5 Tempat Wisata Strategis dan Mudah di Jangkau di Palembang

Wisata 2 months ago
5 Tempat Wisata Strategis dan Mudah di Jangkau di Palembang

Tidak hanya di daerah Jawa yang memiliki destinasi wisata yang beragam. Di Sumatera bagian Selatan juga memiliki berbagai macam wisata. Mulai dari wisata kuliner, religi, hiburan dan sejarah pun terdapat di kota Palembang. 

Palembang merupakan salah satu kota yang memiliki peninggalan sejarah yang banyak. Sejak pemerintahan Belanda hingga Jepang pun, jejak-jejak sejarah itu masih di rawat dan di budidayakan kepada masyarakat sebagai tempat wisata. Lebih dekat, ayo simak beberapa tempat wisata yang ada di Palembang!

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera adalah sebuah jembatan yang menghubungkan daerah seberang ilir dan seberang ulu. Ampera sendiri memiliki makna yaitu Amanat Penderitaan Rakyat. Jembatan ini juga menjadi lambang kota Palembang.

Pada awalnya, jembatan ini, dinamai Jembatan Bung Karno. Menurut sejarawan Djohan Hanafiah, pemberian nama tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada Presiden RI pertama itu. Bung Karno secara sungguh-sungguh memperjuangkan keinginan warga Palembang, untuk memiliki sebuah jembatan di atas Sungai Musi. Namun setelah terjadi pergolakan politik, jembatan ini pun ditetapkan dengan nama Ampera.

2. Sungai Musi

Sungai musi merupakan sungai terpanjang di Sumatera. Dulunya Sungai Musi merupakan transportasi utama bagi warga Palembang untuk berdagang. Sekarang aktivitas perdagangan sedikit berbeda dari dulu. 

Di pinggiran Sungai Musi terdapat banyak resto dan kapal-kapal kecil yang membuka warung makan di atas perairan Sungai Musi. Dan hala ini menjadi daya tarik wisatawan untuk mencoba merasakan bagaimana sensasi menikmati makanan di atas perairan Sungai Musi.

3. Pulau Kemaro

Pulau ini terletak di tengah atau di bagian Sungai Musi. Pulau ini menjadi salah satu wisata andalan dari Kota Palembang. Disana terdapat kelenteng yang digunakan sebagai tempat sembahyang bagi umat beragama Budha. 

Disana juga terdapat tempat berziarah. Dulunya terdapat seorang Putri Palembang yang menikah dengan Pangeran dari China. Di Pulau ini juga terdapat pohon cinta sebagai lambang kisah cinta antara Putri Palembang dan Pangeran China tersebut.

4. Benteng Kuto Besak (BKB)

Benteng ini terletak tepat di tepi Sungai Musi. Bangunan ini sudah berdiri ratusan tahun lamanya. Dulu Benteng Kuto Besak diproyeksikan akan menjadi tempat hiburan terbuka yang menjual pesona Sungai Musi dan bangunan-bangunan bersejarah lainnya. 

Dan hingga sekarang pun BKB menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi warga untuk dikunjungi. Apalagi pada saat malam hari. Pesona kota Palembang akan terlihat begitu indah saat malam hari dengan pencahayaan yang dimanjakan dari Jembatan Ampera yang tepat berada di atas Sungai Musi.

5. Masjid Agung

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin yang didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I ini memiliki 3 ciri kebudayaan, yaitu Indonesia, Eropa, dan China. Dan masjid ini merupakan peninggalan Sultan. Letak masjid agung ini tepat berada di pusat kota Palembang. Kalian akan menjumpainya saat hendak melalui Jembatan Ampera.

Tags: Palembang, Wisata, Sumatera Selatan

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com