36 Tempat Wisata di Pati yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

36 Tempat Wisata di Pati yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Siapa yang tidak suka liburan? Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga atau teman-teman dengan mengunjungi obyek wisata yang menarik pasti menjadi kegiatan yang mengasyikan. Apalagi kita bisa terbebas dari penatnya stress di perkotaan dan stress pekerjaan yang menumpuk.

Tidak ada salahnya sekali-kali kita meluangkan waktu untuk menyegarkan pikiran, seperti datang ke Pati contohnya. Di sana anda bisa menemukan beberapa obyek wisata yang menarik dengan panorama yang elok dan indah yang siap memanjakan mata anda.

1. Sego Tewel Tambak Romo

Wisata pertama yang akan kita bahas di kabupaten Pati adalah wisata kuliner. Siapapun pasti suka dengan makanan, apalagi masakan khas daerah lain yang belum pernah anda cicipi. Nah, apabila anda sedang berada di Pati, jangan lupa mencicipi Sego Tewel Tambak Romo yang terlihat sederhana namun punya rasa yang mantab betul.
Kuliner Sego Tewel Tambak Rejo ini penyajiannya memang unik, yaitu diatas piring beralaskan daun jati, diguyur sayur tewel (sayur nangka muda), dan ditambah tempe goreng hangat sebagai lauk pendampingnya.
Walaupun sederhana dan tidak terlalu meriah, tapi kuliner asli Pati yang satu ini begitu diminati oleh wisatawan dari berbagai daerah, jadi anda harus coba juga. Untuk harganya sendiri sangat ramah dikantong, yaitu Rp. 5.000/porsi.
Alamat : Desa Ngerang, Kecamatan Tambak Romo, Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir
Jam buka : Setiap hari ( Jam 06.00 - 16.00 )
Tiket : -


2. Sego Gandul

Melakukan wisata kuliner memang mengasyikan, selain bisa mengetahui banyak makanan khas daerah lain, perut anda akan kenyang. Di kabupaten Pati sendiri ada beberapa kuliner lezat yang sayang jika anda tidak cicipi, seperti contohnya adalah Sego Gandul.
Mendengar namanya yang lucu pasti akan seketika menarik minat orang untuk membeli. Nasi yang terkenal enak ini menawarkan berbagai macam lauk serta rasa kuah yang menjadi pelengkapnya. Dan untuk lauk yang biasa disajikan dalam Sego Gandul ini sendiri di antaranya seperti empal atau ayam goreng.
Tidak heran, nasi ini begitu digemari oleh masyarakat lokal dan siapapun yang pernah mencobanya. Rasanya khas dan unik membuat setiap orang mencicipinya akan langsung jatuh hati. Anda bisa menjumpai dengan mudah penjual nasi gandul ini kalau jalan-jala ke Pati.
Alamat : Jl. Kiai Saleh, Kaborongan, Pati Lor, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59111
Fasilitas : Lahan parkir
Jam buka : Setiap hari ( Jam 07.00 - 20.00 )
Tiket : -


3. Hutan Pinus Pangonan

Selanjutnya kita beralih ke obyek wisata alam yang ada di kabupaten Pati. Tempat di sana tentu tidak kalah menarik dari wisata lain di Jawa Tengah. Seperti contohnya Hutan Pinus Pangonan.
Untuk menuju ke tempat ini, dari pusat kota bisa ditempuh dengan kendaran bermotor kurang lebih sekitar 1,5 jam. Sesampainya di sana udara sejuk dan segar akan menyapa anda karena banyaknya pepohonan pinus yang asri. Bagi yang gemar mengabadikan obyek alam atau hewan liar, tempat ini sangat cocok sekali bagi anda.
Selain pepohonan pinus, pihak Perhutani sebagai pengelola juga menanam kopi agar bisa dikelola oleh warga di sekitar.
Tidak hanya bisa menyusuri hutan, anda dapat juga berkemah di sana, selain itu pengelola juga menyediakan hammock dan rumah pohon untuk spot foto yang menarik.
Karena obyek wisata ini menarik, tidak heran jika banyak wisatawan dari berbagai daerah datang kesana untuk berlibur bersama keluarga.
Alamat : Dukuh Pangonan, Desa Gunungsari, Tlogowungu, Kab. Pati
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, kantin, area berkemah, hammock, dll
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 21.00 )
Tiket : Rp. 10.000/orang


