Cerita Sedih Dibalik Terciptanya Lomba-lomba 17 Agustusan Ini, Kamu Pernah Denger?

Cerita Sedih Dibalik Terciptanya Lomba-lomba 17 Agustusan Ini, Kamu Pernah Denger?

Nggak terasa sebentar lagi kita akan memperingati hari yang ditunggu-tunggu oleh banyak masyarakat Indonesia. Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus ini memang selalu dimeriahkan dengan berbagai macam perlombaan. Namun siapa sangka, di balik kemeriahan perlombaan tersebut ternyata terdapat beberapa kisah tragis.

Kamu mungkin bertanya-tanya dan mungkin belum pernah denger sebelumnya guys, siapa pencipta permainan tersebut? Penemu atau pencipta perlombaan seperti ini tak tercatat dalam sejarah. Bisa jadi karena kurangnya wacana dokumentasi saat itu atau hanya sebuah ide yang datang begitu saja. Nah, berikut ini adalah deretan perlombaan 17 Agustusan yang menyimpan cerita menyedihkan. Apa saja cerita di baliknya? Yuk baca rangkumannya.

1. Perlombaan Panjat Pinang

Nah, sejarahnya, nama panjat pinang diambil dari bahasa Belanda. Dulu, perlombaan ini dinamakan ‘De Klimmast' yang artinya panjang tiang. Permainan ini berasal dari Belanda dan dibawa ke Tanah Air, namun tak ada satupun orang Belanda yang ingin mengikuti perlombaan ini.

Menurut Belanda, hal ini menjijikan karena orang yang menopang di bawah harus rela diinjak-injak hingga sampai ke atas. Kata ‘diinjak’ inilah yang membuat Belanda berinisiatif mengadakan perlombaan ini untuk menertawakan bangsa Indonesia. Karena dulu bangsa Indonesia susah mendapatkan makanan, maka mereka pun rela, dan bahkan dengan senangnya mendaftarkan diri dalam perlombaan tersebut hanya untuk mendapatkan sedikit beras.

2. Perlombaan Makan Kerupuk

Ternyata, di balik perlombaan ini mengandung kisah yang menyedihkan. Zaman dulu ketika Indonesia dijajah oleh Belanda, nenek moyang bangsa Indonesia susah mendapatkan pangan. Mereka hanya bisa memakan nasi dan kerupuk. Hingga akhirnya, di hari kemerdekaan masyarakatpun berinisiatif menjadikan kerupuk ke dalam salah satu perlombaan di hari kemerdekaan.

3. Perlombaan Tarik Tambang

Ternyata, zaman dulu warga Indonesia atau yang biasa disebut pribumi oleh Belanda dipaksa kerja berat, salah satunya menggunakan tali tambang ketika menarik suatu benda, entah batu, pasir atau benda-benda berat lainnya. Kurangnya hiburan saat itu menjadikan para pekerja yang sedang menarik tali tambang dijadikan sebuah guyonan. Hingga akhirnya, setelah merdeka kegiatan tersebut dijadikan salah satu perlombaan.

Tags: Unik, Best Game Ever

Unik 9 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com