43 Tempat Wisata di Kendal yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

43 Tempat Wisata di Kendal yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Setelah berhari-hari menjalani pekerjaan atau berkutat dengan masalah sekolah dan urusan lainnya, terkadang kita butuh yang namanya refreshing agar pikiran kita kembali segar dan semua penat hilang. Orang yang banyak stres juga tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu tidak ada salahnya kita merencanakan sebuah liburan yang bisa anda lakukan sendiri, bersama keluarga, pasangan atau teman-teman. Liburan yang mengasyikan pun tidak harus mengeluarkan uang banyak lho. Jika anda berencana pergi ke Jawa Tengah, anda bisa datang ke salah satu kabupaten di sana yang mempunyai banyak keindahan obyek wisata alam, yaitu kabupaten Kendal.

1. Momoh, Jeroan Khas Kendal

Wisata pertama yang akan kita bahas adalah seputar wisata kuliner yang bisa anda lakukan di Kendal karena sebagai salah satu kabupaten di Indonesia, Kendal juga punya banyak makanan khas salah satunya adalah Momoh.
Makanan ini sendiri merupakan masakan berbahan dasar jeroan atau daging sapi yang dibumbui dengan berbagai rempah-rempah pilihan yang dipercaya dapat membangkitkan stamina. Proses memasak dengam bumbu rempah-rempah ini menjadikan jeroan lebih nikmat dan mengurangi kadar kolesterol dalam jeroan tersebut.
Di Kendal anda dapat menemukan pedagang yang menjual Momoh banyak dipinggir jalan. Untuk masalah harga juga tidak terlalu berat di kantong.
Alamat : Jl. Raya Timur Kaliwungu, Pandean, Krajan Kulon, Kaliwungu, Kabupaten Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, toilet
Jam buka : Setiap hari ( Jam 07.00 - 16.30 )
Tiket : -


2. Rica-Rica Mentok

Masih dari wilayah wisata kuliner, selanjutnya anda dapat beralih ke masakan lain khas Kendal yaitu Rica-Rica Mentok yang juga banyak dicari wisatawan saat mereka bertandang ke Kendal.
Jika anda biasa makan bebek, kali ini dari jenis yang berbeda, yaitu mentok atau itik yang dagingnya tidak kalah lezat, bahkan lebih lembut dari bebek.
Rica-Rica Mentok yang satu ini berbeda dengan rica-rica pada umumnya yang dominan memiliki rasa manis, kalau rica-rica mentok Kendal justru menawarkan rasa yang lebih gurih dan pedas di lidah. Jadi jangan sampai melewatkan kuliner yang satu ini jika anda sedang liburan ke kabupaten Kendal.
Alamat : PT. Tossa, Jl. Raya Semarang Kendal km 19 Nolokerto
Fasilitas : Lahan parkir
Jam buka : Setiap hari ( Jam 06.00 - 15.00 )
Tiket : -

3. Sate Bumbon

Anda masih kuat mencoba kuliner yang lain di Kendal, silahkan beralih ke Sate Bumbon. Panganan dengan bahan dasar daging sapi ini mempunyai cita rasa yang gurih, manis, legit sehingga akan membuat siapa saja yang mencicipi ketagihan.
Mungkin sate ini terlihat seperti sate pada umumnya, namun cara memasaknya agak berbeda sebenarnya. Daging sapi terlebih dulu dicacah atau potong kecil-kecil, di balur dengan bumbu sampai meresap sebelum ditusuk dan dibakar. Dengan cara seperti ini bumbu akan bisa terasa sampai ke dalam daging. Saat proses pembakaran pun sate akan terus diolesi bumbu. Bagi anda penggemar sate, kuliner satu ini wajib dicoba.
Alamat : Jl. Kyai Guru Sulaiman, Kauman, Penanggulan, Pegandon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51357
Fasilitas : Lahan parkir
Jam buka : Setiap hari ( Jam 10.00 - 20.00 )
Tiket : -


4. Pantai Moro

Setelah puas berkeliling mencoba masakan khas di kabupaten Kendal, anda bisa mulai petualangan liburan anda dengan mengunjungi tempat yang satu ini, yaitu Pantai Moro.
Daya tarik unik dari Pantai Moro ini terletak pada menara mercusuar yang sudah terkenal di sana. Banyak pengunjung tidak hanya dari dalam namun juga luar kota datang saat akhir pekan atau musim liburan meskipun lokasinya agak jauh dari pusat kota, yaitu sekitar 22 km. Untuk menuju kesana anda harus menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor karena angkutan umum tidak ada yang menuju ke Pantai Moro.
Selain mercusuarnya yang menjulang tinggi menciptakan pemandangan indah dan eksotik, di sekitarnya anda dapat melihat pasir putih terhampar, ombak di lautan yang bergulung-gulung dan panorama bukit batu karang yang dapat anda jadikan sebagai latar belakang foto anda. Dari atas mercusuar sendiri, pengunjung bisa melihat keindahan alam yang begitu indah dipandang mata.
Alamat : Gubugsari, Gempolsewu, Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51354
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 4.000/orang


5. Bukit Lutung

Indonesia memang kaya akan alam dan pemandangan indah, namun sayang masih banyak warga negara sendiri yang tidak menyadari hal tersebut. Seperti di kabupaten Kendal, ternyata obyek wisatanya tidak kalah dari Bali atau Yogyakarta.
Bukit Lutung yang sedang tren di sosial media ini merupakan destinasi wisata yang termasuk ke dalam kawasan Goa Kiskendo dan memang sering didatangi oleh anak muda yang suka berselfie ria atau sekedar nongkrong bersama dengan teman-teman. Untuk bisa mengakses tempat ini, pengunjung perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota Kendal.
Pemandangan di tempat ini tidak perlu dipertanyakan lagi, anda akan disuguhkan dengan indahnya persawahan warga dan juga hutan yang luas. Suasana alam di sana sangat terasa dan membuat udara jadi semakin sejuk dan segar.
Untuk dapat menghasilkan spot selfie yang bagus ataupun menaiki bukit lutung ini, anda harus melewati perjalan menanjak yang cukup curam. Tapi hal itu tak jadi masalah, karena dalam setiap perjalanan anda juga bisa menyaksikan pekebunan warga dan masih banyaknya burung burung yang berkicau ria dan berterbangan.
Alamat : Hutan, Trayu, Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 4.000/orang


