27 Tempat Wisata di Karanganyar yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

27 Tempat Wisata di Karanganyar yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Jika anda tinggal di Jawa Tengah, anda tidak perlu berlibur jauh-jauh. Dengan biaya yang pas-pasan, anda bisa kok mendapatkan kesenangan walaupun tidak berlibur ke luar Jawa. Karena liburan yang paling penting adalah kebersamaan dengan keluarga, teman atau pasangan. Karanganyar bisa menjadi destinasi anda selanjutnya jika anda punya rencana untuk rekreasi.

Di Karanganyar tempat wisatanya tidak kalah bagus dari kabupaten atau kota-kota lain di Pulau Jawa, bahkan obyek wisata alamnya menawarkan pemandangan yang indah dan tiada duanya. Berikut ini daftar-daftar tempat wisata di Karanganyar yang sayang jika anda lewatkan.

1. Candi Sukuh

Obyek wisata pertama di kabupaten Karanganyar yang akan kita bahas adalah sebuah wisata sejarah yang sekarang seperti makin dilupakan karena banyaknya destinasi wisata dengan wahana permainan yang seru. Jadi kita harus mulai lagi melestarikan dan mempromosikan wisata sejarah.
Candi Sukuh di Karanganyar adalah salah satu dari beberapa kompleks candi agama Hindu yang berada di pulau Jawa lebih tepatnya di Karanganyar, Jawa Tengah. Candi ini termasuk sebagai salah satu candi Hindu, karena di sana ditemukan obyek pujaan seperti lingga dan yoni. Pengunjung di sana juga dapat melihat arsiterkur Candi Sukuh yang cukup unik karena bentuknya yang kurang lazim dan karena terdapat penggambaran alat-alat kelamin manusia secara eksplisit pada beberapa figurnya.
Untuk menuju kesana anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada alat transportasi umum yang mengarah ke Candi Sukuh, dengan jarak tempuh 20 km dari pusat kota.
Alamat : Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


2. Grojogan Jurang Jero

Kabupaten Karanganyar memang masih belum sepopuler kabupaten lain di wilayah Jawa Tengah, namun perlu anda ketahui bahwa di sana terdapat beberapa tempat wisata istimewa yang dapat membuat anda terpesona. Salah satunya adalah Grojogan Jurang Jero. Destinasi wisata ini cocok untuk yang suka alam dan wisata bahari.
Grojogan Jurang Jero adalah salah satu wisata alam berupa air terjun yang dimiliki Kabupaten Karanganyar. Nama Jurang Jero sendiri diambil dari nama dukuh yang terdekat dengan tempat ini yaitu dukuh Jurang Jero.
Pengunjung Grojogan Jurang Jero atau Air terjun Jurang Jero saat datang kesana akan disuguhkan dengan panorama air terjun yang indah serta view alam sekitar yang hijau dan rimbun. Hal ini membuat suasana udara di tempat tersebut terasa sejuk dan tentunya pengunjung akan semakin betah.
Alamat : Desa Ndoplang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung, toilet
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 18.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir


3. Sapta Tirta Pablengan

Kabupaten Karanganyar memiliki letak geografis yang dikelilingi oleh pegunungan, hal ini membuat beberapa wilayah di sana masih alami dan berupa hutan-hutan. Bagi anda yang ingin rekreasi tidak ada salahnya untuk datang kesana bersama dengan keluarga atau teman-teman. Salah satu obyek wisata menarik di sana untuk anda adalah Sapta Tirta Pablengan.
Sapta Tirta Pablengan lokasinya sekitar 3 kilometer dari pusat Kota Karanganyar jadi tidak terlalu jauh dan mudah ditempuh. Sesuai dengan namanya, sapta kalau dalam bahasa Indonesia berarti 7(tujuh) tirta (mata air) jadi Sapta Tirta Pablengan adalah sebuah tempat yang mempunyai 7 sumber mata air.
Yang unik dari tempat ini adalah bahwa, Sapta Tirta Pablengan sering dianggap sakral oleh penduduk setempat dan konon katanya memiliki khasiat yang berbeda dari setiap sumber mata airnya.
Letak ketujuh mata air di area ini pun berdekatan. Jarak dari setiap mata air kira-kira 1 – 13 meter. Namun, meski letaknya saling berdekatan, ketujuh mata air di sini memiliki kandungan mineral berbeda-beda.
Alamat : Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


