Membuat Karya Seni Indah Menggunakan Ranting Pohon

Membuat Karya Seni Indah Menggunakan Ranting Pohon

Sebagai warga negara Indonesia yang memiliki banyak hutan, kita tentu banyak menemui banyak sekali ranting pohon. Tidak hanya di hutan, pantai, bahkan di depan rumah yang terdapat pohonpun pasti kita bisa menemui ranting pohon. Ranting pohon yang berserakan ini biasanya kita anggap tak beguna dan bahkan terkadang bisa merusak keindahan karena berserakan tak beraturan. Hal ini berlaku jika ditangan orang biasa. Berbeda dengan orang yang mau berfikir kreatif.

Sebenarnya ranting-ranting tak berguna ini bisa kita manfaatkan dengan Berbagai cara lainnya. Yang perlu kita lakukan hanyalah kemauan untuk mengubahnya. Dengan sedikit menggunakan imajinasi, kita bisa lho mengubah ranting-ranting itu menjadi sebuah Karya seni dinding yang indah dengan menggunakan beberapa alat sederhana. Gak percaya? Berikut adalah contohnya.

Bagaimana? Tertarik? Jika kamu benar-benar tertarik berikut adalah beberapa tahap yang bisa kamu lakukan untuk membuat karya seni dari ranting pohon.

Baca juga : 19 Cara Mengecilkan Lengan Dengan Mudah

Langkah Pertama : Pilihlah Ranting yang Akan Kamu Gunakan 

Pilihlah ranting pohon yang benar-benar sudah mati dan telah lepas dari pohonnya. Ranting yang masih hijau atau hidup cenderung membungkuk saat mulai mati dan itu akan merubah bentuk karya kita nantinya. Kemudian pilih juga cabang pohon yang mulus. Jangan pilih ranting pohon yang memiliki kulit kasar dan tebal. Hal ini untuk memudahkan kita dalam membentuk karya seni kita nanti. Untuk lebih jelasnya berikut adalah hal-hal yang kamu butuhkan:

Hal yang akan kamu butuhkan

3 buah ranting dengan ukuran 1 inci dan panjang 30 inci 1 buah ranting dengan ukuran 5inci, panjang 36 inci 200 meter, kabel bekas atau benang nilon  8 meter, tali Sekrup atau paku Bor dan bit 5/8 inci Pita pengukur Gunting Langkah Kedua : Bersihkan Ranting Pohon 

Bersihkanlah ranting pohon tersebut sampai benar-benar mulus. Kamu bisa menggunakan pisau atau alat lainnya untuk mengupan kulit pohon tersebut. Pastikan semua kulitnya benar-terlepas termasuk kulit arinya. Setelah itu jangan lupa cuci sampai bersih dengan air panas. Setelah benar-benar bersih, jemurlah ranting tersebut sampai benar-benar kering. Jangan gunakan dulu ranting tersebut sampai kering sempurna.

Langkah Ketiga : Gambarlah Pola Karya Seni Anda

Nah, jika ranting pohon kamu udah siap, buatlah gambar pola dari karya yang akan kamu buat. Kamu bisa memanfaatkan kardus bekas sebagai tempat menggambarnya. Buatlah pola semenarik mungkin, seindah yang kamu bisa. Usahakan jangan membuat pola yang terlalu detail karena akan menyulitkan kamu dalam menyusun ranting pohonmu nantinya.

Langkah Keempat : Susunlah Ranting Diatas Polamu Tadi

Selanjutnya, kamu perlu menyusun ranting pohonmu tadi diatas pola yang sudah kamu buat. Potonglah semua ranting pohon tadi agar sesuai dengan ukuran pola yang sudah kamu siapkan. Jangan lupa usahakan pilih ranting pohon yang lurus agar kamu tidak susah mengatur ranting pohon tersebut sesuai pola yang kamu buat tadi.

Langkah Kelima : Warnai Ranting Pohon Tersebut

Sebelum mewarnai buatlah garis terlebih dahulu agar hasilnya nanti sesuai rencana.

Mulailah mewarnai ranting tersebut. Buatlah gradien warna pada ranting. Catlah bagian paling bawah dengan warna yang paling gelap. Kemudian semakin keatas warna semakin memudar sehingga menimbulkan efek yang bagus pada karyamu ini.

Jangan lupa untuk menyatukan kedua warna pada setiap batasnya. Ini bertujuan agar warna-warna tersebut tak terkesan putus. Nah jika kamu telah selesai hasilnya kira-kira seperti ini : 

Langkah 5: Ikat Ranting Pada Gantungan

Ikatlah ranting tadi dengan tali yang sudah kamu persiapkan tadi. Ikatlah dengan cara apapun yang kamu suka. Yang penting tali tersebut melekat kuat pada ranting. 

Setelah itu ikatkan bagian tali yang lain pada ranting yang lebih besar yang juga sudah kamu persiapkan sebelumnya.

Ulangi proses ini untuk semua ranting, pastikan urutan ranting tidak terbalik sehingga bentuk hati yang kamu buat tadi tidak rusak. Jangan lupa untuk membersihkan sisa tali yang tidak terpakai. Walaupun kecil ini juga mengganggu penampilan lho.

Langkah Ketujuh : Gantungkan Ranting Tersebut Pada Dinding

Setelah langkah diatas selesai, mulailah menggantungkan ranting-ranting tadi di dinding. Caranya, kamu tinggal menempelkan ranting yang lebih besar yang kamu gunakan sebagai gantungan di dinding. Kamu bisa menancapkannya dengan paku atau bor sekalipun. Yang perlu kamu perhatikan dalam proses ini adalah usahakan ranting besar yang berfungsi sebagai gantungan tadi tidak miring, karena jika miring dapat mempengaruhi bentuk ranting dibawahnya. Kamu nggak pengen kan ranting yang sudah kamu susun susah payah jadi berantakan gara-gara masalah ini doang?

Sebelum itu kamu juga harus memperhatikan warna dan posisi dinding tempat kamu menempelkan ranting ini. Usahakan pilihlah warna dinding putih. Kenapa karena warna yang kamu gunakan membuat karya ini sangat lembut. Jika kamu tempelkan pada dinding yang hitam maka tidak akan cocok. Kemudian pilih juga posisi yang tidak terlalu ketengah. Usahakan agak dekat dengan sudut raunganmu, agar nilai estetikanya muncul.

Nah kira-kira seperti inilah bentuknya kalau sudah selesai kamu tempel.

Nah, jika kamu ingin menempatkannya pada dinding dengan warna lain, kamu bisa memilih warna lain pada ranting-ranting pohon ini. Bukan hanya warnanya kamu juga bisa membuat bentuk lainnya sesuai dengan keinginanmu seperti bentuk rumah, atau bahkan sebenarnya kamu juga bisa membentuk pohon lagi dengan ranting ini. Hehe

Itulah tadi cara membuat karya seni dinding dengan memanfaatkan ranting pohon yang sudah tak terpakai. Kamu juga bisa membuat karya lain dengan ranting ini. Yang dibutuhkan hanya sedikit imajinasi agar kamu dapat merubah tumpukan ranting tak berguna ini menjadi karya seni yang indah. Selain bermanfaat mengurangi sampah, ini juga dapat mempercantik ruangan kamu. Bahkan jika kamu mau, kamu bisa mengkomersialkannya lho. Kamu bisa menjual kepada orang-orang. Lumayankan untuk tambahan uang jajan.

Tags: Membuat Karya Seni, Ranting Pohon

Tutorial 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com