6. Pulau Tiban

Kabupaten Kendal di provinsi Jawa Tengah ini ternyata diam-diam menyimpan banyak surga indah yang harus lebih diperkenalkan lagi ke masyarakat banyak agar pariwisata di sana semakin bertambah maju. Salah satu tempat yang tidak asing lagi di sana adalah Pulau Tiban.
Walaupun tergolong agak baru, wisatawan yang penasaran banyak berkunjung ke pulau ini demi ingin mengetahui bagaimana indahnya pemandangan di sana. Agar bisa sampai ke Pulau Tiban, pengunjung harus melakukan perjalanan dengan menggunakan perahu selama kurang lebih 10 menit.
Perjalanan dari Kota Kendal ke Pulau Tiban sepanjang 10 kilometer dapat ditempuh dengan menggunakan motor ataupun mobil sekitar setengah jam dengan rute Kendal ke utara – Pertigaan Balok – Wonosari – Kartikajaya atau Kendal ke barat – Patebon – Wonosari – Kartika Jaya.
Pulau Tiban ini awalnya hanya gundukan pasir yang akhirnya ditanami mangrove oleh Dinas Kelautan dan Lingkungan Hidup kabupaten Kendal. Tidak hanya panoramanya saja yang menarik, di sana juga terdapat pedagang yang menjual makanan khas berbahan baku tepung mangrove atau tancang seperti kerupuk, stik, klepon, dll.
Alamat : Tj. Mulyo, Kartika Jaya, Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51351
Fasilitas : Gazebo, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 07.00 - 17.00 )
Tiket : -


7. Curug Kali Plumbon

Selanjutnya masih dari obyek wisata alam nan indah yang tidak boleh anda lewatkan di kabupaten Kendal adalah Curug Kali Plumbon.
Sesampainya di obyek wisata ini pengunjung akan dimanjakan dengan panorama air terjun atau curug dengan ketinggian mencapai 15 meter yang mengalir dari atas tebing, melewati bebatuan sedimen. Di sekitarnya anda dapat melihat bebatuan kali yang ditumbuhi lumut, membuat panorama semakin eksotik.
Suasana alami masih sangat terasa di Curug Kali. Kebun-kebun warga mengapit curug ini dengan pepohonan yang asri dan rindang, menciptakan udara segar dan sejuk khas pegunungan.
Bagi yang ingin berenang, di antara jeda undakan curug terbentuk sebuah kolam dengan warna kehijauan yang luas dan dalam.
Alamat : Dusun Delessari Desa Kedungboto Kec. Limbangan, Kab. Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


8. Curug Tundo Tigo

Sadarnya masyarakat akan pentingnya kegiatan liburan membuat daerah di Indonesia semakin berlomba untuk memajukan pariwisata di daerah mereka, sama seperti kabupaten Kendal yang tidak kalah sekarang dengan Yogyakarta atau Semarang. Salah satu destinasi wisata yang menarik adalah Curug Tundo Tigo.
Curug Tundo Tigo ini adalah salah satu destinasi wisata di Kendal yang lokasinya agak tersembunyi sehingga masih belum banyak wisatawan yang tahu. Curug yang lokasinya dekat dengan Curug Citroarum ini dapat dijangkau dengan berjalan kaki melewati jalan setapak yang ada di sana. Dengan perjalanan yang tidak jauh, pengunjung akan tiba di Curug Tundo Tigo dalam waktu kurang lebih 15 menit.
Kesan pertama saat sampai di tempat ini adalah tenang dan asri apalagi masih belum banyak wisatawan yang berkunjung. Suara merdu gemericik air dipadu dengan suara burung liar membuat anda seakan dibawa ke surga dunia.
Alamat : Pakis, Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51383
Fasilitas : Lahan parkir
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


9. Curug Citro Arum

Setelah Curug Tundo Tigo di atas, tidak jauh dari sana, hanya sekitar 10 menit perjalanan, anda bisa sampai ke destinasi wisata selanjutnya, yaitu Curug Citroarum.
Curug yang dibuka pada tahun 2015 ini dulunya mempunyai nama Curug Lawe karena bila dilihat dari kejauhan aliran air dari curug ini terlihat seperti untaian benang lembut seperti arti nama Lawe sendiri sampai akhirnya berganti setelah resmi dijadikan obyek wisata. Air terjun ini sendiri mempunyai tinggi sekitar 100 meter dan berlokasi di lereng sebelah barat Gunung Ungaran.
Untuk dapat sampai ke Air Terjun Citroarum, pengunjung harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak. Namun dalam perjalanan ini anda akan ditemani dengan panorama indah alam yang asri di sekitar, hamparan sawah dan kebun milik warga yang membuat suasana menjadi lebih menentramkan.
Alamat : Desa Pakis, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


10. Pantai Karangmalang

Wisata alam adalah salah satu destinasi pariwisata yang masih sering didatangi oleh wisatawan, hal ini tidak mengherankan karena banyak orang suka dengan suasana pantai yang dapat menentramkan hati.
Dengan lokasi yang masih agak susah diakses, belum banyak orang yang datang jadi kondisi obyek wisata ini agak sepi. Untuk menuju ke lokasi bisa melalui Desa Laban atau Desa Karangmalang. Memang sebagian sudah lumayan bagus, bahkan sebagian sudah dibeton. Namun sekitar 1 kilometer menuju pantai, kondisinya seperti jalan setapak yang hanya bisa dilalui sepeda motor.
Pemandangan pantai di sana memang indah dan elok, ombaknya tidak besar jadi pengunjung bisa bermain air di lautnya. Selain itu di sekitar pantai banyak tanaman ketela yang dikenal dengan nama Ketela Kisik. Karena tumbuhnya di pantai, rasa ketela ini berbeda dengan yang lain.
Alamat : Karangmalang Wetan, Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


