Pantai Pusong Sangkalan, Pantai Dengan Pulau Kecil Yang Mempesona

Pantai Pusong Sangkalan, Pantai Dengan Pulau Kecil Yang Mempesona

Pantai Pusong Sangkalan Aceh terletak 3 km dari Kota Blangpidie Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat Daya. Pantai Pusong Sangkalan memiliki beberapa kelebihan yang dapat menarik perhatian anda. Kelebihan tersebut adalah mengenai apa yang dapat anda lakukan di tempat wisata ini.

Meskipun tempat wisata pantai mungkin sangat mainstream, namun anda akan berfikir berbeda ketika datang ke pantai Pusong Sangkalan. Pantai Pusong Sangkalan merupakan pantai yang dapat anda jadikan sebagai tempat untuk berselancar. Ini didukung karena di pantai yang indah ini memiliki ombak besar yang aman untuk berselancar.

Pantai Pusong Sangkalan
Pantai Pusong Sangkalan

Anda juga dapat bermain air laut atau sekedar menikmati pemandangan alam yang indah dari pantai Pusong Sangkalan, terutama menikmati ketika sunset, juga bisa menjadi pilihan yang akan memberi kesan tersendiri ketika anda berada di pantai Pusong Sangkal.

Sejarah Pantai Pusong Sangkalan

Pantai Pusong Sangkalan adalah gambaran sebuah pantai sangat indah yang menghiasi bibir daratan di ujung barat pulau Sumatera. Nama Pusong digunakan karena di Samudera Hindia dengan jarak 1 KM dari bibir pantai terdapat “Pusong” (Pulau Gosong).

Sangkalan adalah nama wilayah pemukiman dimana Pantai itu berada. Selain nama tersebut, pantai Pusong Sangkalan dikenal juga dengan nama Pantai Bali. Nama pantai Bali sebenarnya bukan nama yang resmi, menurut penduduk setempat banyak menyebutkan karena keindahan pantai Pusong Sangkalan tidak kalahnya dengan keindahan Pantai di Bali.

Pesona dan Keistimewaan Pantai Pusong Sangkalan

Pantai Pusong Sangkalan berhadapan dengan Samudera Hindia masih sangat asri dan bersih, pasirnya yang bersih dan agak kasar. Ombaknya yang besar sanga menantang untuk bermain selancar. Air lautnya yang biru sangat indah dan membuat mata betah berlama-lama memandang lautan lepas yang tak bertepi itu.

Kebesaran Tuhan semakin dahsyat ketika kita di senja hari menikmati indahnya sunset, mata kita dibuat tak akan lepas menatap matahari yang masuk kedalam air inchi demi inchi. Kalau anda mengunjungi pantai ini dipagi hari jam 6.00 sampai dengan jam 10.00 WIB, anda akan berkesempatan melihat nelayan tradisional yang sedang “Tarek Pukat” (menjaring ikan dengan pukat yang ditarik dari laut ke darat).

Pantai Pusong Sangkalan
Pantai Pusong Sangkalan

Sebuah tontonan yang menarik juga melihat dua kelompok nelayan yang menarik masing-masing ujung pukat ke daratan. Kelompok nelayan yang berjumlah 10 sampai 15 orang ini manarik pukat sambil mengeluarkan suara-suara teriakan kecil dan melantunkan syair-syair yang sangat indah.

Pulau Pusong Sangkalan adalah pulau kecil seluas 1 kilometer persegi yang dulunya hanyalah daratan kecil yang gersang dan dikelilingi hamaparan karang yang sangat indah. Hamparan karang dua kali lebih luas dari daratannya dan bila air sedang surut kita bisa berjalan diatasnya dengan air setinggi lutut.

Menjalajahi hamparan karang yang sangat indah membuat kita bisa melupakan waktu, kita bisa melihat ikan-ikan karang yang beraneka warna dan bentuk, belum lagi kalau kita menyelam, sungguh akan menemukan taman laut yang sangat luas dan indah dan tentunya masih perawan.

Untuk mencapai pulau tersebut saat ini tidak ada angkutan khusus kesana, anda bisa menumpang perahu atau menyewa satu perahu motor sekitar Rp 300.000 /hari. Sayang sekali Pusong Sangkalan, Objek wisata yang sangat indah ini masih belum mendapat perhatian baik dari pengusaha maupun Pemerinatah Daerah setempat.

Bahkan bisa dikatakan tidak pengelolaan dan publikasi sedikitpun dari Pemda ABDYA. Padahal objek wisata ini akan menarik perhatian wisatawan lokal bahkan mancanegara yang tentunya bisa menjadi pendapatan daerah dan juga bisa memperbaiki ekonomi masyarakat setempat.

Kuliner dan Penginapan Pantai Pusong Sangkalan Blangpidie

Karena Pantai Pusong Sangkalan hanya berjarak 3km dari Blangpidie, wisata kuliner anda akan terpuaskan di kota Blangpidie.Menu yang ditawarkan juga variatif mulai dari menu westren sampai menu nusantara yang sudah familier di lidah. Tapi Jika anda tertarik mencicipi menu khas daerah Blangpidie anda bisa mencoba makanan-makanan  seperti:

  • Mi Putih Abdya adalah Mi Putih Abdya ini merupakan wisata kuliner Aceh yang paling populer di daerah ini. Selain menyebutnya dengan mi putih, masyarakat Abdya juga menamakan mi ini dengan mi kocok. berbahan dasar tepung kanji/tapioka ini, kedua mi tersebut dimasukkan ke dalam saringan lalu dikocok ke dalam air mendidih. Setelah mi menjadi lunak, barulah disajikan dengan kuah sop. Tidak lupa juga ditambahkan daging cincang dan acar bawang sebagai topping-nya.
  • Ikan Kerling Alue Jambe, Karena memiliki sungai yang besar dan dalam, di Abdya juga hidup ikan kerling. Ikan ini juga disebut dengan ikan jurung. Nah, bagi penikmat ikan sungai yang terkenal dengan kelezatannya ini, Ezytravelers bisa mengunjungi rumah makan yang terdapat di Alue Jambe, Kecamatan Babahrot.
  • Rujak Irigasi Ie Dikilarujak Aceh yang terbuat dari aneka buah-buahan mengkal seperti pepaya, jambu, mangga, yang dipotong kecil-kecil lalu dicampur dengan gula aren, rasanya sangat lezat.

Penginapan tentu sangat anda butuhkan setelah seharian beraktifitas di Pantai Pusong Sangkalan. Banyak pilihan penginapan di Blangpidie, tergantung fasilitas seperti apa yang anda butuhkan, fasilitas sederhana maupun lengkap.

Atau berapa buget yang anda tetapkan. Berikut rekomendasi penginapan di dekat lokasi Pantai Pusong Sangkalan, dengan rentang harga dari 80.000 – 600.000. Berikut Rekomendasi yang mungkin bisa anda pertimbangkan.

Penginapan Abdya, Di Jl. Letkol BB Jalal Blang Pidie - Telp. +62-85260000050. Penginapan Arena, Di Jl. Kesehatan No. 40 Blangpidie - Telp. +62-659-91537. Hotel / Penginapan Granova, Di Jl. Letkon BB Jalal Padang Baru No. 68 Blang Pidie - Telp. +62-659-92600. Hotel / Penginapan Leuser, Di Jl. At - Taqwa Blang Pidie Blang Pidie - Telp. +62-659-91474.

Tags: Pantai Pusong Sangkalan, Pantai, Aceh

Wisata 5 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com