Tips Agar Laptop Kamu Awet

Tips 1 year ago
Tips Agar Laptop Kamu Awet

Image: Linus Tech TiLaptop adalah perangkat komputer yang mudah dibawa. Dengan adanya laptop, kita lebih mudah menyelesaikan tugas-tugas dimanapun berada. Laptop relatif lebih rentan dibandingkan komputer. Misalnya, laptop bisa saja terjatuh dari tas atau terkena air saat hujan. Selain hal-hal tersebut masih ada banyak hal lain yang dapat membuat laptop kita jadi tidak awet. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara menjaga laptop kita, simak artikel berikut.


1. Gunakan Kipas Cooler

Kipas pendingin sangat penting bagi orang yang sering menggunakan laptopnya. Kinerja laptop yang terus-menerus membuat laptop menjadi cepat panas. Jika hal ini dibiarkan, maka performa dan kinerja sistem pada laptop Anda akan berkurang. Kipas pendingin juga menjaga agar bagian internal laptop tidak mudah terkena debu.



2. Hindari Penggunaan Laptop di Atas Tempat Tidur

Tempat tidur relatif empuk dan mudah tertempel debu. Jika kita menggunakan laptop di atas tempat tidur, bisa bisa laptop kita kemasukan debu dari bawah atau samping. Efek selanjutnya yaitu bagian internal laptop seperti : kipas internal, RAM, CPU, atau VGA akan terkena debu. Hal itu pasti membuat performa laptop menurun drastis dan laptop menjadi cepat panas.



3. Bersihkan Debu yang Ada di Sekitar Laptop

Debu yang berada di laptop atau berada di sekitar laptop sangat mungkin untuk masuk ke dalam laptop. Bersihkan debu-debu ini sebelum benar-benar masuk ke dalam laptop Anda.



4. Matikan Laptop Sesuai Prosedur

Jika laptop Anda sudah selesai digunakan, matikanlah laptop sesuai dengan prosedur yang seharusnya. Kalau laptop dimatikan dengan force shutdown atau dengan kata lain menekan tombol power hingga laptop mati, akan membuat Hard Disk laptop rusak dan Anda diharuskan untuk menggantinya dengan yang baru. Karena laptop yang di-force shutdown akan memutuskan aliran listrik dalam laptop secara paksa.



5. Perhatikan Kesehatan Baterai Laptop

Biasanya yang jadi masalah adalah baterai yang nge-drop. Sebagai contoh kita tidak bisa menghidupkan laptop kita kecuali menancapkan kabel charger ke stopkontak. Hal itu tentu saja merepotkan kita karena fungsi laptop adalah sebagai pengganti komputer dimanapun kita berada. Kalau terjadi kasus seperti itu, sudah pasti kita tidak bisa menggunakan laptop kita kecuali ada stopkontak di sekitar. Cara untuk menjaga kesehatan baterai laptop adalah :

a. Isi daya laptop sebelum digunakan.

Akan lebih baik jika kita mengisi daya laptop hingga penuh sebelum digunakan. Hal ini akan mencegah kita mengisi daya laptop ketika kita sedang menggunakannya dengan keras, misalnya bermain game. Karena itu dapat memberatkan kerja baterai dan charger kita.

b. Jangan charge laptop saat kita akan melakukan hal berat

Maksudnya yaitu pengguna dianjurkan untuk menghindari penggunaan laptop yang dicharge untuk penggunaan berat sebagai contoh : bermain game atau digunakan berjam-jam. Tujuannya untuk menjaga keadaan baterai dan charger.


Berikut artikel tentang cara menjaga agar laptop tidak mudah rusak. Sumber yang didapat penulis berasal dari internet dan pengalaman pribadi.
Semoga bermanfaat.

Tags: #tips, #mudah

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com