4. Taman Air Mancur Laser

Selanjutnya obyek wisata datang dari pusat kota Karanganyar. Bagi anda yang tinggal di sana ingin merasakan hiburan dan melepaskan penat namun tidak ada waktu untuk berpergian jauh, langsung saja datang ke Taman Air Mancur Laser.
Taman Air Mancur Laser semenjak didirikan menjadi ikon baru di kabupaten Karanganyar. Dengan memadukan atraksi air mancur dan permainan laser digital, tempat ini secara cepat disukai masyarakat.
Namun yang lebih membanggakan wisata air seperti ini baru pertama kalinya ada di Jawa Tengah. Air mancur di sana sudah menggunakan teknologi canggih.
Karena keunikannya, obyek wisata ini menjadi magnet di malam hari di Karanganyar. Maka dari itu, banyak orang yang berbondong-bondong datang kesana.
Alamat : Badran Asri, Cangakan, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


5. Waterboom Tirta Guwo Indah

Anda yang sedang berlibur di Jawa Tengah khususnya di kabupaten Karanganyar bersama keluarga wajib datang ke tempat yang satu ini, yaitu Waterboom Tirta Guwo Indah, dijamin keluarga anda akan puas bersenang-senang di sana.
Obyek wisata ini berlokasi di tengah kampung di kawasan hutan karet jadi anda dapat berenang dengan suasana yang sangat berbeda jika di bandingkan dengan wisata Waterboom pada di tempat lain.
Dengan menempati area yang cukup luas kira-kira sekitar 2 hektar dan mempunyai posisi di lereng bukit, Waterboom Tirta Guwo Indah akan menyuguhkan keunikan tersendiri bagi siapa saja yang datang, dan wisatawan juga semakin betah untuk berenang dan bersantai di sana.
Alamat : Desa Sumberejo, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, kolam renang, wahana permainan air, toilet, kantin, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 15.000/orang


6. Air Terjun Sewawar dan Air Terjun Sedinding Karanganya

Obyek wisata alam di kabupaten Karanganyar memang tidak kalah dari tempat lainnya di Pulau Jawa khususnya Jawa Tengah, seperti yang satu ini, yaitu Air Terjun Sewawar dan Air Terjun Sedinding, di satu lokasi, anda akan dipuaskan dengan 2 air terjun sekaligus.
Destinasi wisata yang sudah dibuka sejak tahun 2015 ini sangat cepat terkenal karena wisatawan yang membicarakan keindahannya di media sosial. Saat akhir pekan atau musim liburan, banyak orang-orang dari berbagai daerah tidak hanya Karanganyar yang berekreasi kesana.
Untuk menuju ke tempat wisata ini anda harus menempuh jarak 25 km dari pusat kota.
Kedua air terjun ini mempunyai ketinggian yang berbeda tinggi Air Terjun Sewawar sekitar 25 meter dengan lebar dasar aliran 15 meter. Dan tinggi Air Terjun Sedinding sekitar 7 meter dengan lebar dasar aliran 2 meter.
Alamat : Dusun Sekarang, Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Karanganyar
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


7. Watu Kandang

Wisata sejarah di kabupaten Karanganyar masih ada lagi dan sayang jika dilewatkan apabila anda sedang berlibur di sana. Melakukan wisata sejarah sendiri tidak hanya bisa mengetahui benda-benda peninggalan jaman dahulu tetapi juga mempelajari lebih lanjut apa yang pernah terjadi di tempat tersebut.
Obyek wisata sejarah Watu Kandang adalah peniggalan jaman Megalithikum atau sekitar 2500 – 1500 SM. Di wisata Situs ini pengunjung dapat melihat tatanan batu-batu alam yang terstruktur dengan teratur. Bebatuan tersebut digunakan sebagai tempat pemujaan kapada alam semesta terutama menyembah gunung-gunung pada zaman lampau.
Lama-kelamaan Watu Kandang akhirnya dibuka untuk tempat wisata sejarah agar dapat menarik banyak wisatawan dari berbagai daerah untuk berkunjung ketempat ini.
Alamat : Dukuh Ngasinan Lor, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar
Fasilitas : Lahan parkir
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 17.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir


