Selain aurora, 4 fenomena langit ini indah dan aneh loh guys

Selain aurora, 4 fenomena langit ini indah dan aneh loh guys

Dilangit ada matahari bersinar menyinari bumi, heheh bukan sebuah lagu ya guys. Kita akan membahas sesuatu yang ada dilangit yang menambah keindahan dari langit. Bukan tentang matahari, bukan tentang bintang dilangit, bukan tentang sinar bulan bukan juga tentang planet atau komet yang melintasi bumi guys, ataupun awan yang membentuk struktur indah dilangit. Ini mengenai fenomena alam yang ada dilangit. Kelima fenomena ini menambah indahnya langit di bumi, namun ada juga yang menyimpan suatu misteri. Apa saja itu yuk kita simak guys.

 1. Aurora 


Fenomena langit paling indah di dunia adalah aurora. Sinar berwarna warni yang mewarnai langit ini akan terlihat sempurna saat malam hari. Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya). Aurora terdiri dari oksigen dan nitrogen. Oksigen akan membentuk warna kuning dan hijau, kadang warna merah namum jarang muncul. Nitrogen membentuk warna merah keunguan dan biru muda.

 2. Pelangi api (fire rainbow)


Fenomena langit yang satu ini tak kalah indah guys,  Fire Rainbows atau dalam bahasa Indonesia disebut Pelangi Api,memiliki warna-warna pastel yang indah dan berbentuk seperti api di angkasa.dengan memantulkan membiaskan warna nya indah layaknya pelangi. Sinar nya melewati awan cirus. Pernah terlihat di langit singapore pada 20 februari di jam sore hari durasinya sekitar 10-15 menit.

Kondisi yang diperlukan untuk membentuk sebuah Pelangi Api adalah matahari harus berada pada ketinggian 58 derajat atau lebih, harus ada pula ketinggian awan cirrus dengan kristal es berbentuk piring, dan sinar matahari harus memasukkan kristal es pada sudut tertentu. Inilah sebabnya mengapa circumhorizontal arc merupakan fenomena langka.

3. Virga


Fenomena langit yang satu ini dinamakan Virga. Virga adalah kristal es di awan yang jatuh menghilang sebelum sampai menyentuh tanah. Virga pernah terlihat di Timur tengah. Tidak hanya di bumi guys, Virga pernah terlihat di planet Jupiter pada september 2008. Virga adalah fenomena yang terjadi saat kristal es di awan jatuh, namun menguap sebelum menyentuh tanah. Virga muncul seperti ekor/jejak dari awan yang menggapai permukaan tanah, kadangkala membentuk awan seperti ubur-ubur.

4. Pusaran api ( fire whirls)


Pusaran api adalah fenomena langit guys. Sebenarnya fire whirls indah namun kemunculannya nandakan ada nya bencana alam layaknya tornado besar. Jadi ketika fire whirls muncul masyarakat pergi menjauhi tempat tersebut. Fire whirls terbentuk dari awan columbus dan tanah. Tinggi nya sekitar 20 m dengan kecepatan 177 km/jam. Pernah muncul di Amerika serikat, selatan kanada, Asia timur dan selandia baru.

Fenomena Alam Fire whirls / pusaran api adalah tornado yang berputar terlalu dekat dengan kebakaran hutan atau pusaran yang terbentuk karena terdapat terlalu banyak panas di area tersebut. Pusaran Api atau badai api, atau setan api, adalah fenomena langka, yang mana api naik keatas dan membentuk pusaran, sehingga berbentuk seperti tornado. Pusaran ini sering terbentuk pada saat kebakaran hutan dan dapat mencapai setinggi 30 sampai 200 kaki (10 – 60 meter) dan selebar 10 kaki (3 meter), tapi umumnya hanya dapat bertahan dalam hitungan menit saja.    Hal ini terjadi ketika sebuah kolom udara yang hangat, naik ke atas dan terbungkus oleh api, sehingga  menyebabkan tekanan rendah muncul di permukaan tanah. Pendinginan udara ini kemudian segera masuk untuk menggantikan udara yang naik, dan menciptakan vortex yang dapat menarik api hingga ratusan meter di atas tanah.

5. Awan kantun ( Mammatus clouds)


Awan ini merupakan salah satu awan indah guys. Terbentuk dari formasi kristal di awan. Ini juga pertanda akan adanya badai Tornado atau cuaca ekstrim. Pernah muncul di Sen antonio,Texas. Mammatus, atau mammatocumulus (berarti "awan payudara") adalah istilah meteorologikal untuk bentuk gumpalan-gumpalan menggantung yang terbentuk di dasar awan. Mammatus umumnya dihubungkan dengan badai petir. Umumnya terbentuk di dasar awan kumulonimbus, namun juga dapat terbentuk pada awan altokumulus, altostratus, stratokumulus, dan sirus, juga awan abu gunung berapi. Di Amerika Serikat, pengamat dapat mengenal ciri-ciri awan mammatus. Ketika terbentuk pada awan kumulonimbus, awan mammatus dianggap pertanda akan datang badai besar atau bahkan badai tornado. Karena bahayanya lingkungan tempat terbentuknya awan, penerbang umumnya diminta waspada untuk menghindari awan kumulonimbus dengan mammatus.

Itulah beberapa awan yang indah yang menghiasi langit ya guys.






Tags: Aurora, Awan Kantun, Virga, Pusaran Api, Tornado, Pelangi Api, Fenomena Langit

Unik 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com