29 Tempat Wisata di Kudus yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

29 Tempat Wisata di Kudus yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

29 Tempat Wisata di Kudus  - Setelah berhari-hari menjalani pekerjaan atau berkutat dengan masalah sekolah dan urusan lainnya, terkadang kita butuh yang namanya refreshing agar pikiran kita kembali segar dan semua penat hilang. Orang yang banyak stres juga tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu tidak ada salahnya kita merencanakan sebuah liburan yang bisa anda lakukan sendiri, bersama keluarga, pasangan atau teman-teman. Liburan yang mengasyikan pun tidak harus mengeluarkan uang banyak lho. Jika anda berencana pergi ke Jawa Tengah, anda harus mencoba datang ke kabupaten Kudus yang tidak kalah menarik dari kabupaten lain di Pulau Jawa.

29 Tempat Wisata di Kudus yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

1. Gerbang Kudus Kota Kretek

Obyek wisata pertama di kabupaten Kudus yang akan kita bahas adalah Gerbang Kudus Kota Kretek.
Tempat ini selain menjadi tempat wisata, berfungsi sebagai ikon kota yang melambangkan bahwa Kudus memang merupakan kota kretek. Bangunan yang selesai dibangun pada tahun 2015 dan sampai menghabiskan anggaran 16 milyar ini dibangun persis di sebelah Jembatan Tanggul Angin yang memisahkan Kabupaten Kudus dan Demak.
Gerbang Kudus Kota Kretek dibangun oleh PT Djarum. Bentuknya adalah sebuah replika daun tembakau yang jumlahnya mencapai 100 buah, daun tembakau tersebut dibuat dari bahan baja khusus yang didatangkan dari Australia. Biasanya masyarakat atau anak muda di Kudus main, nongkrong di sekitar gerbang ini saat sore hari, anda juga dapat menikmati pemandangan kota dengan bebas. Di dekat Gerbang Kudus Kota Kretek ada pedagang kaki lima yang menjual makanan khas Kudus yang dapat anda cicipi.
Alamat : Jl. AKBP Agil Kusumadya No.160, Area Sawah/Kebun, Jati Wetan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59346
Fasilitas : Lahan parkir
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


2. Desa Jurang Gebog Kudus

Selanjutnya kita akan beranjak ke obyek wisata lain yang tentunya menarik, dan sangat disarankan untuk datang bersama dengan teman-teman atau keluarga ke Desa Jurang Gebog Kudus di kabupaten Pati.
Lokasi desa ini sendiri ada di aliran Sungai Gelis tepatnya di dekat Bendungan Karanggayam. Di sana lah anda bisa menemukan salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi wisata meskipun untuk menuju ke Desa Jurang Gebog Kudus agak susah dan membutuhkan usaha ekstra.
Pemandangan desa wisata ini bisa membuat siapa saja terpesona, hamparan sawah hijau nan luas terbentang indah, pepohonan atau tanaman lain terlihat subur membuat udara yang berhembus terasa sejuk. Anda bebas berfoto-foto di sana dengan teman-teman.
Selain persawahan di sana ada juga jembatan gantung yang usianya terbilang sangat tua, dan biasanya pengunjung suka berfoto dari atas jembatan.
Alamat : Desa Jurang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 19.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir


3. Desa Wisata Wonosoco

Masih dari obyek wisata dengan konsep desa, kabupaten Kudus punya yang lainnya yang tidak kalah indah dan mempesona, yaitu Desa Wisata Wonosoco.
Untuk bisa menuju ke tempat wisata ini anda hanya perlu berkendara selama sekitar 45 menit dari pusat kota. Sesampainya di sana anda akan menemukan pemandangan indah dan eksotik, sawah-sawah terbentang luas berwarna hijau kecoklatan, daun padi yang menari saat semilir angin menerpa, tidak heran jika suasana desa ini sangat sejuk dan segar, bebas dari polusi perkotaan dan dapat membuat rasa penat pergi seketika. Selain persawahan, ada juga pegunungan kars Kendeng yang membentang dari Timur ke Barat.
Karena namanya desa wisata, di kawasan desa ini anda dapat menemukan beberapa obyek wisata, mulai dari wisata goa, sendang, dan petilasan. Ada juga acara kebudayaan yang disuguhkan oleh masyarakat Wonosoco secara rutin tiap tahun.
Alamat : Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo, penginapan
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