8. Museum Manusia Purba Kalster

Bagi anda yang sedang berlibur bersama dengan anak-anak ke kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah, tidak ada salahnya melakukan kegiatan wisata edukasi yang tidak hanya bisa menciptakan pengalaman baru namun menambah pengetahuan juga. Salah satu edu wisata di sana, yaitu Museum Manusia Purba Kalster.
Di tempat ini terdiri dari beberapa bangunan mulai dari ruang diaroma, museum dan ruang audio visual.
Uniknya lagi Museum Manusia Purba Kalster memiliki kontur tanah yang berbeda sesuai tahun terbentuknya tanah. Lalu ada juga Anjungan Notopuro yaitu sebuah anjungan yang berdiri diatas lapisan tanah yang terbentuk 250.000 tahun lalu dan berisi fosil berupa banteng purba.
Lalu untuk Ruang Diorama terletak di paling bawah, area ini berisi mengenai gambaran kehidupan manusia purba jaman dahulu lengkap dengan hewan-hewan yang hidup pada masa itu yang dipamerkan dengan bentuk tiga dimensi juga audio yang bagus, sehingga akan membuat pengunjung serasa dibawa kembali ke jaman peradaban manusia purba.
Alamat : Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar
Fasilitas : Lahan parkir, toilet
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 16.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


9. Telaga Madirda

Selanjutnya kembali ke obyek wisata alam, di kabupaten Karanganyar anda akan disuguhkan dengan beberapa pilihan yang menarik, seperti Telaga Mardida yang dapat anda jadikan alternatif untuk tempat rekreasi bersama dengan keluarga.
Obyek wisata Telaga Mardida sendiri adalah salah satu dari beberapa telaga alami yang terletak di lereng Gunung Lawu. Karena lokasinya yang agak tersembunyi tempat ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.
Sayangnya kebanyakan pengunjung yang datang ke Gunung Lawu hanya mengenal obyek wisata Telaga Sarangan padahal banyak telaga lain di sana. Surga tersembunyi ini sebenarnya mempunyai daya tari pemandangan alam yang tentunya indah dan eksotis, jadi pengunjung dapat bersantai menenangkan diri sembari berfoto-foto dengan latar belakang hutan.
Alamat : Dusun Tlogo, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
Fasilitas : Lahan parkir
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


10. Waduk Lalung

Waduk jaman sekarang tidak seperti dulu karena jika dulu waduk fungsinya hanya sebagai sarana PLTA, irigasi dan pengairan sawah, namun sekarang hampir kebanyakan waduk telah dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Seperti Waduk Lalung yang ada di kabupaten Karanganyar ini.
Waduk Lalung sendiri adalah salah satu waduk buatan di bawah kelola BKSDA Bengawan Solo. Di sana pengunjung akan disuguhkan panorama alam dengan waduk yang sangat luas, di sekitarnya banyak pepohonan sehingga udara tidak terasa terlalu panas. Biasanya tempat ini ramai oleh pengunjung saat menjelang sore hari di mana orang-orang telah pulang dari kantor atau sekolah.
Di sana juga sudah ada beberapa warung jadi anda tidak perlu khawatir merasa lapar saat nongkrong dengan teman.
Alamat : Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar Kota, Kabupaten Karanganyar
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 19.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir


11. Puri Taman Saraswati Karanganyar

Obyek wisata di kabupaten Karanganyar selanjutnya yang akan kita bahas adalah Puri Taman Saraswati. Anda bisa mengajak teman atau keluarga anda untuk mengunjungi tempat ini baik saat akhir pekan atau hari libur.
Puri Taman Saraswati yang diresmikan pada tahun 2007 oleh Bupati Karanganyar dan bupati Gianyar Bali ini adalah bentuk kerjasama antar daerah, karena menurut sejarah ternyata penduduk desa Gumeng dan Gianyar mempunyai garis leluhur yang sama, khususnya bagi penduduk asli dengan agama Hindu Bali.
Anda dapat berkunjung untuk melihat-lihat tempat yang digunakan sebagai tempat pemujaan keagamaan bagi Umat Hindu bersama dengan keluarga. Selain itu tempat ini menjadi obyek wisata karena lokasinya di lereng Gunung Lawu yang sangat indah, dengan ketinggian 1.470 mdpl. Daya tarik utama puri ini adalah keindahan dari Patung Dewi Saraswati, yang sengaja didatangkan dari Gianyar. Menurut kepercayaan umat Hindu, Dewi Saraswati adalah dewi yang berparas cantik, dengan perilaku yang lemah lembut, mengenakan busana nan indah, bersinggasana di atas Padma, kelopak bunga teratai yang diusung oleh sepasang angsa.
Alamat : Dukuh Cetha, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