4. Bukit Pandang Duren Sawit

Kabupaten Pati adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang pariwisatanya semakin hari semakin berkembang dan tidak kalah dengan tempat lain di sana. Lokasinya di Pegunungan Muria membuat Pati mempunyai obyek wisata alam yang menarik seperti, Bukit Pandang Duren Sawit.
Obyek wisata yang tergolong baru ini tidak butuh waktu yang lama untuk disukai masyarakat. Hal ini terlihat dari semenjak dibuka hingga sekarang saat hari libur atau akhir pekan, banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang kesana.
Panorama di tempat ini tidak perlu diragukan, anda dapat melihat indahnya view lanskap pegunungan dan kota Pati dari ketinggian. Udada dan suasana di sana juga bisa menyegarkan pikiran. Bukit ini juga mempunyai beberapa spot foto favorit yang Instagrammable, yaitu Spot foto “I Love You” dan spot foto bukit pandangnya.
Alamat : Desa Durensawit, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo, penginapan
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 19.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


5. Air Terjun Grenjengan Sewu

Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya liburan membuat kota-kota berlomba untuk membangun obyek wisata lain yang sekaligus bisa menambah pendapatan daerah. Seperti di kabupaten Pati, anda dapat menemukan banyak obyek wisata alam, salah satunya adalah Air Terjun Grenjengan Sewu.
Obyek wisata ini tempatnya tidak terlalu jauh dari pusat kota, anda kira-kira hanya memerlukan waktu perjalanan sekitar 1 jam saja dengan kendaraan bermotor. Keindahan yang ditawarkan tempat ini bisa membuat siapa saja yang melihat terpesona. Sayangnya tempat ini masih kurang terkenal di Pati karena lokasinya agak tersembunyi jadi untuk wisatawan yang datang juga jarang. Namun hal ini ada bagusnya juga, anda yang berkunjung dapat merasakan ketenangan bersama alam di sekitar tanpa ada gangguan dari orang lain.
Saat musim penghujan debit air di sana semakin deras jadi anda harus berhati-hati.
Alamat : Area Hutan/Perkebunan, Jrahi, Gn. wungkal, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59156
Fasilitas : Lahan parkir
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


6. Hutan Kota Kalidoro

Banyak tempat wisata yang indah di Indonesia anda tidak perlu takut untuk kehabisan tempat berlibur. Di Jawa Tengah atau kabupaten Pati misalnya, anda akan menemukan banyak wisata alam yang sangat menarik dan patut untuk dikunjungi, seperti Hutan Kota Kalidoro.
Bagi anda yang aktifitasnya padat atau sibuk dengan urusan sekolah namun ingin sekedar merilekskan pikiran, anda tidak perlu pergi jauh-jauh, di dekat pusat kota Pati ada Hutan Kota Kalidoro yang bisa anda kunjungi bersama dengan teman. Area hutan kota ini tentunya sangat subur dan rimbun, udaranya lebih sejuk karena banyak pepohonan dan tanaman. Masyarakat lokal biasanya menghabiskan waktu sore mereka di sana sekedar untuk melepaskan penat. Area bermain anak pun juga disediakan jadi anda bisa sambil menemani anak bermain.
Alamat : Jl. Kembang Joyo No.33, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59117
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


7. Haul Sunan Prawoto

Siapa bilang wisata religi tidak menarik? Sekarang sudah banyak wisata religi yang dibuka untuk umum. Anda tidak hanya bisa mengenal lebih jauh agama di Indonesia namun juga mengetahui tokoh-tokoh yang menyebarkan agama di Indonesia.
Meskipun tidak berbeda dari makam para tokoh agama lainnya, di makam tokoh yang mempunyai nama asli Raden Bagus Mukmin ini biasanya dilakukan haul. Dengan demikian makam ini tidak hanya menjadi salah satu tujuan wisata sejarah saja namun juga tempat untuk melaksanakan haul sebagai bagian dari kebudayaan setempat yang ada dari jaman dahulu.
Haul Sunan Prawoto dilaksanakan setiap tahunnya dan biasanya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai wilayah. Bahkan menurut data yang diperoleh, sekitar 15ribu orang datang ke acara haul tersebut.
Alamat : Desa Prawoto, Sukolio, Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir
Jam buka : Setiap tahun
Tiket : -