4. Wisata Sendang Jodo Kudus

Kabupaten Kudus yang berada di provinsi Jawa Tengah ini pariwisatanya tidak kalah maju dari kabupaten lain di Pulau Jawa, sudah banyak tempat wisata yang dibangun demi lebih mempromosikan Kudus di mata para wisatawan. Obyek wisata selanjutnya adalah Sendang Jodo.
Agar bisa mengakses tempat ini anda harus melalui jalan yang masih kurang baik, jadi harus banyak sabar, namun segala usaha akan terbayar seketika anda sampai di Sendang Jodo.
Pemandangan di sana memang indah, suasananya tentram dan sepi karena masih belum terlalu banyak pengunjung yang datang. Warna air sendang yang biru dipadu dengan view alam di sekitar yang hijau akan membuat segala penat dan lelah anda hilang seketika. Konon kabarnya bagi yang berkunjung kesana akan cepat dapat jodoh.
Alamat : Desa Purworejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 17.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir

5. Gunung Muria

Berwisata ke gunung memang terkadang terkesan melelahkan karena anda harus mendaki dan juga jarang ada warung atau tempat yang nyaman untuk istirahat. Namun justru di sana kesan asyiknya terasa, segala usaha yang akan kita keluarkan akan terbayar saat anda bisa menikmati pemandangan indah dari puncaknya. Gunung di Kudus yang dapat anda kunjungi adalah Gunung Muria.
Gunung Muria yang mempunyai ketinggian 1.602 Mdpl ini tidak jarang didatangi oleh pecinta alam yang suka kegiatan mendaki atau berkemah. Di puncak Gunung Muria wisatawan juga dapat menemukan banyak spot menarik, seperti di antaranya adalah puncak 29 yang adalah puncak tertinggi, puncak Natas Angina, puncak Argowiloso, puncak Argojembangan, dan puncak Abiyoso.
Suasana dan hawa yang segar dengan view lanskap kota Pati dari ketinggian akan membuat anda betah.
Alamat : Desa Rahtawu, Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, pos, area berkemah
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


6. Air Terjun Kedung Gender

Obyek wisata Air Terjun Kedung Gender yang ada di kabupaten Pati ini adalah tempat yang wajib anda kunjungi bersama dengan keluarga atau pasangan saat anda sedang berada di sana.
Air Terjun Kedung Gender ini keadaan alamnya masih sangat terjaga dan terlihat alami karena letaknya yang agak jauh dari pusat kota dan sedikit tersembunyi. Karena belum banyak wisatawan yang datang, anda bisa menikmati sensasi tenang dan jauh dari kebisingan kota di obyek wisata ini.
Untuk bisa menuju ke Air Terjun Kedung Gender, dari terminal anda ambil arah gembong via Desa Japan. Setelah melewati jembatan sebelum tanjakan lanjut belok kanan, saat sudah menemukan pemukiman penduduk anda akan dipandu warga di sana untuk sampai ke air terjun ini.
Alamat : Dukuh Ceglik, Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus
Fasilitas : Lahan parkir, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 4.000/orang

