Mengantuk Setelah Makan, Penyebab dan Cara Menghilangkannya.

Tips 11 months ago
Mengantuk Setelah Makan, Penyebab dan Cara Menghilangkannya.

“Habislah makan datanglah ngantuk” mungkin itu yang saya ungkapkan ketika sudah makan. Seharusnya sudah makan mendapatkan energi dari hasil yang kita makan. Saya kira itu hanya terjadi pada diri saya saja, ternyata teman-teman dan orang lain pun sama mengalaminya. Tentu membuat saya penasaran. Setelah saya pahami ada penyebab ngantuk sehabis makan Penyebabnya adalah:

.

  • Penggabungan makanan

Dalam tubuh dibutuhkan Nutrisi yang prosesnya dari penggabungan makanan atau food combining. Mereka yang tercukupi dengan food combining akan bersinergi dan memiliki semangat, motivasi serta tidak meras merasa ngantuk.

  • Pengaruh salah satu neuron

Otak memiliki ribuan neuron, salah satu neuron yang ada di otak adalah orexin. Nuron ini berada di hipotalamus yang memiliki fungsi untuk mengatur berbagai proses semua hormon. Ketika kadar gula naik maka menyebabkan kerja neuron terganggu. Maka akan membuat sesorang merasa ngantuk karena neuron orexin yang berfungsi seabagi pengontrol terhambat.

  • Kekurangan Enzim

Ada tiga jenis enzim yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna makanan, yaitu:

  • Enzim pencernaan yang disalurkan oleh kelenjar ludah, perut, pankreas, sel-sel endokrin dan usus kecil.
  • Enzim yang ditemukan pada makanan mentah yang masuk ke mulut lalu ke perut.
  • Enzim metabolik, jenis enzim sebagai memproduksi energi, penetralan racun, dan proses pembuangan kotoran.

Enzim diibaratkan sebuah mesin dalam tubuh yang memiliki peran untuk memecahkan makanan dalam tubuh. Ketika sedang makan, maka enzim akan bekerja keras untuk mengkonsumsi makanan. Pada saat bekerja sehingga membuat tubuh lelah. Ketika orang yang mengalami kekurangan enzim pada saat mengkonsumsi makanan tidak akan menjadi energi, hal ini dikarenakan adanya gangguan penyerapan zat gizi. Sehingga enzim lelah dan tidak ada energi masuk akhirnya membuat kita ngantuk.

  • Terlalu kenyang

Makan terlalu kenyang juga akan membuat kita ngantuk. Karena di dalam perut membutuhkan oksigen, di dalam perut terdiri dari tiga yaitu, benda padat, benda cair dan benda uap (oksigen). Maka berhenti makanlah sebelum kenyang, karena makan terlalu kenyang selain menyebabkan kantuk juga dapat mengganggu kesehatan.

Itulah penyebab mengantuk setelah makan. Mudah-mudahn kita dapat memahaminya untuk demi memiliki tubuh yang stabil.

Lalu berikutnya cara menghialngkan mengantuk sesudah makan sangat diperlukan. Kita memiliki masalah harus ada solusinya. Cara-cara agar tidak mengantuk setelah makan adalah:

  • Bergerak setelah makan

Bergerak sangat dibutuhkan dibandingkan dengan hanya duduk saja. Dengan, melakukan pergerakan pada rubuh setelah makan dapat meningkatkan aliran tubuh sehingga oksigen dan nutrisi dapat dialirkan pada seluruh sel-sel tubuh.

  • Memilih makanan dengan bijak

Memilih dan memilah makanan sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh. Sesuaikan dengan waktu, waktu pagi, siang dan sore.

  • Jangan terlalu kenyang

Menjaga porsi makanan untuk tidak berlebihan. Makan berlebihan akan mengakibatkan kekenyangan sehingga membuat mengantuk. Karena makan berlebiahan akan menguras energi dan tidak ada ruang untuk udara di perut sehingga membuat kita ngantuk.

  • Minum air putih yang cukup

Semua organ di tubuh membutuhkan air, agar kita tidak mengalami dehigrasi pada saat kelelahan dan tidak mengantuk.

Demikian semoga bermanfaat bagi saya dan semuanya. Aamiin.

Tags: Mengantuk, Makan, Tidur, Penyebab, Cara, Tips, Cemdol, Lieur, Artikel, Metode, Meja Makan, Artis

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com