12. Taman Hutan Raya (Tahura) Karanganyar

Kabupaten Karanganyar yang letak geografisnya ada di lereng gunung membuat tempat ini subur dan kaya akan obyek wisata alam yang pantas untuk lebih dipromosikan seperti contohnya Taman Hutan Raya di kabupaten Karanganyar.
Taman Hutan Raya atau yang biasa disebut Tahura ini sebenarnya mempunyai nama lengkap Taman Hutan Raya K.G.P.A.A.Mangkunagoro I.
Tempat ini dikelola oleh Balai Penelitian Tumbuhan dan Pengelolaan Taman Hutan Raya (BPTP Tahura) dan di sana anda dapat melihat berbagai jenis tumbuhan dan juga alam yang elok. Bagi yang ingin menginap pun disediakan penginapan dan aula yang disewakan.
Selain difungsikan sebagai destinasi wisata, Tahura juga digunakan untuk tempat melakukan penelitian. Berbagai jenis tanaman serta binatang dikembangkan di sekitar Tahura untuk keperluan penelitian.
Alamat : Dusun Sukuh, Desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, area berkemah, vila, kantin
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 20.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


13. Agrowisata Kampung Karet

Kabupaten Karanganyar adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang mempunyai banyak obyek wisata alam dan tempatnya tidak kalah indah dari kabupaten lainnya di Pulau Jawa. Salah satu yang sering didatangi wisatawan baik dari dalam maupun luar kota adalah Agrowisata Kampung Karet.
Tempat yang lokasinya masuk ke dalam area PT Perkebunan Nusantara IX ini adalah sebuah wisata alam sekaligus edukasi yang cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam hutan karet yang luasnya berhektar-hektar dan anda juga bisa leluasa untuk menyusurinya.
Karena banyaknya pepohonan yang tumbuh dengan subur di sana, udara yang tercipta pun terasa segar dan sejuk, bisa langsung membuat semua rasa penat dan stress hilang.
Selain menyusuri hutan karet, di sana anda juga dapat seru-seruan di wahana outbond dengan teman, jogging di track yang telah disediakan atau mempelajari tentang hutan karet lebih jauh.
Alamat : Desa Puntukrejo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, kantin, outbond, jogging track
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 19.00 )
Tiket : Rp. 10.000/orang


14. Air Terjun Parang Ijo

Anda yang suka wisata alam, di kabupaten Karanganyar bisa langsung mengajak keluarga atau kawan-kawan ke Air Terjun Parang Ijo.
Lokasi tempat ini yang ada di lereng Gunung Lawu membuat udara terasa semakin segar dan sejuk. Belum lagi dengan pemandangan disekitar yang akan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di Air Terjun Parang Ijo.
Sesampainya di sana anda dapat menyaksikan sendiri air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 m dengan debit air yang lumayan deras.
Untuk bisa mencapai Air Terjun Parang Ijo dapat ditempuh sekitar 20 menit dari komplek wisata candi Cetho, dan Berjarak sekitar 2 km dari pertigaan Ngloro. Letaknya yang dekat dengan pusat kota ini membuat Air Terjun Parang Ijo ini selalu ramai oleh pengunjung.
Alamat : Jl. Munggur Raya, Mlinggur, Girimulyo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 4.500/orang


15. Candi Kethek

Wisata sejarah di kabupaten Karanganyar memang tidak kalah menarik dari obyek wisata alamnya seperti misalnya di Candi Kethek.
Candi Kethek ini adalah salah satu dari situs bekas bangunan candi yang mempunyai empat teras bertingkat yang menghadap ke arah barat. Masing-masing teras tersebut dihubungkan dengan undakan batu yang tersusun dengan sangat rapi.
Untuk nama obyek wisata alam ini sendiri diambil dari banyaknya monyet (dalam bahasa jawa disebut Kethek) yang dulu banyak menghuni di daerah ini, sehingga penduduk di sana menamai tempat ini Candi Kethek. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung harus berjalan kaki sejauh sekitar 300 m dari tempat wisata lain, yaitu Candi Ceto.
Alamat : Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