7. Air Terjun Kalibanteng 

Selanjutnya masih dari obyek wisata alam dengan air terjun indah, di kabupaten Pati anda tinggal meneruskan perjalanan ke obyek wisata Air Terjun Kalibanteng.
Sesampainya di sana pengunjung akan disuguhkan pemandangan air terjun yang mempunyai ketinggian 30 meter dan yang paling menarik dari air terjun di sana yaitu, airnya tidak langsung jatuh ke bawah, melainkan mengalir melalui undakan seperti penampungan air dengan kedalaman 100 cm pada bagian atas dan pada bagian bawah sedalam kira-kira 50 cm. Jadi pengunjung bebas untuk memilih lokasi berenang atau mandi.
Bagi wisatawan yang ingin menuju obyek wisata ini, tidak perlu khawatir karena ada papan petunjuk arah sampai ke lokasi air terjun sehingga akan lebih memudahkan pengunjung yang datang. Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor sampai di dekat area air terjun.
Alamat : Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 18.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir


8. Air Terjun Ternadi

Bagi yang suka dengan wisata air seperti air terjun, di kabupaten Kudus anda akan sangat dimanjakan karena di sana ada beberapa pilihan yang masing-masing memiliki daya tarik tersendiri, seperti Air Terjun Ternadi.
Agar bisa menuju ke obyek wisata ini, pengunjung dapat berangkat dari Alun-Alun Kota Kudus lalu berkendara ke arah utara (ke arah desa Dawe / ke arah Colo), anda akan melewati pasar Dawe, dan dari pasar Dawe ke utara lagi kurang lebih 500 meter, maka anda akan menemukan papan penunjuk arah ke desa Ternadi.
Pemandangan di tempat benar-benar akan membuat segala rasa penat dan stress pergi seketika apalagi anda juga dapat mandi di sungai yang ada di bawah air terjun ini. Air yang berasal dari pegunungan ini rasanya sangat segar.
Alamat : Desa Ternadi, Kecamatan Dawe , Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


9. Puncak 29

Di kabupaten Pati masih banyak obyek wisata yang indah seperti Puncak 29 yang akhir-akhir ini semakin populer terkenal karena banyak dipost oleh orang-orang di sosial media mereka. Puncak 29 ini mempunyai nama lain, seperti Puncak Saptorenggo atau Puncak Songolikur, puncak tertinggi di Gunung Muria yang memiliki ketinggian 1602 meter dpl.
Selain sebagai puncak Gunung Muria yang menarik minat para pecinta alam di berbagai daerah untuk mendakinya, Puncak 29 juga menjadi tempat tujuan bagi para pencari berkah dan pelaku spiritual utamanya pada setiap bulan Suro atau bulan muharam.
Di sana ada dua rute pendakian yang dapat anda tempuh untuk mencapai puncak Songolikur, yaitu :
Melalui pos di dukuh Semliro desa Rahtawu, Gebog.
Melalui Pos di desa Tempur, Keling, Kabupaten Jepara. Wukir Rahtawu adalah sebuah gunung yang terletak berdampingan dengan Gunung Muria.
Alamat : Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, warung, pos pendakian
Jam buka : 24 jam
Tiket : Rp. 4.000/orang


10. The Peak View Waterboom

Anda yang membawa serta keluarga bisa datang ke obyek wisata yang satu ini, yaitu The Peak View Waterboom dan dijamin anda akan mendapatkan berbagai keseruan.
Ketika anda sudah sampai ke dalam obyek wisata ini, anda akan mendapati banyak sekali wahana permainan yang bisa dicoba. Wahana-wahana yang tersedia memang kebanyakan ditujukan untuk anak-anak seperti kolam renang anak arena bermain anak-anak.
Namun jangan khawatir, T Peak View Waterboomter juga masih memiliki wahana permainan yang dapat orang dewasa nikmati seperti, outbond, flying fox, sampai menyusuri dirt track dengan ATV.
Untuk bisa menuju ke tempat ini sangat mudah, anda bisa memanfaatkan alat transportasi umum atau juga memakai kendaraan pribadi anda sendiri.
Alamat : Jl. UMK Utara Gondang Manis, Kayuapu Kulon, Gondangmanis, Bae, Kabupaten Kudus
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, cafe, kamar ganti, mushola
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 19.00 )
Tiket : Rp. 35.000/orang


