Ini Dia 5 Tips Mudah Untuk Kamu Yang Ingin Belajar Pemrogramman

Tips 10 months ago
Ini Dia 5 Tips Mudah Untuk Kamu Yang Ingin Belajar Pemrogramman

Pemrogramman identik dengan sebuah program, baik program yang kompleks maupun program sederhana sekalipun tetap dikatakan sebuah program. Program sendiri adalah sekumpulan intruksi yang terstruktur dan didesign sedemikian rupa oleh pembuat program atau disebut Programmer.

Jadi pada intinya pembaca pasti ingin menjadi seorang Programmer kan??? dengan membaca artikel ini.
Ya tidak menutup kemungkinan mungkin diantara pembaca ada yang hanya iseng membaca artikel ini, tapi intinya mungkin masih diantara Pembaca ingin mencoba menjadi seorang Programmer.

Sebelumnya Mungkin juga ada yang bertanya : lalu bagaimana saya akan memulai belajar pemrogramman komputer???

OK, sesuai judul diatas saya akan memberikan 5 tips mudah untuk kamu yang ingin belajar Pemrogramman atau menjadi seorang Programmer. Yups... langsung saja.

Pemrogramman
macam macam bahasa pemrogramman

1. Minat Kamu Untuk Belajar Pemrogramman (minat yang kuat)

Kenapa saya bilang minat??? Ya karena jika kita ingin memulai segala sesuatu harus diawali dengan sebuah minat, bahkan sebuah minat yang kuat. Dengan tujuan memotivasi kita untuk semangat dan giat dalam belajar nantinya.

Saran saya, Perkuat dulu minat kamu barulah kamu mulai belajar sebuah Pemrogramman, Kenapa agar kamu nantinya tidak belajar setengah-setengah, atau berhenti belajar ditengah jalan. Sayang sekalikan jika belum apa-apa sudah menyerah. OK, untuk kamu yang minatnya sudah bulat dan kuat mari kita lanjut pada tips yang selanjutnya.

2. Ketahui Terlebih Dahulu Apa Itu (Pemrogramman)

Kok begitu??? benar sekali untuk kamu yang ingin belajar bahasa pemrogramman tetapi kamu sendiri tidak tau maksut dan arti dari Pemrogramman itu sendiri percuma saja bisa saya bilang. "Karena sama saja kamu belajar memahami sesuatu yang tidak terlihat".
Jadi mulailah mencari tahu apa itu pmrogramman untuk langkah awal dari belajar kamu. belajar itu tidak perlu buru-buru santai tapi tetap berjalan, agar hasil yang kamu dapatkan memuaskan.

Nah, jika tips ke dua ini juga sudah terpenuhi mari kita lanjut pada tips selanjutnya.

3. Tentukan Bahasa Pemrogramman Apa Yang Kamu Pilih (cukup satu dulu untuk awal)

Ya tentu kamu harus memilih bahasa apa yang akan kamu pelajari, karena memang bahasa pemrogramman itu saat ini sangat banyak sekali, dan setiap tahun selalu berkembang dan ada saja bahasa-bahasa baru yang bermunculan. 

Saran dari saya pilih saja satu dulu untuk bekal awal dari belajar kamu. daripada kita memikirkan ingin banyak belajar bahasa pemrogramman tetapi tidak dimulai-mulai sama saja kan malah membuang-buangwaktu saja. Jadi cukup pilah satu dulu untuk awal dan Serius.


4. Mulailah Belajar (pahami juga dokumentasi setiap bahasa pemrogramman)

Tips ke empat mulailah belajar, jangan habiskan waktu kamu untuk memikirkan hal-hal yang tidak penting, untuk media belajar sangat banyak sekali mulai dari Online maupun Offline semua kembali lagi dengan kamu ingin belajar Online atau Offline.

Baca Juga : 4 Situs Untuk Kamu Yang Ingin Belajar Pemrogramman Berbahasa Indonesia


Ok, disamping itu juga kamu harus sering-sering membaca dan memahami Dokumentasi setiap bahasa pemrograman yang kamu pelajari di situs resminya, karena disitus resminya lah panduan yang sangat lengkap mengenai bahasa pemrogramman itu.

Sebagai contoh jika kamu ingin belajar bahasa pemrogramman PHP (hypertext prepocessor) kamu bisa mengunjungi situs resminya di : http://id1.php.net/docs.php

Atau kamu juga bisa mengunjungi situs lain di : w3schools.com
tidak menutup kemungkinan jika kamu ingin belajar bahasa pemrogramman yang lain.


5. Coba Buat Sebuah Program Sederhana

Ok, tips terakhir dari saya cobalah buat sebuah program sederhana untuk melatih sampai mana hasil belajar kamu, buatlah program yang paling sederhana sekali untuk awal jangan belum-belum kamu sudah mau membuat sebuah program yang kompleks. :)

Sebenarnya tidak jadi masalah asalkan kamu tidak pusing sendiri nantinya.
Maka dari itu saran dari saya buat program yang paling sederhana dulu, baru setelahnya seiring berjalannya waktu perbaiki program kamu agar menjadi program yang cukup Kompleks nantinya.

Ok, itu dia tadi "Ini Dia 5 Tips Mudah Untuk Kamu Yang Ingin Belajar Pemrogramman" Semoga dapat membantu kamu yang ingin belajar. Semoga artikel ini bermanfaat.


Tags: Tips&trick, Dunia, Situs, Saran, Pemrograman, Programmer, Coding, Ngode

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com