Cara Tidur Cepat ! 5 Cara Ampuh Atasi Insomnia

Cara Tidur Cepat ! 5 Cara Ampuh Atasi Insomnia

Insomnia adalah suatu masalah kesulitan untuk tidur dan sulit tidur nyenyak yang berkelanjutan. Karena itu, Insomnia menyebabkan aktivitas penderita terganggu dan juga tubuh penderita  menjadi tidak sehat karena kurang beristirahat. Mungkin penderita tidak merasa mengantuk saat tidak bisa tidur, namun penderita akan merasa lelah dan mengantuk pada keesokan harinya. 

Insomnia dapat disebabkan oleh faktor psikologis (marah,trauma,bipolar disorder,dan tekanan hidup), faktor medis (rasa sakit di tubuh), obat-obatan (antidepressan,hormon tiroid,dan obat kontrasepsi), tidur di siang hari, makan terlalu malam, mengkonsumsi kafein, lingkungan yang bising, dan kehamilan.

Berikut adalah 5 cara ampuh atasi Insomnia:

1. Membilas Wajah dengan Air Hangat

Membilas wajah dengan air hangat akan membersihkan wajah dari debu dan memberikan rasa nyaman pada wajah sehingga akan lebih memudahkan untuk tidur.

2. Minum Air Putih

Air putih akan menghilangkan rasa haus sebelum tidur dan juga akan memenuhi cairan tubuh saat tidur. Namun jangan minum terlalu banyak atau minum secukupnya saja karena jika terlalu banyak akan ingin buang air kecil yang membuat bangkit dari tempat tidur sehingga akan lebih sulit lagi untuk tidur. 

3. Mengambil Nafas

Hal ini terdengar sepele namun memberikan dampak besar untuk memudahkan tidur. Sebelum tidur, duduklah di tempat tidur, pejamkan mata, lalu ambil nafas sedalam-dalamnya dan tahan 5 detik lalu hembuskan. Lakukan hal yang sama sebanyak 5 kali. Hal ini akan membuat tubuh santai dan rileks sehingga memudahkan untuk tidur.

4. Matikan dan Jauhkan Semua Alat Elektronik

Pada setiap alat elektronik yang ada, terdapat radiasi yang dipancarkan. Selain berbahaya jika terus menerus dekat dengan manusia, radiasi tersebut juga mengganggu kenyamanan tidur. Maka itu, 30 menit sebelum tidur sebaiknya mematikan seluruh alat elektronik dan menjauhkannya dari tempat tidur sehingga dapat tidur dengan lebih cepat dan nyaman, serta meningkatkan kualitas tidur.

5. Matikan Lampu

Kondisi gelap gulita adalah kondisi yang terbaik untuk tidur karena mata juga beristirahat dari cahaya yang harus diterima dan diserap oleh mata.Maka itu alangkah baiknya mematikan semua lampu di ruangan tidur. Jika tidak biasa tidur dengan kondisi gelap gulita, dapat menggunakan lampu tidur yang redup/tidak terlalu terang.

Tambahan

- 3 jam adalah waktu terakhir mengkonsumsi makanan.

- Kosongkan pikiran, berbaringlah di tempat tidur.

- Jangan melihat jam, karena justru akan panik dan semakin sulit untuk tidur.

- Berdoa sebelum tidur.

Demikianlah 5 cara ampuh atasi Insomnia berserta beberapa tips tambahan. Semoga membantu.

Tags: Tips Sehat, Tips Mengatasi Susah Tidur, Susah Tidur, Istirahat, Insomnia, Hidup Sehat, Sehat

Tips 2 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com