11. Sentosa Stable

Obyek wisata selanjutnya di kabupaten Kendal yang dapat anda kunjungi bersama keluarga memang sangat menarik, yaitu Sentosa Stable. Bagi anda yang bosan dengan kegiatan liburan yang itu-itu saja, wajib datang ke tempat ini.
Sentosa Stable adalah sebuah tempat perbukitan asri yang menyuguhkan aktifitas menunggang kuda. Hal ini tentunya sangat menarik karena anda bisa merasakan sensasi menunggang kuda di antara alam yang elok dan menawan, seperti perkebunan, persawahan, dan sungai.
Bagi anda yang belum bisa menunggang kuda juga tidak perlu khawatir karena di sana ada sekolah menunggang kuda dengan petugas yang ahli.
Setelah anda puas berkuda, nantinya anda akan disuguhkan oleh hidangan kuliner lezat di resto gazebo di sepanjang tepi sungai dan resto di pendopo joglo lengkap dengan arena bermain anak-anak.
Bagi yang suka berselfie, di sana juga tempat berupa rumah limasan yang sering dijadikan spot berfoto.
Alamat : Dusun Lendoh, Desa Leban, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, restoran, penginapan
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 30.000/orang


12. Desa Wisata Kartika Beach

Berkunjung ke obyek wisata memang terasa mengasyikan apalagi bersama dengan keluarga. Di kabupaten Kendal, anda bisa mengajak mereka ke Desa Wisata Kartika Beach, apalagi jika mereka suka dengan suasana pantai yang asyik.
Desa Wisata Kartika Beach ini adalah salah satu tempat yang saat akhir pekan datang atau hari libur tidak pernah sepi pengunjung, dari anak-anak, muda mudi sampai orang tua suka dengan suasananya. Dan untuk keindahan pantai di sana juga tidak kalah dengan Bali.
Pengunjung akan sangat dimanjakan dengan view dari laut, pasir pantai yang terbentang luas dan juga adanya hutan mangrove yang ditanam pemerintah setempat. Tidak hanya itu saja, di desa wisata ini juga ada Sungai Lingen yang biasanya dimanfaatkan pengunjung sebagai wahana pemancingan, ada pula Pulau Tirang yang sering dijadikan spot snorkeling.
Alamat : ‎Desa Kartika Jaya, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, warung, penginapan, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 07.00 - 20.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang

13. River Walk Boja

Kegiatan liburan sekarang sudah menjadi suatu yang bisa dibilang penting, terlebih dengan beratnya tekanan pekerjaan, sekolah atau yang lain. Maka dari itu sesekali tidak ada salahnya untuk mengajak keluarga besar anda berlibur ke suatu tempat, seperti ke River Walk Boja di Klaten contohnya.
River Walk Boja menawarkan obyek wisata taman hiburan bagi keluarga yang bertemakan air dan restoran. Tempat ini memang sangat family friendly karena di sana ada wahana permainan untuk anak dan wahana permainan air khusus untuk anda disediakan oleh pengelola.
Beberapa wahana permainan di sana yang bisa dicoba adalah mini slide, water canon, jungkat-jungkit dan lingkin bucket yang akan membuat liburan menjadi tambah seru.
Selain berbagai wahana permaian air, masih ada lagi sejumlah hewan rumahan yang bisa anda temui seperti burung, kelinci dan juga kucing. Wahana Bird House Paradise menawarkan wisatawan yang datang untuk berinteraksi langsung dengan burung, anda bisa memberi makan burung, didalam bangunan kapal Bahtera Noah juga pengunjung bisa berinteraksi dengan kucing yang lucu dan kelinci.
Oh iya, harga tiket masuk di sana sudah termasuk es krim gratis dan voucher untuk berbelanja di River Walk Boja.
Alamat : Jl. Veteran, Nagadibolo, Boja, Desa Ngadibolo, Kabupaten Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, restoran, wahana permainan dan hiburan
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 21.00 )
Tiket : Rp. 55.000-60.000/orang


14. Promas Greenland

Masih mau wisata yang unik dan menarik di kabupaten Kendal, anda tinggal melanjutkan perjalanan anda ke obyek wisata Promas Greenland yang juga sering dikunjungi oleh banyak wisatawan tidak hanya dari Jawa Tengah saja namun dari berbagai daerah.
Promas Greenland ini sendiri adalah sebuah obyek wisata yang memiliki beberapa wahana hiburan dan permainan yang tentunya cocok untuk dewasa maupun anak-anak. Di sana anda bisa menemukan kebun binatang mini, kolam pemancingan, taman bunga dan rumah makan lesehan. Tidak hanya itu, Promas Greenland juga dikenal dengan pemandian air panas dan pemandian air dingin, jadi siapapun bebas memilih.
Pemandangan di sana juga indah, di sekitar alamnya terasa asri sehingga udara yang diciptakan jiga sejuk, membuat para wisatawan betah berlama-lama di sana.
Alamat : Nglimut, Gonoharjo, Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51383
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, penginapan, restoran, wahana hiburan dan permainan
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 20.00 )
Tiket : Rp. 30.000/orang


15. Hutan Pinus Nglimut

Bagi kebanyakan wisatawan pasti memilih Semarang atau Yogyakarta sebagai tujuan wisata di Jawa Tengah, namun ternyata kabupaten Kendal juga menyimpan banyak sekali keindahan alam yang sayang jika dilewatkan, salah satunya adalah Hutan Pinus Nglimut.
Hutan Pinus Nglimut adalah salah satu destinasi wisata yang menyajikan indahnya pemandangan alam dan juga perbukitan yang bisa membuat liburan anda semakin menyenangkan. Di sana anda bisa menyusuri hutan pinus dan mengabadikan view dengan kamera anda, selain itu ada juga curug atau air terjun yang siap memanjakan pengunjung yang ingin bermain air atau mandi.
Dengan lokasi yang berada di Pegunungan Ungaran, anda memang harus menempuh perjalanan sedikit ekstra untuk bisa sampai ke obyek wisata ini. Namun perjuangan anda sepadan dengan kesenangan yang akan anda dapatkan.
Alamat : Kelurahan Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


