Tugas, Tanggung Jawab, dan Gaji Seorang Air Traffic Controller

Tugas, Tanggung Jawab, dan Gaji Seorang Air Traffic Controller

Adakah yang sudah tahu apakah itu ATC ? Bagaimana tugasnya ? Berapa gajinya ? Simak ulasan saya berikut.

Air Traffic Controller (Pemandu Lalu-lintas Udara) berkaitan erat dengan penerbang/pilot. ATC memberikan layanan lalu-lintas udara untuk mencegah antarpesawat terlalu dekat/bertabrakan serta memberi informasi seputar wilayah yang dilalui pesawat (cuaca, rintangan, navigasi, dll). ATC membantu pilot dalam melakukan tugasnya sekaligus sebagai rekan kerja yang dekat selama di udara. Peran ATC sangat penting bagi sebuah penerbangan. Setiap informasi yang diperlukan pilot dapat dikomunikasikan dengan ATC. Selain itu, ATC juga berperan sebagai penjaga kedaulatan negara. Sebagai contoh, ada pesawat asing yang memasuki wilayah negara tanpa ijin, maka akan diketahui oleh Tower dan akan diinfokan langsung kepada Angkatan Udara terdekat untuk tindak lanjut. Bahasa yang digunakan ATC sesuai yang disyaratkan oleh ICAO (International Civil Aviation Organization) adalah Bahasa Inggris. Namun, pada pelaksanaannya terkadang menggunakan bahasa dari suatu negara tersebut (bahasa ibu). English Language diatur dalam standar bahasa yang dikenal sebagai Phraseologies harus digunakan jika diminta untuk menghindari kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Setiap petugas pelayanan dan pemanduan lalu lintas udara wajib mengenal dan mahir menggunakan standar Phraseologies. Bayangkan jika terjadi perbedaan bahasa antara pilot dengan ATC, sudah pasti hancur sudah penerbangan di dunia.

Tujuan Pelayanan Lalu Lintas Udara

 

Berikut ini adalah tujuan pelayanan lalu lintas udara yang diberikan oleh ATC berdasarkan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) bagian 170

  1. Mencegah tabrakan antarpesawat.
  2. Mencegah tabrakan antarpesawat di area pergerakan rintangan di area tersebut.
  3. Mempercepat dan mempertahankan pergerakan lalu lintas udara.
  4. Memberikan saran dan informasi yang berguna untuk keselamatan dan efisiensi pengaturan lalu lintas udara.
  5. Memberitahukan kepada organisasi yang berwenang dalam pencarian pesawat yang memerlukan pencarian dan pertolongan sesuai dengan organisasi yang dipersyaratkan.

atau disebut dengan istilah 5 objective of ATS dalam dokumen ICAO ANNEX 11 tentang Air Traffic Service

  1. Prevent collisions between aircraft;
  2. Prevent collisions between aircraft on the manoeuvring area and obstructions on that area;
  3. Expedite and maintain an orderly flow of air traffic;
  4. Provide advice and information useful for the safe and efficient conduct of flights;
  5. Notify appropriate organizations regarding aircraft in need of search and rescue aid, and assist such organizations as required.

Beban Kerja

Image result for air traffic control

Pilot sangat terbantu dengan ATC. ATC akan selalu menginformasikan dan memandu pilot saat terbang. Namun, bekerja sebagai ATC bukanlah pekerjaan yang mudah. Mereka bertanggung jawab atas nyawa semua orang di pesawat. Katakanlah rata-rata penumpang tiap pesawat setiap harinya 200 orang, dan ada 200 traffic setiap hari, maka sudah 40.000 nyawa di tangan mereka. Jumlah itupun bukan apa-apa dibanding traffic pada Airport International yang sibuk seperti New York JFK, San Francisco International, Madrid Barajas, dan bandar udara lainnya.

Disiplin dan tanggung jawab yang tinggi, jam kerja di ATC diatur secara bergiliran berdasarkan "possition log" atau “shift”. Pada Aerodrome Control Tower, bidang pekerjaannya yang dibagi dalam beberapa unit, di antaranya Clearance Delivery, unit yang memberi informasi semua Rute Pelayanan Lalu Lintas Udara/ ATS Route, ketinggian pesawat yang diminta atau diizinkan untuk terbang ke tujuan. Ground Control, mengatur semua pergerakan mulai pesawat itu push back, sampai pesawat ke taxiway, menanti di ujung landas pacu untuk lepas landas. Assistant Tower Controller, tugasnya membantu aktivitas tower controllerTower Controller sendiri mengatur lepas landa dan mendaratnya pesawat. Sekalipun jam kerja sudah diatur, setiap rutinitas pasti ada kejenuhannya. Namun karena pekerjaan yang mempertaruhkan nyawa penumpang pesawat, dengan fokus dan tanggung jawab profesi, ATC diharuskan untuk tidak merasakan kejenuhan ketika bekerja. Pada hal ini Penyedia layanan pemanduan lalu lintas udara wajib menerapkan pola manajemen stress pada beban kerja ATC dan manajemen keselamatan. Menurut Dokumen 9426 Air Trafic Planning Manual, pemimpin unit pemandu lalu lintas udara (unit chief controllers) dan para petugas evaluasi (evaluation officers) perlu selalu waspada atas tanda–tanda stres pada anggota stafnya dan mestinya tidak ragu–ragu untuk membantu meringankannya. Pada langkah ini, suatu diskusi informal supervisor dengan pegawai pelaksana sering dapat menghindari hilangnya kecakapan secara progresif. Ini dapat juga meningkatkan keselamatan operasi unit yang terkait.