16. Wisata Karanganyar Taman Pancasila

Pariwisata di kabupaten Karanganyar semakin hari semakin maju dan di sana juga banyak tempat menarik yang bisa dijadikan alternatif sebagai tempat liburan anda bersama dengan keluarga, contohnya ke Taman Pancasila.
Taman Pancasila sendiri adalah tempat wisata yang dapat dibilang menarik dan lokasinya berada di depan rumah dinas Bupati Karanganyar, tepatnya di sebelah timur kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karanganyar.
Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk menumbuhkan rasa nasionalis pada diri kita, selain itu sangat bagus juga untuk dikenalkan kepada anak-anak kita tentang rasa cinta tanah air. Selain itu lokasinya yang di pusat kota membuat siapa saja mudah mengakses.
Alamat : Jl. Lawu, Dompon, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57711
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


17. Bukit Sekipan

Dengan lokasinya yang berada di lereng Gunung Lawu, kabupaten Karanganyar dihiasi dengan beberapa obyek wisata menarik terutama dengan konsep wisata alam seperti yang satu ini, yaitu Bukit Sekipan.
Dengan keindahan alam yang ditawarkan, tempat wisata yang diresmikan pada Juli tahun 2015 ini cepat menjadi favorit baru di Karanganyar. Tidak heran jika semakin hari banyak wisatawan dari berbagai daerah yang mengunjungi Bukit Sekipan.
Menurut sejarahnya, obyek wisata ini pada jaman dahulu digunakan sebagai tempat untuk latihan militer. Pada masa penjajahan Belanda, kawasan Bukit Sekipan memang sudah terkenal. Dahulu digunakan oleh tentara Belanda untuk tempat latihan militer dalam menghadapi perlawanan para tentara dan juga pejuang Indonesia.
Pengunjung di sana bebas menikmati panorama alam yang cantik atau sekedar berfoto-foto bersama dengan teman.
Alamat : JL. Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, toilet, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 22.00 )
Tiket : Rp. 20.000 - 25.000/orang


18. Air Terjun Jumog

Masih belum puas dengan obyek wisata yang sudah kita bahas di atas? Anda dapat meneruskan perjalanan anda di Karanganyar ke obyek wisata Air Terjun Jumog.
Daya tarik utama destinasi wisata yang berlokasi di lereng Gunung Lawu ini adalah bentuk air terjunnya yang mempunyai aliran berjumlah dua buah, sehingga sering disebut sebagai air terjun kembar. Selain itu debit air yang mengalir dari Air terjun Jumog ini dapat dibilang cukup deras.
Hal ini membuat keindahan Air terjun Jumog Karanganyar layak disamakan dengan air terjun yang sudah dikenal dan menjadi favorit di kabupaten Karanganyar bahkan di Jawa Tengah yaitu Air Terjun Grojogan Sewu.
Rute termudah dengan mengikuti Jalan Raya Tawangmangu dan memasuki kawasan Wisata Alam Tawangmangu.
Alamat : Kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo, penginapan
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 6.000/orang


19. Agrowisata Sondokoro Tasikmadu

Kekayaan alam di kabupaten Karanganyar memang banyak, hal ini karena letaknya yang ada di lereng Gunung Lawu. Wisata alam lain yang bisa dijadikan tujuan rekreasi bersama dengan keluarga adalah Agrowisata Sondokoro Tasikmadu.
Tempat yang sebenarnya adalah sebuah pabrik gula ini sekarang disulap menjadi sebuah Agrowisata yang dapat menarik minat banyak wisatawan untuk datang. Selain menjadi tempat produksi gula, Sondokoro memang dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga yang memiliki nilai sejarah dan pendidikan.
Pengunjung di sana dapat menemukan kolam air mancur kecil dan juga tempat duduk taman, serta hiasan taman lainnya. Anda juga bisa sepuasnya berfoto di sekitar lokasi Agrowisata Sondokoro, atau berfoto dengan latar belakang yang menarik, seperti gerbong lokomotif kereta api. Terkadang ada juga yang menjadikan tempat ini untuk foto prewedding.
Alamat : Jl. Mangkunegara, Bojonegoro, Ngijo, Tasikmadu, Karanganyar, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, kantin, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 17.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