16. Curug Corong 

Masih dari obyek wisata alam yang tidak kalah menariknya dari yang sudah dibahas di atas, selanjutnya anda bisa mengajak keluarga atau teman-teman ke Curug Corong Kendal.
Air terjun atau curug yang lokasinya sama dengan Curug Panglebur Gongso ini mempunyai daya tarik bukan hanya dari segi nama namun juga dari bentuk air terjunnya itu sendiri. Bentuk aliran air curug melebar pada dinding tebing batu berwarna hitam membentuk dua tingkat. Aliran air yang berasal dari tebing terdiri atas dua aliran air yang cukup deras. Kondisi tebing tempat mengalirnya air terjun terjun tidak merata, sehingga sebagian aliran air meluas membentuk seperti benang. Air yang jatuh tidak tertampung seperti halnya curug yang lain, air yang jatuh langsung mengalir ke bawah.
Untuk bisa sampai ke Curug Corong ini setelah anda memarkirkan kendaraan di desa setempat, anda harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalan sempit yang dibangun warga selama kurang lebih 10 menit.
Alamat : Desa Beku, Gondang, Kec. Limbangan, Kab. Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


17. Pemandian Air Panas Nglimut

Berendam di air panas yang berasal dari pegunungan memang sangat menyenangkan, di kabupaten Kendal anda bisa menemukan beberapa tempat pemandian yang dapat dijadikan sebagai alternatif tujuan rekreasi anda bersama keluarga, salah satunya seperti Pemandian Air Panas Nglimut.
Untuk mengakses obyek wisata ini juga tidak sulit, anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 40 menit dari pusat kota. Dan sesampainya di sana, pengunjung akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan pemandian alami yang berlokasi di Pegunungan Ungaran ini.
Di sana terdapat beberapa kolam pemandian yang berisi air panas dengan sumber yang berasal dari Gunung Ungaran. Banyaknya wisatawan yang datang selain ingin menikmati berendam di tengah alam yang indah juga karena konon katanya air di sana bisa menyembuhkan penyakit kulit.
Alamat : Nglimut, Gonoharjo, Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51383
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 3.000/orang


18. Curug Benowo

Kabupaten Kendal yang letaknya berada di kaki Gunung Ungaran ini memang dianugrahi panorama alam yang bisa membuat siapa saja terpesona. Obyek wisata alam di sana juga banyak, seperti salah satu contohnya adalah Curug Benowo.
Daya tarik utama yang unik dari obyek wisata ini adalah air terjunnya memiliki banyaknya cekungan tebing yang begitu tinggi. Kalau dihitung maka total yang ada sekitar 25 buah tebing. Dengan ketinggian air terjun yang mencapai 50 meter, anda bisa merasakan cipratan air saat datang kesana, dan karena debit air yang besar anda tidak disarankan berada terlalu dekat.
Yang unik lainnya di Curug Benowo adalah ada sebuah jembatan yang terbuat dari kayu. Di sisi pinggir jembatan ada kayu bercat warna merah yang mempunyai nama yang cukup unik yaitu jembatan romantis. Di jembatan ini juga sering kali dibuat foto antara sepasang kekasih yang datang ke sini.
Alamat : Dusun Boja, Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 3.000/orang


19. Taman Klorofil

Taman Klorofil Kendal yang sering disebut juga dengan Hutan Klorofil ini merupakan obyek wisata yang masih tergolong baru, namun dengan cepat namanya tersebar dan membuat banyak orang datang kesana.
Di sana pengunjung bisa menikmati pemandangan hutan dan pepohonan yang tumbuh subur dan asri. Beberapa jenis tanaman yang ditanam di antaranya adalah pohon Bendo, Bintaro, Bisbul, Gandaria, dan Menteng.
Menariknya, berbagai tanaman langka yang dilengkapi papan informasi mengenai tanaman tersebut ada di taman ini. Hal itu menjadikan tempat tersebut sebagai tempat yang cocok untuk wisata edukasi anak-anak. Tidak hanya dihiasi dengan tanaman, di sana terdapat pula jogging track dan arena bermain anak.
Alamat : Kersan, Kebondalem, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51318
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo, arena bermain anak
Jam buka : Setiap hari ( Jam 06.00 - 16.00 )
Tiket : Rp. 2.000/orang


20. Curug Jeglong

Destinasi pariwisata di kabupaten Kendal selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah Curug Jeglong yang lokasinya sekitar 40 km dari pusat kota. Jauh memang, namun perjalanan panjang anda akan dibayar oleh sensasi menenangkan yang bisa didapat di sana.
Curug atau air terjun di sana mempunyai aliran air bertingkat dengan batu besar membentuk seluncur air ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan alam. Di bawahnya juga terdapat dua buah kolam, yang satu memiliki kedalaman 2 meter, dan yang satunya 4 meter, tinggal pilih mana yang anda suka.
Alamat : Jeplak, Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo, persewaan pelampung, area berkemah
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 2.000/orang


21. Wisata Kali Blandon

Bila anda ingin datang ke tempat wisata yang sedang tren di Kendal, tempat yang satu ini sangat cocok sekali, yaitu Kali Blandon.
Tempat wisata yang satu ini memang sedang viral di media sosial. Pada awalnya, Kali Bladon sendiri tidak dibuka sebagai obyek wisata, hanya sebagai tempat yang sering dipakai untuk lomba fotografi. Namun karena gambar-gambarnya yang beredar di internet banyak orang atau wisatawan semakin tertarik untuk datang dan melihat langsung pemandangannya yang indah.
Kali Blandon memiliki pemandangan unik karena lokasinya yang ada di tengah sawah ini begitu asri dan alami, sebagaimana pemandangan pedesaan yang begitu tentram, jauh dari bisingnya perkotaan. Di tambah lagi sungai ini juga dikelilingi sawah dan pepohonan yang membuat udara semakin sejuk.
Untuk memanjakan pengunjung, pengelola menyediakan ban karet dan rakit bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi menyusuri Kali Bladon.
Alamat : Krayapan, Purwokerto, Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung, persewaan ban
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 2.000/orang