 

Pembagian Pelayanan Lalu Lintas Udara


Sesuai dengan tujuan pemberian Air Traffic Services, Annex 11, International Civil Aviation Organization (ICAO), 1998, Pelayanan Lalu Lintas Udara terdiri dari 3 (tiga) layanan , yaitu:

  • Pelayanan Pengendalian Lalu Lintas Udara (Air traffic control service), pada ruang udara terkontrol/Controlled Airspaceterbagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu:
    • Aerodrome Control Service
    Memberikan layanan Air Traffic Control ServiceFlight Information Service, dan Alerting Service yang diperuntukkan bagi pesawat terbang yang beroperasi atau berada di bandar udara dan sekitarnya (vicinity of aerodrome) seperti take offlandingtaxiing, dan yang berada di kawasan manoeuvring area, yang dilakukan di menara pengawas (control tower). Unit yang bertanggung jawab memberikan pelayanan ini disebut Aerodrome Control Tower (ADC).
    • Approach Control Service
    Memberikan layanan Air Traffic Control ServiceFlight Information Service, dan Alerting Service, yang diberikan kepada pesawat yang berada di ruang udara sekitar bandar udara, baik yang sedang melakukan pendekatan maupun yang baru berangkat, terutama bagi penerbangan yang beroperasi terbang instrumen yaitu suatu penerbangan yang mengikuti aturan penerbangan instrumen atau dikenal dengan Instrument Flight Rule (IFR). Unit yang bertanggung jawab memberikan pelayanan ini disebut Approach Control Office (APP).
    • Area Control Service
    Memberikan layanan Air Traffic Control ServiceFlight Information Service, dan Alerting Service, yang diberikan kepada penerbang yang sedang menjelajah (en-route flight) terutama yang termasuk penerbangan terkontrol (controlled flights). Unit yang bertanggung jawab memberikan pelayanan ini disebut Area Control Centre (ACC).
  • Pelayanan Informasi Penerbangan (Flight Information Service)

Flight Information Service adalah pelayanan yang dilakukan dengan memberikan berita dan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk keselamatan, keamanan, dan efisiensi bagi penerbangan.

  • Pelayanan keadaan darurat (alerting service)

Pelayanan keadaan darurat adalah pelayanan yang dilakukan dengan memberitahukan instansi terkait yang tepat, mengenai pesawat udara yang membutuhkan pertolongan search and rescue unit dan membantu instansi tersebut, apabila diperlukan.

Menjadi ATC dan Salary-nya


Seperti yang telah dijelaskan, seorang ATC memiliki tanggung jawab yang besar. Bahkan, sama pentingnya seperti pilot. Bekerja menjadi seorang ATC tidaklah mudah, akan ada rasa jenuh bahkan stress. Namun, seorang ATC telah dilatih untuk mengatasi stress dan juga antisipasi saat stress melanda. Rekan kerja juga berperan penting dalam kejiwaan seorang ATC. Rekan kerja hendaknya membantu seorang yang sedang stress dalam menghadapi situasi traffic tersebut. Jadi admin sarankan tidak perlu khawatir menjadi ATC hehe. Apalagi gaji yang ditawarkan bagi seorang ATC tidak main-main. Bagi yang fresh graduate atau lulusan baru saja sudah mencapai 8 juta rupiah dan bagi senior dapat mencapai lebih dari 33 juta rupiah. Wow, bukan angka yang kecil bukan ?

 

Bagi kalian yang ingin mendengarkan secara live seorang ATC dan Pilot berkomunikasi, silahkan visit www.liveatc.net/

Di sana Anda dapat memilih wilayah dan airport yang diinginkan.

 

Sekian ulasan seputar ATC kali ini, sampai jumpa di postingan selanjutnya. Salam penerbangan.

Tags: #Kerja, #kehidupan, #unik

Unik 2 years ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com