11. Goa Jepang Colo

Obyek wisata sejarah mungkin masih kalah populer dengan wisata alam atau bahari, di kabupaten Kudus ada wisata sejarah yang bisa anda datangi bersama dengan keluarga saat ada waktu luang, yaitu Goa Jepang Colo. Selain berlibur, dengan melakukan wisata sejarah anda bisa mengingat perjuangan para pahlawan yang gugur di medan perang.
Goa Jepang ini sayangnya masih belum terlalu dikenal sebagai destinasi wisata di Kudus dan jarang sekali ada yang berminat datang kesana. Tempat ini diberi nama Goa Jepang karena goa ini diperkirakan dibuat pada masa penjajahan Jepang.
Bagi anda yang suka dengan petualangan, tempat ini sangat cocok karena di sana medannya yang tidak biasa. Hal ini dikarenakan lokasinya berada di lereng Gunung Muria.
Untuk dapat mencapai tempat ini pengunjung harus berjalan kaki, melewati jalan kecil berliku, terjal, naik turun dan melewati aliran sungai, jadi anda harus sangat hati-hati. Waktu tempuh untuk menuju kesana dibutuhkan sekitar 1,5 jam. Pintu masuk goa ini agak sempit, sementara goanya membentuk lorong yang memanjang sejauh 100 meter dengan lebar sekitar 2 meter.
Alamat : Area Perkebunan, Terban, Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59382
Fasilitas : Lahan parkir
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


12. Air Terjun Rahtawu

Membicarakan wisata alam di kabupaten Kudus memang tidak ada habisnya, di sana anda bisa mendapatkan banyak pilihan yang menarik, salah satu contohnya adalah Air Terjun Rahtawu.
Obyek wisata ini adalah salah satu yang lumayan populer di kabupaten Kudus, dan hal ini juga kenapa banyak wisatawan yang datang saat weekend atau hari libur. Pemandangan alam di Air Terjun Rahtawu memang sangat mempesona, anda akan dimanjakan dengan air terjun yang mengalir di bebatuan, dan jika musim penghujan debit air di sana semakin deras.
Di sekitar air terjun ini dihiasi pepohonan, semak-semak dan tanaman lain yang tumbuh subur, membuat suasana udara di sana semakin sejuk. Bagi yang ingin merasakan segarnya Air Terjun Rahtawu anda dapat mandi atau bermain air di sungainya yang tidak terlalu dalam, namun tetap harus berhati-hati agar tidak terpeleset di bebatuannya.
Alamat : Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


13. Air Terjun Pengantin

Masih dari obyek wisata yang bisa membuat anda basah, yaitu air terjun, di kabupaten Pati masih ada yang harus anda kunjungi baik bersama keluarga atau teman-teman.
Air Terjun Pengantin, dari namanya saja sudah menarik minat orang untuk datang. Lalu kenapa tempat ini dinamakan demikian? Hal ini karena air terjun di sana punya dua sisi aliran air seperti pasangan pengantin.
Suasana obyek wisata ini masih alami namun sepi dari pengunjung karena pamornya masih kalah dengan air terjun lain di kabupaten Pati. Tapi jangan salah, untuk panoramanya, Air Terjun Pengantin tidak kalah indah dengan obyek wisata lain jadi jangan sampai anda lupa untuk mampir.
Suasana yang sepi justru akan membuat liburan anda semakin asyik, karena anda serasa memiliki wisata ini sendiri.
Alamat : Dusun Bakaran, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus
Fasilitas : Lahan parkir, area berkemah
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


