Ramadhan datang, Persiapkan 3 hal ini

Ramadhan datang, Persiapkan 3 hal ini

Dalam waktu kurang dari 3 minggu, bulan suci 207 juta penduduk indonesia akan datang. Mungkin kamu salah satunya. Jangan sia-siakan bulan penghapusan dosa ini dengan kegiatan unfaedah.  Buat perencanaan atas hal-hal yang ingin kalian capai. Bingung apa saja? Simak 3 hal berikut ini.

1. Siapin hati, jiwa dan raga

niat comes first! Dalam islam, niat selalu jadi rukun alias syarat nomor satu. Niat jangan asal niat, puasa untuk ibadah pada Allah. Bukan biar dibilang alim atau biar dapet jodoh salehah. Itu sih bonus. 

Siapin jiwa juga raga, kalau bisa kalian harus mulai nyobain puasa senin kamis dari sekarang. Ibarat olahraga, bisa dibilang sekarang kita butuh pemanasan. Pas Ramadhan datang, tinggal lari deh.

2. Siapin target yang jelas

target itu capaian yang harus kita kejar. bukan kejar si doi yaa. Target ramadhan itu mencakup ibadah harian, mingguan sampai bulanan. Target yang jelas harus ada kuantitasnya ya.

  • target harian

yaitu ibadah sehari-hari seperti solat wajib-ya emang udah wajib- dan sunnah, tilawah, sedekah. Sedekah itu ngga harus materi kok. Senyum itu sedekah. Membantu dalam kebaikan juga sedekah.

Misalkan si Anta mau bikin target harian, maka dia pasang target solat dhuha 2 rokaat, solat taraweh 8 rokaat, sedeqah minimal sehari 2 kali, dan tilawah ODOJ. Masa iya ga tau ODOJ. 

  • target mingguan

ini mencakup hal-hal yang menurut kita agak sulit dilakukan. Misalnya infaq, bagi-bagi takjil, ikut kajian atau ceramah. Ingat! target hanya berlaku buat ibadah sunnah. Ibadah wajib ya memang wajib.

Sekarang si Anta buat target mingguan. Dia pasang target dengerin ceramah online 3 kali seminggu, mabit di masjid abis maghrib sampai isya 3 kali seminggu, infaq 1 kali, bagi takjil 5 kali seminggu. Kamu traktir temen kamu kolek pisang buat buka puasa, kamu dapat pahala setara puasa satu hari lho! Lumayan kan beli satu dapet dua.

  • target bulanan

ini berlaku buat hal yang susaaah banget kita lakukan kalau harus rutin.  

Misalkan, si Anta mau itikaf di 10 hari terakhir ramadhan. Mungkin dia cuma sanggup di hari-hari ganjil aja. Atau kalau si Anta sibuk banget, target dengerin ceramah bisa diubah jadi buat 10 hari terakhir aja.

3. Doa minta dipertemukan

ada usaha ada doa. Kayak jodoh. Boleh jadi kita sudah persiapkan diri, tapi Allah berkehendak kita nggak ketemu sama Ramadhan. Naudzubillah... tapi kalau takdir siapa yang tahu?

Makanya jangan lupa minta sama Allah biar seenggaknya dapet kesempatan buat ngehapus dosa-dosa yang lebih banyak dari bintang di langit, lebih berat dari bumi dan isinya.

اللّهُمَّ سَلِّمْنِي إِلىَ رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُقَبَّلاً

allahumma sallimni ila ramadhan, wa sallim lii ramadhaan. Wa tasallamhu minnii muqabbalan.


Atau yang lebih pendek lagi

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَب، وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

allahumma baarik lanaa fii rajaban, wa sya'baan, wa ballignaa ramadhaan.

"Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta sampaikanlah kami ke bulan Ramadan.” (HR. Ahmad)

Jadi, diatas tadi adalah hal-hal yang perlu kamu siapkan untuk menyambut datangnya Ramadhan. Jangan sampai cuma nyiapin diri kalo mau ketemu doi. Yang sama-sama manusia dan nggak bisa nolongin kita di akhirat.  

Terakhir, dibutuhkan juga konsistensi saat ngerjain target. Jangan cuma berlaku di 7 hari pertama aja ya. kan bukan diskon.

Tags: Islam, Ramadhan, Tips Sukses, #millenial, #bekal, #target

Tips 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com