nya. Tapi emang bener, jika kita sedikit berfikir saja tentu semua orang bisa mengakalinya.Tenaga listrik sendiri bisa kita buat kalau kita tau ilmunya, tapi mimin juga bukan orang lisrik sih jadinya ya mimin terpaksa ngeluarin sedikit kertas dari saku.

Apa aja sih alat yang bisa kita gunakan saat mati lampu, mimin akan menjelaskan kepada kalian satu per satu.

1. Genset Listrik

Ini adalah alat yang sering digunakan bapak-bapak kita saat lagi setrum tikus di sawah, tetapi alat ini juga bisa digunakan sebagai penghasil listrik cadangan loh. Kita hanya perlu membeli bahan bakar berupa bensin dan rumah kita bakal jadi terang lagi saat mati lampu, tapi harga genset listrik ini juga gak murah loh, mimin beli yang kecil aja dulu harganya 600 ribu kalau sekarang ya mimin gak tau. Pokoknya ini rekomendasi banget deh, soalnya ini gak perlu di ces kayak powerbank dan hanya perlu isi bensin kayak motor. Tapi ingat teman-teman walaupun daya yang dihasilkan cukup besar tapi genset itu masih punya kelemahan yang sampai saat ini banyak orang ogah menggunakanya, yaitu suaranya sangat berisik banget, mimin aja sampe gak bisa tidur dibuatnya.

2. Aki

Temen-temen pada tau gak apa itu aki. Aki itu prinsip kerjanya hampir sama kayak baterai isi ulang, jadi listrik disimpan ke aki kemudian pas listrik mati aki nya dinyalain. Kalau pas mati lampu kita memang bisa menggunakanya, tetapi apa daya karena teganganya memang gak sekuat genset, jadi paling cuma bisa nyalain gak banyak. Jadi untuk mengakalinya biasanya orang-orang bakal membeli lebih dari satu aki jika itu memang untuk kebutuhan rumah tangga. orang indonesia sendiri terkadang menyebut aki sebagai baterai mobil, jadi sudah dapat dipastikan kalau aki memang bisa digunakan sebagai listrik cadangan saat mati lampu.

3. Panel surya

Untuk yang terakhir mimin akan beri saran penghasil listrik terbesar namun juga termahal dalam artikel kali ini, yaitu panel surya. Coba bayangkan aja, harganya aja nyampek 15 juta, itupun yang digunakan untuk rumah, yang pasti dijamin bukan hanya saat mati lampu, tapi kalau kamu pasang ini di rumahmu, listrik dari PLN mungkin gak akan kamu pake lagi. Tapi sayangnya panel surya ini juga punya kelemahan, yaitu pada saat musim hujan tentunya kita tidak akan mendapat pasokan listrik, ditambah lagi kalau panelnya rusak, jadi tambah biaya lagi deh.


Nah itulah beberapa tips dari mimin agar kalian tidak kebingunan lagi saat mati lampu, sebenarnya masih ada banyak sih seperti kentang yang bisa nyalaain lampu tapi gak mimin masukin karena kabarnya masih simpang siur. Dan cuma itu yang bisa mimin sampein, semoga artikel yang mimin bagikan bisa bermanfaat bagi kalian semua. Terima Kasih.

Tags: Alternative, Rumah, PLN

Tips 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com