8. Air Terjun Tretes Tlogowungu

Selanjutnya kita beranjak lagi ke obyek wisata alam. Kabupaten Pati memang diberkati dengan keindahan alam yang tidak kalah dari kota lain di Pulau Jawa. Salah satu tempat yang bisa anda pilih untuk tujuan berekreasi adalah Air Terjun Tretes Tlogowungu.
Obyek wisata ini menyuguhkan panorama yang masih terlihat alami. Air terjun yang berlokasi di kaki Gunung Muria ini memang masih jarang dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang lumayan jauh dari jalan raya.
Meskipun begitu Air Terjun Tretes Tlogowungu menghadirkan view yang sangat elok dan eksotik berupa dua kelompok air terjun kecil di bawah sisi sungai yang diberi nama Tretes lalu air terjun kedua yang diberi nama Jenar dan berada di sebelah atas dengan ukuran lebih besar dari Tretes.
Suasana di sekitar air terjun masih terasa asri dan tampak aliran sungai yang begitu jernih. Bahkan tak jauh dari kawasan air terjun ini juga terdapat hutan pinus yang tampak rindang.
Alamat : Gunungsari, Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59161
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir


9. Air Terjun Selonatah

Bagi kebanyakan wisatawan pasti memilih Semarang atau Yogyakarta sebagai tujuan wisata di Jawa Tengah, namun ternyata kabupaten Pati juga menyimpan banyak sekali keindahan alam yang sayang jika dilewatkan, salah satunya adalah Air Terjun Selonatah yang juga disebut dengan Air Terjun Grudo.
Walaupun dulu sempat sepi pengunjung, sekarang tempat ini sudah semakin dikenal banyak orang.
Untuk dapat menuju ke air terjun ini, wisatawan dapat melewati jalan dengan jalur yang sudah lumayan memadai. Namun untuk bisa sampai di lokasi air terjun, anda harus melakukan perjalanan melalui kebun jagung milik penduduk di sekitar.
Sesampainya di Air Terjun Selonatah, anda akan disambut dengan suara merdu gemercik air yang mengalir dari ketinggian. Namun tidak perlu khawatir karena air terjun ini cukup aman untuk anda bermain air maupun berenang.
Air terjun yang lokasinya agak tersembunyi ini hanya berjarak 35 km saja dari pusat kota.
Alamat : Dukuh Selonatah Desa Gunungpanti Kecamatan Winong Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Rp. 3.000/orang


10. Bumi Perkemahan Regaloh

Jika anda sedang bingung memikirkan kemana akan pergi liburan bersama dengan keluarga, anda tinggal datang saja ke kabupaten Pati karena di sana ada obyek wisata yang sangat menarik yaitu Bumi Perkemahan Regaloh.
Anda yang ingin mengajak anak anda merasakan sensasi bermalam di alam terbuka dengan mendirikan kemah, tempat ini sangat cocok sekali. Pemandangan juga indah, udaranya sejuk dan terdapat banyak pepohonan yang tumbuh dengan subur.
Selain bisa untuk camping, tempat ini juga biasa dipakai untuk anak muda nongkrong. Di sana juga ada wahana outbond, flying fox dan atv yang bisa anda manfaatkan.
Alamat : Regaloh, Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59161
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, toilet, kantin
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 20.00 )
Tiket : Rp. 4.500/orang


11. Vihara Gunung Wungkal

Kabupaten Pati tidak hanya kaya akan obyek wisata alamnya namun juga ada wisata religi menarik yang sayang jika anda lewatkan, salah satu tempat tersebut adalah Vihara Gunung Wungkul atau yang disebut juga dengan nama Vihara Saddaghiri.
Vihara yang termegah di Pati ini lokasinya memang tersembunyi namun wisatawan banyak yang mencarinya, baik untuk beribadah ataupun hanya sekedar ingin melihat-lihat saja.
Vihara Saddhagiri memiliki pesona baik dari arsitektur bangunannya maupun pemandangan di sekelilingnya. Bangunannya terkesan mewah dan berlokasi di dataran tinggi. Uniknya lagi dalam pemilihan lokasi pembangunan Vihara di dataran tinggi ini ada filosofinya.
Mereka mempercayai bahwa dengan dibangunnya Vihara di dataran tinggi akan membawa mereka lebih dekat dengan para dewa dengan suasana kosmos langit yang mudah dijangkau. Sehingga doa-doa yang telah dipanjatkan akan cepat dikabulkan.
Alamat : Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Pati, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