14. Menara Pisang

Untuk anda yang sedang mencari tempat wisata hits di kabupaten Pati, maka yang satu ini bisa menjadi pilihan yang pas, yaitu Menara Pisang.
Segera setelah anda masuk, anda dapat melihat sederetan gazebo yang bisa dipakai untuk tempat nongkrong bersama dengan pasangan atau kawan-kawan. Yang lebih menarik lagi di Menara Pisang ini terdapat wahana outbond yang menantang dan area berkemah yang disediakan untuk pengunjung yang ingin bermalam dengan mendirikan tenda, atau yang hanya sekedar ingin foto-foto, pengunjung dapat memanfaatkan banya spot yang indah dan unik untuk dijadikan latar belakang foto agar bisa diunggah ke berbagai sosial media yang anda punya.
Karena menyatu dengan alam, suasana udara di tempat ini lumayan sejuk dengan angin yang semilir-semilir membuat siapapun yang datang semakin betah.
Alamat : Dukuh Watu Lumpang, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, cafe, gazebo, area berkemah, outbond, dll
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 19.00 )
Tiket : Rp. 15.000/orang


15. Situs Pati Ayam

Berwisata sambil belajar memang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama dengan teman atau keluarga. Di kabupaten Pati, anda dapat mengajak anak-anak anda ke wisata edukasi Situs Purbakala Pati Ayam.
Situs Purbakala Pati Ayam yang berlokasi di kaki Gunung Muria ini adalah salah satu situs purbakala terlengkap. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya fosil manusia purba (Homo erectus), fauna vertebrata dan fauna invertabrata. Di sana pengunjung dapat melihat juga alat-alat batu manusia dari hasil budaya manusia purba yang ditemukan dalam satu aeri pelapisan tanah yang tidak terputus sejak minimal satu juta tahun yang lalu.
Alamat : Dukuh Kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


16. Taman Oasis

Untuk anda yang mencari tempat asyik dan menarik untuk nongkrong bersama dengan teman-teman di kabupaten Pati, ada destinasi wisata yang cocok, yaitu Taman Oasis yang sudah menjadi salah satu favorit masyarakat di sana untuk menghabiskan waktu saat akhir pekan.
Obyek wisata yang dimiliki oleh PT. Djarum ini terletak tidak jauh dari pusat kota sehingga anda hanya memerlukan waktu tempuh yang singkat dengan kendaraan bermotor. Di taman tersebut pepohonan serta lingkungnnya benar-benar dirawat dengan baik sehingga selain rindang dan nyaman, taman ini juga selalu bersih, jadi tidak heran jika banyak muda-mudi yang menghabiskan waktu di sana untuk ngobrol di bawah pepohonan atau gazebo sembari berselfie ria.
Alamat : Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung, toilet
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 21.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir


17. Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar

Untuk anda yang menyukai kegiatan di alam terbuka seperti outbond atau camping, anda bisa langsung mengunjungi obyek wisata Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar di kabupaten Pati.
Tempat ini lokasinya berada di area hutan pinus dan hanya berjarak 3 km dari makam Sunan Muria. Di lahan yang luas ini pengunjung dapat melihat pemandangan indah pepohonan pinus yang tumbuh dengan subur dan asri, membuat suasana udara terasa sejuk.
Tempat wisata ini juga cocok sekali sebagai bumi perkemahan karena lokasinya yang berada di ketinggian 600 mdpl dan banyak terdapat pepohonan pinus. Selain bersama keluarga, wahana ini juga pas untuk dijadikan tujuan pelatihan instansi atau organisasi. Tidak hanya kegiatan camping, di sana ada juga wahana outbond yang dapat melatih ketangkasan anda, jadi jangan sampai melewatkannya.
Alamat : Jl. Raya Kudus - Colo, Dersaya, Kajar, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59353
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, gazebo, area berkemah, outbond
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 10.000/orang


18. Gray Canyon

Jika anda sedang bingung memikirkan kemana akan pergi liburan bersama dengan keluarga, anda tinggal datang saja ke kabupaten Kudus karena di sana ada obyek wisata yang sangat menarik yaitu Gray Canyon.
Obyek wisata yang bagus tidak hanya ada di luar negeri, di negeri kita sendiri pun banyak. Gray Canyon yang namanya mirip tempat wisata di Amerika ini adalah penambangan bahan galian C, sebuah kawasan perbukitan.
Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang penasaran dan akhirnya datang ke sana pada akhir pekan hanya untuk berfoto-foto dengan latar belakang tebing-tebing tinggi yang nampak mirip dengan Grand Canyon yang berada di Arizona.
Agar bisa menuju kesana pengunjung hanya disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada alat transportasi yang menuju kesana.
Alamat : Tanjung Rejo, kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


