Merasa Malu dan Kurang Percaya Diri Saat Berbicara Di Depan Umum, Kamu Harus Melakukan Ini.

Tips 1 year ago
Merasa Malu dan Kurang Percaya Diri Saat Berbicara Di Depan Umum, Kamu Harus Melakukan Ini.

Pernah gak sih ngerasain yang namanya gugup saat berbicara di depan umum. Entah itu dalam kegiatan sekolah, kampus, ataupun kerja yang mengharuskan untuk mempresentasikan hasil kerja kita di depan orang lain atau dalam kegiatan ajang lomba. Pasti kita pernah merasakan gugup yang berlebihan karena harus menghadapi itu semua padahal kita termasuk orang yang jarang bahkan merasa tidak suka untuk tampil di depan publik dan menjadi pusat perhatian.
Memikirkan saat kita berbicara di depan umum saja sudah membuat pikiran kita terbang melayang entah kemana saja, bahkan kita sampai berpikir sesuatu yang mustahil terjadi kepada kita disaat kita akan maju entah itu, penonton yang tidak mendengarkan, bakalan ditertawakan, bahkan yang lebih parah lagi yaitu apakah kita akan jatuh pingsan karena grogi yang luar biasa. Pikiran - pikiran tersebut terus keluar dengan sendirinya, yang membuat tekanan batin kita jadi jauh lebih berat untuk menghadapi itu. Rasa mual, Kebelet pipis, detak jantung yang super cepat dan tangan serta kaki yang sangat gemetar dapat dirasakan dalam waktu yang bersama - sama. Hal itu mungkin normal bagi orang yang jarang tampil di depan umum seperti kita. Tetapi apakah kita mau seperti itu saja?
Apakah kiasan Silence Is Gold Harus kita pertahankan dalam waktu yang lama?
Lebih baik pernah merasakan sensasi - sensasi yang luar biasa sebelum maju dan berbicara di depan publik dari pada lebih memilih diam dan tidak pernah mendapatkan pengalaman serta belajar dari pengalaman tersebut.

Berikut beberapa tips agar bisa lebih percaya diri saat tampil di depan umum:

1. Sugesti Diri Sendiri

Sumber Pic : id.wikihow.com

Beri sugesti berupa kata - kata yang bisa membuat anda jauh ebih percaya diri. Buat kalimat sugesti itu dapat membangun jiwa kita menjadi lebih bersemangat dan jauh lebih baik. Seperti "Aku pasti bisa, Ini gampang untuk dilewati kenapa harus takut, dan lain - lain".

2. Persiapan Yang Matang

Persiapan yang matang tentu sangat harus dilakukan sebelum kita melakukan berbagai kegiatan. Dengan matangnya persiapan kita, tentu secara tidak langsung kita sudah menguasai materi yang akan kita sampaikan nanti. Dengan persiapan yang matang tentu kita juga sudah bisa mengatur apa yang akan kita katakan nanti dan kita juga sudah mempersiapkan diri dengan bekal materi yang cukup disaat ada penonton yang bertanya.

3. Berlatih Menyampaikan Isi Materi


Sumber pic: Kompasiana.com

Jika kita bukan orang yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi disaat kita berbicara di depan banyak orang. Kita bisa mencoba mempraktikkan tips ini untuk membangun rasa percaya diri kita. Berlatih menyampaikan isi materi yang akan kita sampaikan bisa di depan cermin,di teman, atau orang tua sebelum kita benar - benar menyampaikannya di  acara tersebut. Karena dengan dengan mencoba berani tampil di depan teman, dan orang tua juga sudah bisa membangun keberanian kita saat akan tampil di depan.

4. Jangan Lupa Untuk Tetap Rilex


Sumber pic : pixabay.com

Mungkin, kondisi badan yang kacau mulai dari jantung yang berdegup sangat kencang, tangan serta kaki yang gemetar hebat akan sangat sulit bagi kita untuk tetap bisa rilex saat berbicara di depan. Tapi, kondisi rilex saat menyampaikan materi akan membuat kita jadi jauh lebih nyaman serta kita bisa membangun suasana yang nyaman di sekitar kita. Cara yang paling gampang agar kita bisa menjadi lebih rilex yaitu cobalah untuk menghirup napas dalam dan juga minum terlebih dahulu sebelum maju.

5.Berdoa

Jika semua persiapan serta tips diatas sudah dipersiapkan maka langkah yang terakhir agar semua berjalan lancar yaitu dengan berdoa. Berdoalah kepada Allah agar kita dapat menyampaikan semuanya dengan lancar tanpa adanya kendala yang harus kita hadapi.

Semoga kita bisa mengatasi rasa kurang percaya diri kita saat diharuskan berbicara di depan umum.

Tags: Inspirasi, Semangat, Motivasi

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com