12. Kran Air Raksasa Melayang

Akhir-akhir ini banyak kota yang membangun wisata dengan konsep atau tema semenarik mungkin, hal ini tentu saja dimaksudkan untuk menggaet minat orang-orang yang gemar traveling untuk datang. Di Pati sendiri ada destinasi wisata yang unik, yaitu Kran Air Raksasa Melayang.
Obyek wisata ini sebenarnya adalag ikon baru kota Pati yang berwujud berupa patung kran air berukuran jumbo di taman pinggir jalan, atau tepat berada di sebelah gapura masuk kota. Yang menjadi perhatian adalah posisi kran tersebut yang seolah melayang di udara tanpa penyangga.
Namun bangunan tersebut bukan hasil dari sihir atau hal gaib tetapi karya arsitektur yang memang unik sehingga bisa menipu mata manusia. Rahasianya berada di aliran air yang keluar dari kran. Jika kran tersebut berhenti mengeluarkan air maka akan nampak jelas bahwa aliran air tersebut berfungsi sebagai penyangga kran agar kokoh berdiri. Terbuat dari material semacam pipa transparan sehingga siapa saja akan terkecoh.
Alamat : Jalan Pantura Pati-Kudus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


13. Lorodan Semar

Membicarakan wisata alam di kabupaten Pati memang tidak ada habisnya, di sana anda bisa mendapatkan banyak pilihan yang menarik, salah satu contohnya adalah Lorodan Semar yang dapat anda kunjungi bersama dengan keluarga atau teman-teman.
Lorodan Semar ini adalah obyek wisata alam dengan air terjun yang indah. Anda bisa berangkat dari Kecamatan Kayen menuju jalan raya desa Beketel, nah setelah menempuh perjalanan kurang lebih 10 menit sambil menikmati hijaunya view pegunungan Kendeng anda akan sampai di Lorodan Semar.
Obyek wisata Lorodan Semar ini memiliki air terjun dengan tiga tingkatan, tingkatan pertama diberi nama “Lorotan“, mengingat kontur dasar sungai ini seperti area luas yang miring, sehingga air sungai yang melewatinya seakan menurun menyusuri dasar sungai yang terdiri dari batuan kars yang licin, maka dari itu tempat ini diberi nama Lorodan Semar.
Alamat : Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, gazebo, kantin, kamar ganti
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 10.000/orang


14. Goa Pancur

Jika anda sedang bingung memikirkan kemana akan pergi liburan bersama dengan keluarga, anda tinggal datang saja ke kabupaten Pati karena di sana ada obyek wisata yang sangat menarik yaitu Goa Pancur.
Obyek wisata yang satu ini memang sedang viral di media sosial, tidak heran jika banyak wisatawan yang datang rombongan bersama teman atau keluarga kesana. Hamparan alam yang indah dan eksotik akan menyambut kehadiran anda di sana, lalu yang utama, pengunjung dapat melihat keindahan stalaktit dan stalagmit yang terdapat di perut pegunungan Kendeng ini. Kegiatan susur goa atau jelajah goa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung kesana Goa Pancur. Disarankan anda memakai alas kaki dan membawa senter dari rumah juga.
Gugusan stalaktit dan stalagmit menjadi view yang sangat menarik yang wajib diabadikan sepanjang rute hampir 1 kilometer itu. Bagi yang ingin menyusuri goa juga tidak perlu khawatir. Perahu karet siap mengantar kamu dengan pemandu yang profesional.
Alamat : Kayen, Jimbaran, Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 17.00 )
Tiket : Rp. 3.000/orang