19. Air Tiga Rasa Rejenu

Selanjutnya tempat yang harus anda kunjungi di Kudus adalah Air Tiga Rasa Rejenu.
Air Tiga Rasa Rejenu ini adalah sebuah sendang atau mata air alami yang telah lama dipercaya masyarakat di sana memiliki khasiat unik. Obyek wisata yang berada di kawasan Gunung Muria ini jika dari Makam Sunan Muria anda tinggal berjalan ke arah utara.
Pengunjung di sana akan benar-benar menemukan sumber air yang punya rasa berbeda; (1) Sumber Air yang mempunyai rasa tawar-tawar masam (Jawa : anyep, asem/kecut) yang dipercaya memiliki khasiat dapat mengobati berbagai penyakit; (2) Sumber air kedua rasanya mirip dengan minuman soda yang dipercaya memiliki khasiat dapat menumbuhkan rasa percaya diri dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup; (3) Dan yang terakhir mempunyai rasa mirip minuman keras “tuak / arak” yang dipercaya dapat memperlancar rezeki.
Alamat : Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


20. Desa Wisata Rahtawu

Selanjutnya, anda dapat melanjutkan petualangan di sana dengan mengunjungi obyek wisata Desa Rahtawu yang lokasinya ada di lereng Gunung Muria.
Desa Wisata Rahtawu ini berada di ketinggian 1627 mdpl sehingga membuat suasana udara di sana begitu sejuk dan segar, sangat berbeda dengan perkotaan yang banyak polusi. Di desa tersebut wisatawan juga akan disuguhkan sungai dengan air yang jernih yang bisa anda gunakan untuk mandi dan bermain air sepuasnya. Selain mempunyai panorama alam khas pegunungan yang begitu menraik di kawasan tersebut juga terdapat bangunan-bangunan pertapaan yang dapat anda jelajahi bersama dengan teman-teman.
Yang lebih mengasyikan lagi di desa ini juga ada air terjun yang bernama Air Terjun Rahtawu yang telah kita bahas sebelumnya di atas.
Alamat : Desa Rahtawu, Kecamatan Gebong, Kabupaten Kudus
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo, penginapan
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


21. Masjid Menara Kudus

Kabupaten Kudus selain dikenal dengan Kota Kretek, di sana juga dikenal mempunyai banyak santri dari beberapa pondok pesantren yang ada. Untuk wisata religi yang ikonik, anda tinggal datang ke Masjid Menara Kudus yang sudah terkenal se-Jawa Tengah.
Masjid Menara Kudus adalah salah satu peninggalan sejarah bukti dari proses penyebaran Islam di Pulau Jawa. Masjid ini mempunyai daya tarik yang unik dari desain bangunannya, yang merupakan penggabungan antara Budaya Hindu dan Budaya Islam.
Menurut sejarah, Masjid Menara Kudus didirikan oleh Sunan Kudus atau Ja’far Shodiq ialah putera dari R.Usman Haji yang bergelar dengan Sunan Ngudung di Jipang Panolan.
Masjid Menara Kudus ini terdiri dari 5 buah pintu sebelah kanan, dan 5 buah pintu sebelah kiri. Jendelanya semuanya ada 4 buah. Pintu besar terdiri dari 5 buah, dan tiang besar di dalam masjid yang berasal dari kayu jati ada 8 buah. Namun masjid ini tidak sesuai aslinya, lebih besar dari semula karena pada tahun 1918 telah direnovasi. Di dalamnya ada kolam masjid, kolam yang berbentuk “padasan” tersebut juga termasuk peninggalan jaman purba dan dijadikan sebagai tempat wudhu.
Alamat : Jl. Menara, Pejaten, Kauman, Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59315
Fasilitas : Lahan parkir, toilet
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


