Di Cirebon, Ada Terowongan Menuju Mekah. Pergi Haji Lewat Cirebon Saja!

Di Cirebon, Ada Terowongan Menuju Mekah. Pergi Haji Lewat Cirebon Saja!

Cirebon. Sebuah kota kecil di ujung timur Jawa Barat yang punya seabreg budaya dan tradisi. Tak bisa dipungkiri. Kota Udang ini memang menjadi destinasi favorit untuk menatap pertunjukan-pertunjukan budaya lokal. Salah satu penyebab yang membuat Cirebon punya kekayaan tradisi dan budaya lokal adalah faktor keraton. Ya, di Kota yang luasnya tak genap 38KM persegi itu kita bisa menjumpai empat kraton sekaligus. Coba di daerah mana lagi kita bisa berkunjung ke empat keraton dalam satu kota? Keempat keraton tersebut adalah Keraton Kacirebonan, Keraton Kaprabonan, Keraton Kanoman dan tentunya Keraton Kasepuhan. Nah, nama keraton yang disebut paling akhir itu memang tak dapat dipungkiri menjadi keraton terbesar serta tertua di Cirebon. Bisa dibilang Cikal bakal lahirnya Cirebon tak lepas dari sejarah panjang Keraton Kasepuhan. Terbukti, hingga kini ada banyak sekali bangunan miliki Keraton Kasepuhan yang masih difungsikan bahkan sekarang menjadi tempat wisata.  Sebut saja, Masjid Sang Cipta rasa atau Taman Sari Gua Sunyaragi

Untuk Gua Sunyaragi sendiri kini kondisinya telah dipugar. Bahkan saat ini menjadi tempat wisata andalan Kota Cirebon. Tak jarang event-event budaya berskala nasional juga di hadirkan disana.

Sunyaragi bukanlah gua ciptaan tuhan yang terbentuk karena fenomena alam. Gua sunyaragi adalah gua buatan yang dibangun oleh Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan pada zamanya untuk tempat menepi dan bersemedi. Jadi, jangan bayankan gua ini dipenuhi banyak kelalawar ya. Tenang saja, Justru saat ini, Sunyaragi benar-benar sudah nyaman dan keren untuk dikunjungi.

Ada sepuluh gua yang terdapat disini. dan kesepuluhnya tersebut punya fungsi yang berbeda-beda. Tapi, dari sekian banyak gua tersebut. Ada satu gua yang punya cerita melegenda bagi masyarakat Cirebon. Gua itu adalah gua arga jumut. Nah, digua inilah konon dapat mengantarkan seseorang pergi dari Cirebon ke Kota Mekah Arab Saudi.

Cerita itu begitu dikenal masyarakat Cirebon. Ada yang memercayainya tapi ada juga yang mengaggapnya sebagai mitos. Ya, buat orang-orang yang mengaggap sebagai mitos akan berpikiran bagaimana mungkin seseorang yang berada di Cirebon dapat sampai ke Mekah lewat terowongan digua tersebut. Kalaupun berjalan kaki pasti akan berpuluh tahun sampainya. Akan tetapi bagi masyarakat yang percaya. terowongan di Gua Sunyaragi itu mungkin saja dapat menghantarkan seseorang ke Mekah. Sebab, untuk dapat menembus ke Mekah, syaratnya adalah yang masuk ke terowongan haruslah orang-orang dengan hati bersih dan memiliki ilmu agama yang dalam.

Di Gua arga jumut sendiri kita dapat lihat ada dua pintu yang disebut pintu kembar. Pintu tersebut dibangun menggunakan bata merah. Sedikit berbeda dengan bangunan Sunyaragi lain yang diyakini menggunakan batu karang. Ya, dipintu tersebutlah konon menjadi akses menuju ke Mekah Arab Saudi.  

Memang kebenaran cerita tersebut masih cukup sumir. Namun, andai cerita Cirebon menuju Mekah lewat Sunyaragi itu benar. Maka tak ada salahnya pemerintah mengalihkan keberangkatan jemaah haji Indonesia yang semula selalu berangkat menggunakan Pesawat. Kini dapat diberangkatkan lewat perantara Gua Jumud di Taman Sari Gua Sunyaragi Ini. Lebih mudah bukan?

Bayangkan tentu akan sangat banyak anggaran yang akan terpotong jika akses pulang pergi Indonesia-Arab Saudi dan Arab Saudi-Indonesia tak lagi menggunakan pesawat komersil yang biayanya cukup mahal itu. Pasti akan jauh lebih banyak orang yang berniat untuk berhaji. Penyebabnya? ada dua penyebab orang enggan untuk daftar haji. Pertama soal ongkos haji yang tak sedikit dan memungkinkan seseorang menabung bertahun-tahun. Kedua, lamanya waktu keberangkatan. Jika kita daftar haji sekarang. Barangkali baru bisa berangkat sepuluh tahun lagi atau bahkan lebih. Jadi, tentu akses haji lewat sunyaragi ini akan jauh lebih menguntungkan bagi masyarakat Indonesia

Bagi mereka yang sakit dan tak dapat melanjutkan ibadah haji, mereka dapat pulang dengan cepat. Tanpa harus menunggu jadwal kepulangan rombongannya

Lebih dari itu, Cirebon juga nantinya akan jadi lebih ramai. Disorot televisi bukan hanya saat mudik lebaran saja. Tapi juga saat momen Idul adha.

Sayangnya meski banyak yang percaya, sulit membuktikan  kebenaran terowongan Sunyaragi-Mekah itu. Kalaupun memang benar. Pasti yang bisa kesana hanyalah orang-orang pilihan. Orang-orang yang sering bertafakur dan memelajari ilmu agama islam secara matang.

Meski begitu Cirebon patut bangga mempunyai Taman Air Suyaragi yang indah dan punya banyak cerita menarik

Tags: Gua Jumud Sunyaragi, Taman Sari Sunyaragi, Terowongan Mekah Sunyaragi

Unik 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com