20. Wisata Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Masih dari obyek wisata alam yang tentu tidak ada habisnya di Indonesia, kali ini di kabupaten Karanganyar anda dapat mengajak keluarga atau teman ke Kebun Teh Kemuning. Salah satu obyek wisata favorit di sana ini saat hari libur atau akhir pekan tidak pernah sepi pengunjung, dari anak-anak sampai orang tua.
Pesona alam pegunungan yang masih asri, dan suasana udara sejuk semakin menarik minat para pengunjung untuk berkunjung ke obyek wisata ini. Apalagi jalur yang ditempuh untuk mencapai ke Kebun Teh Kemuning ini searah dengan jalur yang ditempuh apabila wisatawan ingin ke obyek wisata Candi Ceto, Candi Sukuh, dan Air terjun Jumog Karanganyar sehingga sangat menarik sekali untuk dikunjungi.
Panorama alam di tempat ini tidak perlu diragukan lagi keindahannya, hamparan kebun teh nan luas dan hijau akan membuat pikiran anda tenang.
Alamat : Jalan Kemuning, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung, toilet
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 17.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


21. Candi Cetho

Obyek wisata sejarah mungkin masih kalah populer dengan wisata alam atau bahari, di kabupaten Karanganyar ada wisata sejarah yang bisa anda datangi bersama dengan keluarga saat ada waktu luang, yaitu Candi Cetho.
Candi yang lokasinya ada di lereng Gunung Lawu ini memiliki suasana udara sejuk nan segar khas pegunungan, dan keindahan panorama alam khas hutan hujan tropis yang ada di sekeliling candi.
Menurut sejarah, Candi Cetho adalah candi peninggalan kerajaan agama Hindu. Bahkan sampai saat inu di hari-hari tertentu umat Hindu masih melakukan ibadah di candi yang dibangun pada tahun 1451 - 1470 ini. Jadi jangan kaget kalau di beberapa tempat di sekitar Candi Cetho ini terdapat sesajen bekas ritual keagamaan.
Candi Cetho ditemukan oleh arkeolog Belanda bernama Van de Vlies sekitar tahun 1842. Pertama kali ditemukan keadaan candi ini lumayan memprihatinkan, hanya terdapat 14 teras dengan kondisi batuan sudah ditutupi oleh lumut. Pemugaran selanjutnya dilakukan oleh Humardani seorang asisten pribadi Presiden Soeharto pada tahun 1970.
Alamat : Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


22. Air Terjun Grojogan Sewu

Selanjutnya beralih ke obyek wisata yang sudah terkenal sekali di Karanganyar bahkan di Pulau Jawa, yaitu Air Terjun Grojogan Sewu. Karena sudah banyak diketahui oleh wisatawan, di sana saat musim libur atau akhir pekan akan dipenuhi oleh pengunjung dari berbagai kota, bahkan ada yang dari luar negeri.
Di sana anda akan disambut dengan derasnya air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 80 meter, cipratan air terjun ini akan semakin menyegarkan apalagi ditambah udara alami pegunungan yang sejuk. Uniknya jika anda datang saat musim penghujan, akan ada air terjun lain di sekitar Air Terjun Grojogan Sewu. Namun saat musim kemarau, air terjun yang lebih kecil tersebut mengering.
Karena derasnya debit air di sana, tidak disarankan pengunjung untuk berada terlalu dekat dengan air terjun.
Alamat : Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo, penginapan
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 10.000/orang


23. Gunung Sewu

Bagi pecinta alam, keberadaan Gunung Lawu memang bukan hal yang baru, dan sudah banyak wisatawan atau penggemar kegiatan mendaki gunung datang kesana.
Gunung Lawu mempunyai ketinggian 3.265 Mdpl dan memiliki 2 jalur pendakian resmi yang dapat anda tempuh seperti; Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Cemoro Sewu sendiri termasuk ke dalam kabupaten Magetan dan Cemoro Kandang masuk ke dalam kabupaten Karanganyar.
Pendaki atau wisatawan yang datang juga bisa menjumpai warung tertinggi di Jawa bahkan Indonesia namanya warung”Mbok Yem”.
Fakta lain yang memperkuat cerita Gunung Lawu sangat identik dengan cerita mistis dengan kerajaan Majapahit adalah adanya dua peninggalan Candi yang terdapat di sisi barat Gunung Lawu yaitu Candi Cetho dan Candi Sukuh.
Fakta menarik lain yang harus anda tahu saat mendaki gunung ini dan berbuat baik anda akan ditemani oleh burung Jalak dan ini berkaitan dengan semedi sang Raja yang memberikan gelar kepada Wangsa Manggala (Kyai Jalak).
Alamat : Kabupaten Karanganyar
Fasilitas : Lahan parkir, pos, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