22. Museum Kretek Kudus

Melakukan wisata edukasi bersama dengan keluarga bisa menjadi pilihan kegiatan yang asyik saat hari libur atau akhir pekan, seperti di Kudus, anda bisa berkunjung me obyek wisata edukasi Museum Kretek Kudus.
Salah satu museum rokok di Indonesia ini dibangun pada 3 Oktober 1986 atas ide Soepardjo Roestam, gubernur Jawa Tengah saat itu. Gagasan ini dimulai saat beliau berkunjung ke Kudus untuk melihat potensi kontribusi usaha kretek dalam menggerakkan perekonomian daerah. Museum ini akhirnya digunakan untuk menyimpan dokumentasi perkembangan kretek di kabupaten Kudus dan juga Jawa Tengah.
Museum Kretek telah menyimpan sekitar 1.195 koleksi yang berhubungan dengan sejarah kretek. Diantaranya adalah dokumentasi perjalanan para tokoh pendiri pabrik kretek. Selain itu, ada pula bahan dan peralatan tradisional pembuatan kretek, hasil produksi, benda-benda promosi, dan diorama proses pembuatan kretek.
Alamat : Jl. Getas Pejaten No.155, Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59343
Fasilitas : Lahan parkir, toilet
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 16.00 )
Tiket : Rp. 2.000/orang

23. Waterboom Mulia Kudus

Selanjutnya kita beralih ke obyek wisata yang berhubungan dengan air. Siapa yang tidak suka berenang atau bermain, anak-anak anda tentunya suka, nah di kabupaten Kudus anda bisa mengajak mereka ke destinasi wisata yang satu ini, yaitu Waterboom Mulia Kudus.
Waterboom Mulia Kudus saat akhir pekan atau hari libur selalu ramai dengan pengunjung, dari anak-anak sampai orang tua. Di sana pengunjung dapat menikmati beberapa kolam renang dan beberapa wahana permainan seperti water slider, kolam ombak dan juga ember raksasa.
Bagi yang tidak mau berenang, pengunjung juga bisa bersantai bersama keluarga di gazebo yang telah disediakan pihak pengelola sembari menikmati bekal yang dibawa dari rumah.
Alamat : Jl. Raya Kudus - Colo No.KM 12, Lau, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59353
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, cafe, kamar ganti
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 15.000/orang


24. Air Terjun Gonggomino

Kabupaten Kudus memang mempunyai beberapa obyek wisata alam yang tidak kalah bagusnya dari daerah lain di Jawa Tengah, contohnya seperti Air Terjun Gonggomino.
Di obyek wisata ini anda dapat menikmati panorama alam dari pegunungan Muria yang memang sangat memanjakan mata. Udara dan suasana di sana juga cukup segar dan sejuk, membuat wisatawan semakin betah.
Untuk bisa sampai ke Air Terjun Gonggomino, anda harus lebih dulu menyusuri sungai yang terdapat di kawasan ini. Kegiatan petualangan ini tentunya terasa sangat menyenangkan, dan akan membuat suasana liburan menjadi semakin seru.
Panorama lain di wisata air terjun ini adalah adanya view air yang jatuh dari atas perbukitan dan juga dengan pemandangan yang ada di sekitarnya.
Alamat : Colo, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59353
Fasilitas : Lahan parkir, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


25. Air Terjun Montel

Di kawasan kaki Gunung Muria memang banyak dihiasi oleh obyek wisata alam yang indah seperti air terjun yang tersebar di 3 kabupaten yakni, kabupaten Kudus, kabupaten Jepara dan Pati. Salah satu obyek wisata air terjun yang sudah terkenal di lereng Gunung Muria adalah Air Terjun Montel, jadi tidak heran jika banyak wisatawan yang berlibur di sana.
Pemandangan air terjun yang memiliki tinggi sekitar 25 meter tersebut sangat lah indah dan msmpesona dan untuk pengunjung yang kebetulan sedang berada di kawasan Makam Sunan Muria atau obyek wisata Colo hanya butuh kira-kira 30 menit untuk menuju ke Air Terjun Montel.
Alamat : Desa Kajar, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 19.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