22. Tubing Genting

Selanjutnya bagi anda yang suka dengan tantangan dan kegiatan yang seru, tinggal datang saja ke Tubing Genting di kabupaten Kendal.
Datang ke tempat ini disarankan untuk beramai-ramai bersama anggota keluarga atau teman-teman agar suasana jadi lebih menyenangkan. Di sana pengunjung dapat mencoba kegiatan yaitu tubing atau susur sungai menggunakan pelampung dari ban. Susur sungai di sana semakin terasa menyenangkan karena anda dikelilingi pemandangan alam yang indah dan alami. Hamparan sawah warga juga pegunungan dari kejauhan terlihat begitu elok dipandang. Kondisi air di Sungai Kedung Wali sendiri masih jernih dengan aliran arus yang deras namun tidak terlalu dalam.
Untuk urusan safety, anda tidak perlu khawatir karena di sana sudah ada petugas professional yang siap mengawasi dan menyediakan peralatan yang sesuai sebelum melakukan susur sungai.
Alamat : Dusun Genting, Kec. Singorojo, Kab. Kendal, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 17.00 )
Tiket : Rp. 60.000/orang


23. Pantai Muara Kencan

Bagi yang ingin menikmati wisata pantai di kabupaten Kendal, anda bisa mengunjungi Pantai Muara yang yang sering didatangi oleh wisatawan dari dalam maupun luar kota.
Obyek wisata dengan garis pantai yang lebar ini memiliki pemandangan sekitar yang indah, pasir pantai yang terasa lembut di kaki bisa anda manfaatkan sebagai tempat untuk bermain voli, piknik atau sekedar berjalan-jalan di sekitar pantai. Air lautnya terlihat berkilauan di bawah sinar matahari dipadu dengan ombak yang tidak seberapa besar berkejaran menciptakan view yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto anda bersama dengan keluarga atau teman-teman.
Di sekitarnya terdapat bukit batu karang yang terlihat eksotik, dan tentunya pepohonan kelapa yang seakan menari saat hembusan angin menerpa.
Untuk menuju kesana juga mudah karena akses jalan yang sudah bagus dan beraspal.
Alamat : Pidodo Kulon, Kec. Cepiring, Kab. Kendal, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


24. Danau Banaran

Bagi yang suka dengan obyek wisata alam, tempat yang satu ini di kabupaten Kendal bisa menjadi alternatif tujuan liburan anda bersama dengan keluarga atau teman-teman.
Obyek wisata Danau Banaran Sarugajah menawarkan daya tarik utama yang berupa kawasan perairan danau dengan air yang bening dan jernih.
Wisatawan yang datang kesana dapat bersantai sembari menikmati pemandangan di sekitar danau yang dihiasi dengan pepohonan juga tanaman lain yang tumbuh subur sehingga membuat udara di sana terasa khas daerah dataran tinggi. Sejuk dan bebas polusi.
Selain itu, bagi yang gemar foto-foto, anda juga bisa bebas mengabadikan pemandangan dan momen seru untuk nantinya diunggah ke berbagai sosial media. Salah satu spot foto paling menarik yang selalu menjadi favorit para pengunjung danau ini ada di tengah – tengah danau. Dengan berpijak ke batu semen yang ada di sana pengunjung dapat berjalan ke tengah-tengah danau dan berfoto untuk mendapatkan hasil seakan-akan anda sedang berjalan di atas air.
Alamat : Kebun Cengkeh, Desa Bringinsari, Kec. Sukorejo, Kab. Kendal, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 07.00 - 17.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir


25. Gua Kiskendo

Wisata alam memang menjadi primadona karena orang-orang suka dengan suasana alam yang menentramkan. Di kabupaten Kendal wisata alam Gua Kiskendo juga dapat menjadi pilihan yang menarik apalagi bagi anda yang suka berpetualang.
Tempat wisata Gua Kiskendo ini menyajikan sensasi perjalanan menelusuri lorong panjang berliku sebuah gua yang berhiaskan stalagtit serta jejak sepenggal kisah Ramayana yang tertinggal di sana.
Bagi yang ingin masuk kesana sangat disarankan untuk menggunakan jasa tour guide yang dapat membantu untuk menjelaskan tentang setiap lorong gua.
Total ada 9 situs pertapaan yang ada di dalam gua, yaitu adalah Pertapaan Tledek, Kusuman, Padasan, Santri Tani, Semelong, Lumbung Kampek, Selumbung, Seterbang, dan Sekandang. Di tengah-tengah Gua Kiskendo, dekat sebuah ruangan yang serupa dengan aula kecil, anda bisa menemukan gentong berisi air. Air yang berasal dari tetesan stalagtit tersebut bisa diminum untuk melepas dahaga setelah menelusuri setiap lorong sejauh sekitar 1 km.
Alamat : Jln. Goa Kiskendo, Sawah / Hutan, Trayu, Singorojo, Kabupaten Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 17.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


26. Kampung Djowo Sekatul

Selanjutnya jika anda masih belum puas dengan obyek wisata yang sudah dibahas di atas, anda tinggal meneruskan perjalanan ke Kampung Jowo Sekatul.
Kampung Jowo Sekatul ini adalah sebuah perkampungan yang mempunyai luas sekitar 12 hektar dan merupakan salah satu wilayah kampung di Pulau Jawa yang masih terdapat banyak bangunan rumah khas Suku Jawa, yaitu joglo.
Dulunya, sebelum dibuka sebagai tempat wisata, kampung ini sudah sering dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah untuk sekedar melihat-lihat atau pun berfoto dengan latar belakang rumah tradisional khas Jawa.
Setelah akhirnya dijadikan obyek wisata, Kampung Djowo Sekatul mulai dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan yang menarik dan patut dicoba, seperti flying fox, kolam renang, dan outbond ground.
Terletak di daerah pedesaan, Kampung Djowo Sekatul juga memiliki pemandangan hamparan sawah yang sangat luas sehingga bisa sangat memanjakan mata. Dari sana pengunjung juga dapat menikmati keindahan Gunung Ungaran dengan jelas.
Alamat : Kec. Limbangan, Kab. Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, restoran, mushola, wahana permainan
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 2.000/orang