24. Jembatan Selfie

Wisata yang selanjutnya di kabupaten Karanganyar ini masih terbilang baru, namun karena konsepnya yang menarik membuat tempat ini cepat populer khususnya di kalangan anak muda di sana.
Jembatan Selfie
Obyek wisata ini sebenarnya dulu bernama sebelumnya bernama Thuk Mangklung Indah (TMI), nama tersebut diberikan oleh masyarakat sekitar, namun seiring berjalannya waktu karena banyaknya wisatawan yang datang dan warga ingin memberi ciri khas terhadap wisata ini agar lebih gampang diingat oleh orang-orang atau para wisatawan dan lebih kekinian sehingga akhirnya tempat wisata ini diberi nama Jembatan Selfie Thuk Mangklung Indah (TMI).
Sesuai namanya tempat ini memiliki beberapa spot foto yang menarik dan tentunya Instagrammable sekali.
Alamat : Dukuh Tempel, Desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


25. Situs Planggatan

Wisata sejarah masih ada yang perlu anda kunjungi di kabupaten Karanganyar, salah satunya adalah Situs Planggatan.
Untuk bisa menuju kesana wisatawan harus menempuh perjalanan menanjak curam dan berkelok-kelok tajam dengan udara yang dingin menyegarkan, suasana khas dataran tinggi. Namun di sepanjang jalan akan nampak view perbukitan yang dihiasi dengan pepohonan cemara, pinus dan hamparan sawah warga nan hijau memanjakan mata. Meskipun begitu anda harus berhati-hati karena terdapat juga jurang yang dalam.
Letak situs ini sendiri ada di dekat pemukiman penduduk yang berupa bukit kecil dengan beberapa pohon besar di puncak bukitnya. Secara keseluruhan luas situs itu sekita 30-50 meter persegi, berada di ketinggian 910 m diatas permukaan laut. Candi Planggatan itu sendiri berupa sebuah bukit dengan beberapa fragmen batuan candi berbentuk persegi yang beberapa diantaranya mempunyai relief-relief.
Alamat : Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


26. Lembah Semilir

Membicarakan wisata alam di kabupaten Karanganyar memang tidak ada habisnya, di sana anda bisa mendapatkan banyak pilihan yang menarik, salah satu contohnya adalah Lembah Semilir.
Destinasi yang ada di bagian barat kaki Gunung Lawu ini juga sering dikunjungi banyak wisatawan baik yang datang rombongan dengan bus atau pribadi.
Spot foto menarik Rumah Hobbit akhir-akhir ini semakin banyak disukai wisatawan maka dari itu Karanganyar juga tidak mau kalah. Lembah Semilir yang awalnya hanya hutan belantara sekarang sudah semakin menarik dengan adanya spot foto Rumah Hobbit dan lainnya, sehingga semakin menarik minat wisatawan lain.
Alamat : Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 4.000/orang


27. Kebun Stroberi

Siapa yang tidak tahu buah stroberi?? Buah yang mempunyai rasa manis dan asam ini banyak yang suka juga apalagi jika diolah dengan bahan lainnya. Di Karanganyar ada Kebun Stroberi yang sayang jika anda lewatkan.
Memasuki area Kebun Stroberi di sana pengunjung akan disambut dengan hamparan tanaman stroberi baik yang sudah matang atau belum. Sebelum masuk ke kebun pengunjung juga dibekali dengan sebuah wadah (cething) dan gunting untuk dipakai memetik buah stroberi. Apabila anda datang pada hari biasa mungkin pengunjungnya tidak banyak, namun obyek wisata ini akan ramai pengunjung pada weekend dan liburan.
Alamat : Desa Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung, toilet
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 3.000/orang

Tags: Jawa Tengah, Liburan

Wisata 4 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com