26. Air Terjun Watu Gompeng

Selanjutnya masih dari air terjun, anda bisa datang ke Air Terjun Watu Gompeng yang ada di kabupaten Kudus.
Untuk bisa pergi kesana anda hanya perlu berkendara selama 1 jam dari pusat kota. Walaupun tidak terlalu jauh, sayangnya destinasi wisata ini masih belum terlalu banyak pengunjung mungkin dikarenakan jalur yang agak susak, menanjak dan licin untuk dapat sampai ke air terjunnya, terlebih saat musim hujan.
Rasa lelah yang melanda dijamin seketika akan hilang saat anda telah sampai dan melihat keelokan panorama Air Terjun Watu Gompeng. Air yang mengalir dari tebing ini dikelilingi dengan lingkungan alam yang asri juga bebatuan sungai yang dapat anda manfaatkan sebagai spot untuk berfoto-foto. Sungainya yang tidak terlalu dalam juga memungkinkan pengunjung untuk dapat mandi atau bermain air di sana.
Alamat : Kuwukan, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59353
Fasilitas : Lahan parkir
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


27. Waduk Lawang Songo

Obyek wisata Waduk Lawang Songo adalah salah satu peninggalan Belanda di Kudus yang dibangun dari tahun 1908 sampai 1916, namun baru dioperasikan pada tahun 1918. Waduk ini memiliki fungsi utama sebagai sarana irigasi sawah dan pembagi pintu banjir di wilayah sekitar undaan Kudus yang bertujuan melindungi daerah Demak, Kudus dan Grobogan dari banjir saat musim penghujan.
Selain itu, bangunan ini juga di gunakan sebagai jembatan penghubung antara desa Kalirejo dengan desa Wilalung sehingga akses perjalanan kedua desa tersebut semakin mudah dan effisien. Waduk Lawang Songo yang mempunyai nilai sejarah tinggi ini, telah menjadi ikon bagi wisata dan keamanan masyarakat di sana.
Sebenarnya waduk ini terdapat 11 pintu, 2 pintu mengarah ke utara dan 9 pintu mengarah ke timur. Sebenarnya bangunan ini bukan seperti waduk pada umumnya, karena ini hanya seperti bendungan pintu yang bergaya arsitek Belanda.
Tapi penduduk sekitar menyebutnya, Waduk Lawang Songo, yang berarti lawang itu pintu dan songo yang mempunyai arti sembilan.
Alamat : Kalirejo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus
Fasilitas : Lahan parkir, warung, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Rp. 2.000/orang


28. Taman Lampion

Bagi anda yang ingin datang ke wisata kekinian di kabupaten Kudus, anda dapat datang ke wisata malam, yaitu Taman Lampion yang penuh dengan kerlap kerlip lampu hias yang ditata cantik sehingga menarik perhatian para pengunjung.
Taman yang juga mempunyai nama Taman Krida Wisata ini dulu sering dijadikan sebagai tempat berwisata anak-anak SD maupun TK. Di sana anda dapat menemukan patung-patung binatang dan arena bermain anak.
Alamat : Jl. Gor No.103, Wergu Wetan, Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59318
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


29. Kawasan Wisata Colo

Obyek wisata Kawasan Colo ini berada di area kaki Gunung Muria sehingga tidak heran jika di sana pengunjung atau wisatawan dapat menemukan panorama pegunungan yang indah. Alamnya memang sangat terjaga dan alami, pepohonan di sana tumbuh sangat subur sehingga menciptakan suasana harmonis nan sejuk yang bisa membuat pikiran anda bebas dari stress.
Alamat : Desa Colo, Kec. Dawe, Kab. Kudus
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo, penginapan
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


Tags: Jawa Tengah, Liburan

Wisata 5 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com