27. Puncak Gunung Ungaran

Obyek wisata selanjutnya yang akan kita bahas adalah Puncak Gunung yang tidak kalah menariknya dari tempat wisata lain di kabupaten Kendal. Bagi anda yang suka melakukan kegiatan menantang seperti hiking atau camping pilihan tempat ini pas untuk dikunjungi bersama teman pecinta alam yang lain.
Agar pengunjung atau pendaki bisa sampai ke puncak gunung yang memiliki tinggj 2.050 mdpl ini, ada tiga jalur pendakian yang bisa anda lalui. Ketiga jalur pendakian tersebut adalah jalur pendakian Jimbaran, jalur pendakian Medini dan jalur pendakian Candi Gedung Songo.
Dari ketiga jalur tersebut, jalur yang paling menantang dan jarang dilalui adalah jalur pendakian Medini. Jalur pendakian ini konon katanya sarat akan cerita mistis yang menyeramkan, sehingga banyak pendaki memilih untuk melewati jalur lainnya. Di sepanjang perjalanan anda akan dimanjakan dengan panorama yang indah dan sangat mempesona, view pegunungan juga asrinya hutan di sana akan memberikan pengalaman menarik.
Namun yang perlu diingat, Gunung Ungaran ini termasuk gunung api yang aktif, jadi jangan lupa untuk mengecek keamanan situasinya lebih dulu.
Alamat : Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, pos
Jam buka : 24 jam
Tiket : Rp. 10.000/orang


28. Bukit Watu Lawang

Kegiatan liburan memang sangat mengasyikan apalagi jika dilakukan bersama dengan teman-teman, nah di kabupaten Kendal ada obyek wisata Bukit Batu Lawang yang bisa anda jadikan pilihan untuk tempat rekreasi.
Bukit yang berbentu batu yang menjulang tinggi kelangit ini menjadi pintu gerbang ke sebuah dusun di bawahnya sehingga dusun tersebut dinamakan Dusun Watulawang karena untuk ke dusun itu harus melewati bukit. Menurut penduduk di sekitar, sebenarnya dulu ada 4 bukit batu, namun sekarang tinggal 2 yang masih utuh, yaitu Seloarjuno dan Bligo karena yang lain sudah lapuk.
Pemandangan di bukit ini memang indah dan bisa membuat anda terpesona, apalagi anda dapat melihat view kota Kendal dari ketinggian.
Agar bisa sampai ke puncak Bukit Batu Lawang memang tidak mudah meskipun sudah diberi semacam pegangan dari besi. Pengunjung harus memanjat batu dengan kemiringan 90 derajat, jadi harap berhati-hati.
Alamat : Watu Lawang, Desa Kedungboto, Kec. Limbangan, Kab. Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


29. Desa Wisata Sembrani

Di kabupaten Kendal masih ada desa wisata lain yang wajib anda kunjungi, yaitu Desa Wisata Sembrani. Desa ini sendiri mempunyai nama Sembrani karena daya tarik wisata utama di sana adalah kegiatan seru berkuda dan bertani. Jadi kata “Sembrani” sebenarnya adalah singkatan dari frasa kata “Semangat Berkuda dan Bertani”.
Bagi anda yang ingin pengalaman baru anda dapat mencoba berkuda di area yang telah disediakan, dijamin liburan anda akan terasa semakin seru. Atau anda yang takut dengan kuda, tinggal pilih aktifitas lainnya yaitu belajar bertani atau berkebun. Selain mempunyai nilai edukasi, anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat asri dan alami di sana.
Untuk yang suka berfoto-foto, di sana ada spot bangunan khas Jawa yang sering dipakai sebagai spot foto.
Alamat : Desa Pasigitan, Desa Leban, Kec. Boja, Kab. Kendal, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, cafe, gazebo, area berkebun, toilet, dll
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


30. Sekartama Waterland

Bagi anda yang membawa serta keluarga atau anak-anak berlibur di kabupaten Kendal, anda bisa mengajak mereka ke obyek wisata Sekartama Waterland.
Tempat yang berkonsep wisata air dengan kolam renang yang dibagi untuk anak dan dewasa ini juga mempunyai wahana permainan air yang menarik, dijamin anak-anak anda akan puas bermain di sana.
Salah satu wahana permainan air di tempat ini yang selalu menjadi rebutan pengunjung adalah wahana water slide yang tersedia dalam tiga tingkat ketinggian.
Alamat : Kec. Weleri, tepatnya di Dusun Nawangsari I, Desa Nawangsari, Kab. Kendal, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, gazebo, food court, kamar ganti
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 10.000-15.000/orang


31. Curug Panglebur Gongso

Obyek wisata alam lain di kabupaten Kendal yang tidak hanya mempesona namun memiliki nilai sejarah adalah Curug Penglebur Gongso. Menurut cerita sejarah yang beredar, tempat ini dulunya adalah tempat petapaan Raden Kumbokarno, yaitu salah satu toko pewayangan, adik Raja Alengka Rahwana.
Kabarnya, Raden Kumbara merupakan sosok pemimpin yang sangat nasionalis, alias cinta tanah air. Beliau pernah berperang melawan Raden Rama bukan karena membela raja, melainkan karena kecintaannya pada tanah air yang ditinggalinya.
Selain sejarah yang bisa anda pelajari, tempat ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah dengan air terjunnya yang mempunyai tinggi sekitar 5 meter. Walaupun tidak terlalu tinggi, aliran airnya terlihat indah, bening dan debitnya tidak besar sehingga pengunjung masih memungkinkan untuk mendekat.
Di bawahnya anda bisa menemukan kedung yang lumayan luas namun tidak begitu dalam, jadi anda bisa bermain air atau mandi di sana sepuasnya. Selain itu ada gardu pandang dari bambu yang sering dibuat wisatawan untuk berfoto-foto.
Alamat : Desa Gondang, Kec. Limbangan, Kab. Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung, gardu pandang
Jam buka : Setiap hari ( Jam 07.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 4.000/orang