15. Petilasan Kadipaten Patigenuk Kemiri

Kabupaten Pati seakan tidak ada habisnya menghadirkan obyek wisata baik wisata alam maupun religi yang menarik untuk kita. Yang satu ini juga sayang jika anda lewatkan, yaitu Petilasan Kadipaten Patigenuk Kemiri.
Desa Kemiri sendiri adalah awal sejarah terbentuknya kabupaten Pati. Bekas petilasannya dapat anda lihat, yaitu berupa bongkahan bata dan kayu bekas kadipaten, makam Raden Kembangjoyo dan sesepuh lainnya serta sebuah benda wujud Genuk Kemiri yang dibuat dari tanah liat sebagai tempat wudhu Raden Kembangjoyo, semua ini adalah saksi bisu awal dari kabupaten Pati. Lalu ada juga sepasang pohon beringin di bagian depan yang usianya sudah ratusan tahun. Keberadaan Genuk Kemiri patut diyakini jika pengunjung datang dengan hati bersih dengan maksud baik untuk melihat isi dari genuk tersebut ada keyakinan maksudnya terkabul. Jika dalam menengok ke dalam genuk dijumpai airnya penuh maka leinginannya akan terkabul. Banyak pengunjung datang di lokasi tersebut selain hanya mampir melihat bekas kadipaten, banyak diantara mereka melakukan semedi atau berdoa di sekitar makan Raden Kembangjoyo.
Alamat : Dukuh Kemiri, Desa Sarirejo, Kecamatan Pati Kota
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 18.00 )
Tiket : -


16. Pintu Gerbang Majapahit

Obyek wisata di kabupaten Pati selain banyak yang berkonsep alam juga banyak yang berhubungan dengan nilai-nilai sejarah, seperti contohnya adalah Pintu Gerbang Majapahit.
Seperti namanya, anda yang datang berkunjung bisa melihat langsung pintu yang dipercaya merupakan peninggalan putra Sunan Muria pada jaman Majapahit.
Tentunya Pintu Gerbang Majapahit ini bisa menjadi kegiatan wisata edukasi serta sejarah yang dapat menambah pengalaman maupun pengetahuan anda mengenai sejarah di kota Pati. Dengan berkunjung ke obyek wisata ini anda juga bisa belajar tentang legenda Kerajaan Majapahit yang dulu pernah berjaya.
Alamat : Rendole Indah, Muktiharjo, Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 16.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir


17. Desa Wisata Pemancingan Talun

Selanjutnya bagi yang masih belum puas dengan tempat wisata yang telah kami bahas, masih ada lagi yang dapat anda jadikan alternatif tujuan wisata bersama dengan keluarga atau teman-teman, yaitu Desa Wisata Pemancingan Talun.
Untuk anda yang mempunyai hobi memancing, datang ke tempat ini sangat pas sekali. Anda dapat membawa alat pancing dari rumah atau yang tidak mau repot juga bisa menyewa di sana.
Tempat ini biasanya ramai oleh pengunjung saat akhir pekan atau hari libur dan tidak hanya memancing, di sana anda juga bisa melihat-lihat pemandangan yang masih alami dan asri. Di kolam pemancingan, pemilik wisata telah menyiapkan berbagai macam ikan dengan ukuran beragam, ada ikan gurame, bawal, mas, dan lainnya.
Asyiknya lagi di sana ada rumah makan juga, jadi setelah anda mendapatkan ikan bisa langsung diolah.
Alamat : Jalan Desa Wisata, Talun, Kayen, Tambak, Talun, Kayen, Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, gazebo, rumah makan
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 19.00 )
Tiket : -


18. Wisata Industri PT. Dua Kelinci

Anda yang membawa serta keluarga ke kabupaten Pati bisa datang ke obyek wisata yang satu ini, yaitu Wisata Industri PT. Dua Kelinci dan dijamin anda akan mendapatkan berbagai keseruan serta pengalaman baru.
Siapa yang tidak tahu produk kacang merek Dua Kelinci?? Nah untuk anda yang ingin tahu lebih jauh tentang proses produksi berbagai jenis produk camilan dari PT. Dua Kelinci maka silakan datang ke Wisata Industri PT. Dua Kelinci.
Selama ini Pati memang dikenal dengan produk camilan kacangnya yang disukai banyak orang. Tidak heran jika kini anda mengunjungi pabrik pembuatan camilan kacang milik PT. Dua Kelinci agar dapat lebih tahu informasi seputar proses pembuatan produk camilan kacang yang biasanya sering anda konsumsi.
Alamat : Jl. Raya Pati – Kudus No.Km. 6,3, Lumpur, Bumirejo, Margorejo, Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, gazebo
Jam buka : Senin - Jumat ( Jam 08.00 - 17.00 )
Tiket : -


