Hal Paling Produktif Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan 10 Menit Saat Waktu Luang dan Sendiri

Hal Paling Produktif Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan 10 Menit Saat Waktu Luang dan Sendiri

Kita semua mendapatkan 24 jam yang sama setiap hari.

Beberapa di antaranya dihabiskan oleh tidur, sebagian lagi karena komitmen sebelumnya, tetapi masih ada banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan penting.

Tentunya jika Kamu bisa, Kamu ingin menyisihkan banyak waktu untuk mengerjakan hal-hal yang membuat Kamu semakin dekat dengan tujuan terpenting Kamu. Tetapi seringkali` ada sebagian waktu sepanjang hari yang terlalu kecil untuk terlibat dalam pekerjaan yang cukup mendalam. Apa yang harus Kita lakukan dengan waktu luang itu?

Saya setidaknya memiliki tiga jawaban bagus, tetapi saya pikir salah satunya adalah pemenang yang luar biasa. Inilah hal-hal produktif yang bisa kamu lakukan ketika waktu luang dan sendirian:

  • Olahraga

Bukan rahasia lagi bahwa negara maju menjadi kurang sehat dan lebih banyak duduk. Penting juga untuk diingat bahwa “kamu” adalah tubuh dan bukan hanya otak, dan bahwa kemampuan otak Kamu tidak sepenuhnya terputus dari keadaan tubuh Kamu.

Jika Anda punya waktu 10 menit, ada hal-hal yang bisa Kamu lakukan denganbeberapa senam.

  • Membaca

Saya membaca 59 buku tahun lalu dan sejauh tahun ini saya sudah membaca 50 buku(per 11/28/18). Cukup aman untuk mengatakan bahwa saya tidak akan menulis di Media tanpa kebiasaan membaca saya.

Menulis membutuhkan input dan output. Kamu perlu memberi makan pikiran Anda dan kemudian menggunakannya untuk menghasilkan pemikiran yang berharga. Semakin tinggi kualitas input Kamu, semakin tinggi kualitas outputnya.

Membaca buku adalah cara terbaik untuk meningkatkan kualitas input Kamu. Cadangan 10 menit setiap hari dapat menghasilkan 15 buku tambahan setiap tahun, bahkan pada kecepatan membaca yang lumayan rata-rata.

Bayangkan berapa banyak Kamu bisa tumbuh dengan membaca 15 buku tambahan setahun.

  • Yang Terbaik

Sementara saya mengatakan bahwa Kamu harus menambahkan latihan dan membaca ke daftar kebiasaan sehari-hari Kamu, saya sebenarnya memiliki saran berbeda untuk apa yang harus Kamu lakukan dengan 10 menit waktu senggang:

Tidak ada.

Benar sekali, saya pikir hal paling produktif yang dapat Kamu lakukan jika Kamu menyisakan sepuluh menit waktu luang adalah tidak melakukan apa-apa.

Sekarang, jelas saya perlu melakukan beberapa penjelasan, dan saya akan mulai dengan menjelaskan apa yang saya maksud tidak ada.

Saya tidak bermaksud bahwa Kamu perlu berbaring diam dan tidak melakukan apa-apa, maksudnya adalah berarti Kamu harus memberi otak Kamu kesempatan untuk rileks sebentar. Bahwa Kamu memberi waktu pada pikiran Kamu untuk berimajinasi.

Setiap atlet tahu bahwa istirahat adalah salah satu komponen paling penting dari kinerja elit, tetapi tampaknya tidak ada yang mau menerapkan pelajaran ini.

Otak Kamu pada dasarnya memiliki dua mode yang dapat dioperasikan. Psikolog sering menyebut mode ini sistem satu dan sistem dua, mengambil isyarat dari pemenang hadiah Nobel dan penulis dari buku “Thinking, Fast and Slow”, Daniel Kahneman.

Sistem satu mudah dan cepat. Itu yang disebut intuisi. Sistem dua lambat dan susah payah dan di mana pemikiran nyata terjadi. Jika Kamu berjalan di sebelah saya dan saya tiba-tiba bertanya kepada Kamu  hasil dari 228 dibagi dengan 38, Kamu mungkin akan berhenti berjalan. Ini adalah ekspresi yang keluar dari pergantian dari sistem satu ke sistem dua.

Ilmuan saraf menyebut kedua mode ini mode diffuse dan mode fokus. Mode diffuse adalah sesuatu seperti mesin pinball: ada banyak ruang mental untuk pikiran Kamu melambung dan membuat koneksi. Mode fokus seperti jalur bowling dengan bumper. Pikiran Kamu terkunci pada satu tujuan dan tidak ada banyak ruang gerak.