32. Curug Glawe

Berbicara masalah curug atau air terjun, kabupaten Kendal mempunyai beberapa yang bisa anda jadikan sebagai pilihan untuk tempat rekreasi bersama dengan keluarga, salah satunya adalah Curug Glawe.
Karena letaknya yang agak terpencil di pelosok desa di Kendal, wajar jika belum banyak wisatawan yang datang kesana, akses jalannya sendiri memang masih agak susah, dari tempat memarkirkan kendaraan agar sampai ke air terjunnya, pengunjung harus melewati jalur berliku dan berkelok-kelok yang licin juga saat musim penghujan.
Namun semua perjuangan dan rasa lelah anda seketika akan terbayar saat anda melihat indahnya air terjun yang tidak langsung mengalir jatuh namun perlahan di tebing yang landai. Lingkungan di sekitarnya juga masih sangat alami dan asri, membuat hawanya terasa sejuk.
Alamat : Dusun Kaliereng, Desa Cening, Kec. Singorojo, Kab. Kendal, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


33. Curug Sewu

Tempat lain yang juga sering kali dijadikan tujuan wisata oleh banyak orang di kabupaten Kendal adalah Curug Sewu. Obyek wisata ini namanya memang sudah terkenal tidak hanya di Kendal namun se-Jawa Tengah juga.
Curug atau air terjun yang satu ini mempunyai debit air terbesar di Jawa Tengah, terlebih lagi saat musim penghujan. Maka dari itu tidak disarankan untuk pengunjung berada terlalu dekat, apalagi mandi di sungainya, karena derasnya aliran.
Dengan ketinggian 80 meter, anda bisa menikmati pemandangan curug ini dari jarak yang agak jauh. Suara gemuruh air juga sangat terdengar begitu anda memasuki area Curug Sewu ini. Tingginya minat wisatawan untuk berkunjung ke curug ini bukan hanya karena keindahan air terjunnya saja, melainkan karena akses lokasinya yang mudah untuk dijangkau.
Alamat : Dusun Remboko, Desa Curug Sewu, Kec. Patean, Kab. Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, gazebo, kebun binatang mini, panggung hiburan, cafe
Jam buka : Setiap hari ( Jam 07.00 - 20.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


34. Curug Semawur

Selain di kabupaten Batang, Curug Semawur juga ada di kabupaten Kendal, keduanya sama-sama obyek wisata yang patut untuk dikunjungi.
Untuk Curug Semawur di kabupaten Kendal sendiri lokasinya agak terpencil dan tersembunyi, jauh dari pusat kota ataupun jalan raya. Agar bisa mencapai lokasi, pengunjung harus menempuh jalur dengan berjalan kaki melewati medan yang agak terjal dan licin, terlebih saat musim penghujan. Jadi disarankan harus berhati-hati dan memakai alas kaki yang sesuai.
Daya tarik utama di sana berbeda dengan mayoritas air terjun lainnya yang hanya memiliki satu tingkat aliran, Curug Semawur mempunyai delapan tingkat air terjun.
Masing-masing ketinggian tiap tingkatan berkisar antara 7 sampai dengan 15 meter dengan aliran air yang jernih dan tidak terlalu deras.
Alamat : Dusun Jiwan, Desa Blumah, Kec. Plantungan, Kab. Kendal
Fasilitas : Lahan parkir
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


35. Perkebunan Teh Medini

Bagi anda yang gemar traveling ke tempat yang berbau alam, obyek wisata Perkebunan Teh Medini bisa menjadi alternatif pilihan spot liburan anda selanjutnya. Tempat wisata ini juga sebenarnya tidak banyak yang tahu, kecuali penduduk di sekitar dan para pendaki. Hal ini karena lokasi kebun teh ini yang ada di sebelah utara Gunung Ungaran, di ketinggian yang mencapai 1.500 mdpl.
Kebun Teh Medini ini adalah salah satu jalur yang bisa dilalui para pendaki jika ingin menuju puncak atau sebelum beristirahat di Promasan.
Cukup indah pemandangan yang pengunjung akan dapat, dengan kebun teh yang luas. Sejauh mata memandang, anda bisa menikmati view tamanan teh berjajar satu sama lain yang hijau dan sangat asri. Dengan jalur yang berkelok-kelok juga akan menambah suasana perjalanan menjadi semakin seru. Memang para wisatawan harus sabar dan hati-hati dengan kondisi jalanan, karena jalur ini ditujukan untuk truk pengangkut para ibu yang memetik teh.
Alamat : Desa Ngesrep Balong, Kec. Limbangan, Kab. Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Rp. 2.500-5.000/kendaraan


36. Agrowisata Ngebruk Patean

Siapa yang tidak suka jalan-jalan ke sebuah agrowisata bersama dengan keluarga atau pasangan? Wisata dengan konsep ini memang kebanyakan disukai oleh ibu-ibu karena di sana pengunjung bisa melihat kebun buah atau sayuran yang luas. Di kabupaten Kendal sendiri anda bisa berkunjung ke Agrowisata Ngebruk Patean.
Agrowisata yang berada di lahan seluas 242 hektar ini mempunyai bermacam-macam kebun yang bisa memanjakan pengunjung, mulai dari kebun buah naga, jeruk durian, cengkeh, kelengkeng, rambutan, melon, semangka, jagung, srikaya, dan beraneka ragam tanaman buah lainnya. Tidak hanya bisa menyusuri kebunnya, ada edukasi juga yang akan anda dapatkan dari belajar menanam buah-buahan tersebut.
Selain itu anda bisa membantu pekerja di sana untuk memanen secara langsung.
Alamat : Sidokumpul, Kec. Patean, Kab. Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, gazebo, cafe
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 16.00 )
Tiket : Rp. 3.000-5.000/orang


