5 Uang koin Indonesia paling langka dengan nominal terbesar

5 Uang koin Indonesia paling langka dengan nominal terbesar

Saat ini memang posisi uang koin sedikit demi sedikit sudah mulai tergantikan dengan posisi uang kertas. Hal ini karena selain kurang praktis, uang koin juga dianggap sudah memiliki nilai terlalu kecil. Uang koin saja saat ini yang tertinggi hanya mencapai nilai Rp 1000 saja. Namun pada jaman dulu, rakyat Indonesia malah lebih suka dengan uang koin untuk alat transaksi. Bahkan nilainya bisa sangat tinggi untuk setiap koinnya. Berikut ini adalah 5 uang koin asli Indonesia yang pernah dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

  1. Nominal Rp 850.000

Uang koin dengan nominal hampir satu juta rupiah ini adalah varian uang koin terbesar di Indonesia yang pernah tercatat sejarah. Bank Indonesia secara resmi mengeluarkan uang koin pecahan Rp 850.000 ini pada tahun 1995. Dibalik uang koin dengan nominal terbesar di Indonesia ini terdapat tulisan ”lima puluh tahun kemerdekaan Indonesia”. Uang koin ini adalah salah satu uang paling langka hingga saat ini, dan bahkan banyak kolektor berani membayar hingga Rp 35 juta untuk setiap koin asli pecahan Rp 850 ribu ini.

  1. Nominal Rp 300.000

Uang koin ini adalah pecahan terbesar nomor dua dengan nominal mencapai Rp 300 ribu. Uang ini juga dikeluarkan secara resmi oleh Bank Indonesia pada tahun 1995. Keunikan dari uang logam pecahan Rp 300 ribu ini adalah memiliki bobot mencapai 17 gram. Tentu bobot tersebut lumayan berat untuk ukuran sebuah uang koin. Sementara itu uang logam ini juga mendapatkan sebuah sebutan khusus yakni “Uang logam khusus Bank Indonesia seri Demokrasi”. Hal ini terlihat jelas pada bagian belakang ada sebuah gambar sekelompok orang sedang berdemokrasi yang dijadikan logo uang koin ini.

  1. Nominal Rp 200.000 versi kedua

Uang ini juga menjadi salah satu jenis uang logam asli Indonesia terlangka. Hingga saat ini dikabarkan masih ada 3 ribu keping yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Uang ini sendiri di keluarkan pada tahun 1990 oleh Bank Indonesia. Uang ini juga hadir dengan kandungan emas hampir 91 persen dan bobotnya sekitar 10 gram. Tarian tradisional bali di jadikan logo di uang koin ini.

  1. Nominal Rp 200.000 versi pertama

Uang koin ini sama-sama memiliki bobot 10 gram dan mengandung emas hingga 91 persen. Uang logam ini dikeluarkan secara resmi pada tahun 1987 dan membawa gambar badak sebagai logo utama uang logam ini.

  1. Nominal Rp 100.000

Varian ini adalah varian yang masuk dalam jajaran uang koin dengan nominal terbesar di Indonesia. Ciri khas dari uang logam ini adalah memiliki logo komodo sebagai logo utamanya. Uang koin ini juga sangat berat karena memiliki  bobot mencapai 33 gram lebih. Kandungan emasnya mencapai 90% dan diproduksi dengan jumlah terbatas yakni 5333 keping saja. Tahun dikeluarkan uang logam ini adalah 1974.

Tags: Uang Koin, Uang Koin Langka Indonesia, Uang Koin Unik, Uang Koin Langka, Koin Indonesia

Unik 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com