Tidak ada salah satu lebih baik dari yang lain, keduanya memiliki fungsinya masing-masing, tetapi poin pentingnya adalah bahwa yang paling efektif yaitu ketika Kamu dapat bergantian di antara keduanya.

Pekerjaan secara mendalam terjadi dalam mode fokus, tetapi cukup melelahkan. Cepat atau lambat Kamu harus tetap harus membiarkan pikiran Kamu rileks lagi. Istirahat ini tidak hanya membuat Kamu lebih efektif dengan sesi fokus berikutnya, tetapi juga memungkinkan Kamu untuk lebih kreatif karena memberi waktu bagi pikiran Kamu untuk membuat koneksi yang terlewatkan saat berada dalam mode fokus.

Inilah sebabnya mengapa banyak orang menemukan teknik pomodoro yang terkenal efektif, Teknik pomodoro menyediakan sistem untuk mode fokus dan diffuse yang bergantian.

Istirahat Nyata vs. Palsu

Inilah titik kunci: istirahat mental Kamu harus benar-benar tenang.

Ada banyak contoh Kamu "memeriksa" atau "melepaskan" yang kontra-produktif.

Misalnya, apa yang dilakukan kebanyakan orang dengan sepuluh menit waktu luang? Mereka memeriksa telepon mereka. Dalam beberapa kasus, hal ini bahkan agak dibenarkan, mereka memiliki bisnis yang sebagian berkisar pada kemampuan mereka untuk terhubung secara sosial.

Namun, inilah masalahnya, ketika Kamu melihat ponsel Kamu (atau layar apa pun), pikiran Kamu tidak bebas berkeliaran. Seperti yang ditunjukkan oleh profesor MIT dan alumni Harvard Sherry Turkle dalam bukunya yang berjudul “Reclaiming Conversation”, perhatian Kamu ditangkap dan dibagi.

Hampir seperti mode ketiga yang ada di otak Kamu telah dibuat: mode reaktif. Dalam mode reaktif Kamu memiliki ilusi kontrol, tetapi perhatian Kamu lebih sering tidak di bawah kendali suatu algoritma. Agak terlihat seperti fokus, tetapi tidak ada pemikiran yang mendalam. Seperti relaksasi mental, tetapi pikiran Kamu tidak bebas berkeliaran dan secara proaktif menentukan apa yang akan dipikirkan. Kamu terjebak bereaksi terhadap agenda orang lain.

Ada banyak cara untuk membuat otak Kamu rileks dan pikiran Kamu dapat berimajinasi, tetapi salah satu yang paling klasik adalah berjalan-jalan.

Ada alasan bagus di balik ini. Jika Kamu seorang knowledge worker, kemungkinan besar Kamu cukup lama melakukan pertarungan dengan fokus Kamu. Jalan-jalan adalah kesempatan yang baik untuk menambahkan gerakan yang sangat dibutuhkan dalam rutinitas Kamu. Tidak mekanisme apapun dalam jalan-jalan yang memerlukan konsentrasi, dan sementara beberapa rangsangan visual yang Kamu temui mungkin menarik, tidak ada yang menuntut perhatian Kamu seperti halnya layar.

Tentu saja, jalan kaki hanyalah salah satu metode. Kamu dapat berbaring di tempat tidur dan melempar bola ke langit-langit jika itu yang Kamu mau. Kamu dapat mondar-mandir seperti yang sering saya lakukan jika Kamu mau.

Apa pun yang Kamu lakukan, Kamu akan lebih efektif dan lebih kreatif jika Kamu secara teratur memberikan waktu pada pikiran Kamu untuk berimajinasi dan beristirahat

Inti Akhir

Jika judul posting ini sama sekali menarik bagi Kamu, kemungkinan Kamu terlalu sibuk untuk kebaikan Kamu sendiri. Kamu perlu waktu untuk menenangkan pikiran.

Untungnya, mungkin sudah ada waktu dalam jadwal sibuk Kamu yang dapat digunakan kembali dan digunakan untuk melakukan yang terbaik, dan kabar baiknya lagi Kamu bahkan tidak perlu melakukan apa pun. Hentikan pengguliran dan luangkan waktu untuk bermimpi dan berimajinasi.

Terkadang tidak melakukan apa-apa sebenarnya lebih produktif daripada melakukan sesuatu.. :)

Artikel Trending Sebelumnya:

Produktivitas Kamu Tergantung Bagaimana Kamu Mengatur Tempat Kerjamu

Tags: Otak, Kesehatan Otak, Pikiran Positif, Pikiran Negatif, Kerusakan Otak, Pendidikan, Cara Kerja Otak, Waktu Istirahat, Istirahat, Membaca, Olahraga, Diam, Tips Sehat, Buku, Produktivitas, Produktif, Kerja, Jalan Jalan, Jalanjalan, Menghibur, Tips Dan Trik, Sehat

Tips 2 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com