37. Agrowisata Tirto Arum Baru

Bagi anda yang mengajak serta keluarga besar liburan ke kabupaten Kendal, Agrowisata Tirto Arum Baru dapat menjadi tujuan yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama mereka.
Salah satu kawasan agrowisata yang populer di Kendal ini memang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah terlebih saat akhir pekan atau hari libur. Akses jalan menuju kesana yang mudah ditempuh juga menjadi salah satu alasan mengapa tempat ini ramai oleh pengunjung.
Di sana pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alamnya yang luas dan mempesona, alam hijau terhampar luas, menciptakan udara yang sangat sejuk juga segar. Selain itu anda bisa melakukan beberapa kegiatan seru seperti memancing, mencoba wahana outbond, flying fox dan yang lainnya.
Alamat : Jl. Soekarno – Hatta Km. 2,7 Kendal, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, gazebo, area futsal, wahana outbond, restoran, penginapan, atv
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 6.000/orang


38. Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo

Obyek wisata pemandian alam memang layak menjadi salah satu tempat yang harus anda kunjungi jika sedang berlibur, khususnya di kabupaten Kendal, anda bisa mencoba datang ke Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo.
Pemandian yang satu ini tidak kalah indah dan menarik dari tempat wisata lain di sana, terlebih jika anda suka dengan suasana berendam di tengah alam terbuka.
Sesampainya di sana pengunjung akan menemukan kolam-kolam berisi air dari mata air pegunungan yang terasa sangat segar di kulit terlebih jika anda habis melakukan perjalanan yang panjang.
Di sana tidak hanya kolam renangnya saja yang menjadi daya tarik, namun ada juga taman bunga indah yang biasanya digunakan wisatawan untuk berfoto-foto bersama dengan keluarga, dan arena bermain anak yang cukup luas.
Alamat : Desa Gonoharjo, Kec. Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, toilet, cafe, kamar ganti, arena bermain anak
Jam buka : Setiap hari ( Jam 07.00 - 17.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang

39. Tirta Nusantara

Berkunjung ke obyek wisata memang terasa mengasyikan apalagi bersama dengan keluarga. Di kabupaten Kendal, anda bisa mengajak mereka ke Tirta Nusantara. Obyek wisata dengan konsep kolam ini memang sangat pas jika dikunjungi bersama dengan keluarga khususnya anak-anak anda.
Saat ini, Tirta Nusantara adalah salah satu tempat wisata keluarga yang sangat populer dan digemari di Kendal. Maka dari itu tidak heran jika di hari libur dan akhir pekan tempat ini nyaris tidak pernah sepi pengunjung. Tingginya minat orang-orang untuk berlibur ke Tirta Nusantara tidak terlepas dari fasilitas dan wahana permainannya yang bisa dibilang lengkap.
Beberapa wahana menarik yang bisa pengunjung nikmati di sana adalah, kolam pemancingan, kolam renang, tempat bermain anak, waterpark, dll.
Alamat : Jl. Ngabean No. 104 – 106 Cangkringan, Kec. Boja, Kab. Kendal
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, toilet, arena bermain anak, kolam pemancingan, kolam renang, restoran, dll
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 10.000/orang


40. Pantai Jomblom

Beralih ke obyek wisata pantai, kabupaten Kendal mempunyai beberapa pantai yang dapat menarik perhatian anda, salah satunya adalah Pantai Jomblom.
Di sana pengunjung akan disuguhkan pemandangan khas pantai yang elok dan indah dengan pasirnya yang kecoklatan namun terasa lembut di kaki, ombak yang berkejaran, lalu di sekitar pantai anda juga bisa menemukan pemandangan dari tanaman bakau yang banyak menghiasi lahan.
Panorama di sana semakin indah dan terasa romantis khususnya pada saat sore hari yaitu waktu matahari mulai tenggelam. Akses menuju obyek wisata ini juga tidak sulit, anda hanya perlu mengendarai kendaraan pribadi anda selama kira-kira setengah jam dari pusat kota.
Alamat : Desa Margorejo, Kec. Cepiring, Kab. Kendal, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


41. Pantai Ngebum

Siapa yang tidak suka dengan obyek wisata pantai? Hampir semua orang menyukai suasana pantai yang bisa membuat rasa penat akan hilang, termasuk di kabupaten Kendal, anda wajib datang ke Pantai Ngebum yang satu ini.
Di pantai ini wisatawan bisa menyaksikan pemandangan yang indah seperti, air laut yang berwarna kebiruan, pasir pantai yang terhampar sepanjang garis pantai, dan pepohonan kelapa yang tumbuh di sekitarnya. Panorama di sana akan terasa lebih indah bila anda datang saat sore hari karena view matahari tenggelam bisa membuat anda terpesona.
Alamat : Desa Mororejo, Kec. Kaliwungu, Kab. Kendal, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


42. Pantai Cahaya

Obyek wisata Pantai Cahaya adalah salah satu tempat wisata keluarga terfavorit di kabupaten Kendal. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah wisatawan yang datang ke pantai ini, terutama di hari libur dan akhir pekan.
Untuk urusan wahana hiburan, pantai ini memang tidak ada duanya. Pengunjung bisa menikmati hutan wanawisata, taman rekreasi pantai, waterpark, kebun binatang mini, sampai dengan pentas lumba–lumba di Pantai Cahaya. Selain itu, ada juga beberapa gazebo di pinggir pantai yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai.
Alamat : Desa Sendang Sikucing, Kec. Rowosari, Kab. Kendal, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, cafe, gazebo, waterpark, dll
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


43. Kedung Pengilon

Masih dari obyek wisata alam di kabupaten Kendal, yang terakhir adalah Kedung Pengilon.
Nama Kedung Pengilon sendiri mempunyai arti sebuah kolam besar yang bisa digunakan untuk berkaca, di mana tempat tersebut adalah obyek wisata yang masih belum terlalu terkenal sehingga masih belum banyak wisatawan yang datang kesana. Lokasinya sendiri terletak di tengah hutan, sehingga bisa dipastikan kedung ini mempunyai pemandangan alam yang indah dan alami.
Alamat : Ngrawu, Tunggulsari, Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51371
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir

Tags: Jawa Tengah, Liburan

Wisata 5 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com