19. Makam Syeh Jangkung Saridin

Kabupaten Pati tidak hanya kaya dengan obyek wisata alamnya yang mempesona, namun di sana juga cocok bagi penggemar wisata religi. Salah satu tujuan wisata religi di sana yang suka didatangi peziarah adalah Makam Syekh Jangkung Saridin.
Menurut cerita, Saridin atau Syekh Jangkung dilahirkan di Desa Landoh Kiringan Tayu. Setelah dewasa beliau berkelana di daerah-daerah Pulau Jawa bahkan sampai di Sumatera untuk menyebarkan Agama Islam. Saat masih hidup beliau mengeluarkan wasiat apabila wafat agar dimakamkan di Desa Landoh, Kayen.
Di komplek Makam Saridin ini sendiri ada beberapa makam, yaitu; Makam Bakul Legen yaitu Prayoguna dan Bakirah. Dan makam istri-istrinya, RA Retno Jinoli dan RA Pandan Arum.
Alamat : Dukuh Landoh, Kayen, Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


20. Makam Syekh Mutamakkin

Masih dari wisata religi di kabupaten Pati, tidak hanya Makam Syekh Jangkung saja yang suka didatangi peziarah dari berbagai daerah, lainnya yaitu Makam Syekh Mutamakkin juga sudah terkenal.
Syekh al-Mutamakkin sendiri adalah seorang ulama besar yang cukup disegani pada abad ke-17 M, baik oleh kalangan ulama maupun keraton Surokarto Hadiningrat karena ilmunya tinggi dan masih mempunyai darah keturunan dari Sultan Hadiwijoyo dari kerajaan Pajang.
Beliau adalah putra Pangeran Benowo II dan dikenal sebagai ulama yang diberi banyak karomah oleh Allah. Beliau mampu berbicara dan bersahabat dengan jin. Juga punya ratusan santri dari kalangan jin dan manusia dipondok pesantren yang diasuhnya.
Saking terkenalnya makam beliau, setiap bulannya jumlah peziarah Makam Syekh Mutamakkin diperkirakan mencapai 500 ribu orang.
Alamat : Desa Kajen, Mergoyoso, Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


21. Air Terjun Tadah Hujan

Kabupaten Pati yang letak geografisnya ada di Pegunungan Muria membuatnya dihiasi oleh banyak obyek wisata alam yang mempesona dan eksotik. Apabila anda kebetulan sedang merencanakan liburan, tidak ada salahnya datang ke Air Terjun Tadah Hujan Pati di sana.
Air Terjun Tadah Hujan Pati adalah satu dari beberapa surga indah yang letaknya tersembunyi di Pati dan belum banyak orang yang mengetahuinya. Meskipun lokasinya yang tidak terlalu terekspose, anda tidak perlu meragukan pemandangan di sana.
Setelah menempuh perjalanan jauh lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalur yang berkelok-kelok serta terjal, pengunjung akan sampai ke obyek wisata ini. Panorama air terjun setinggi 75 meter akan seketika menyambut anda, dan suara derasnya air mengalir dijamin bisa membuat rasa lelah dan penat yang melanda hilang. Pengunjung juga dapat menikmati airnya dengan cara mandi atau sekedar bermain air.
Alamat : Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Pati
Fasilitas : Lahan parkir, area berkemah
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


22. Air Terjun Grenjengan Jolong

Masih dari obyek wisata alam yang indah di kabupaten Pati, anda selanjutnya bisa meneruskan perjalanan langsung ke Air Terjun Grenjengan Jolong.
Untuk menuju ke obyek wisata ini wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota dan lanjut dengan berjalan kaki agar bisa sampai ke Air Terjun Grenjengan Jolong. Pemandangan alam di sana benar-benar asri karena terdapat di daerah pegunungan yang sekitarnya dikelilingi oleh perkebunan kopi. Jadi sudah pasti udara dingin dan sejuk akan memanjakan siapapun yang berkunjung.
Air Terjun Grenjengan Jolong adalah salah satu air terjun indah yang ada di kabupaten Pati. Air terjun ini masuk ke dalam kawasan obyek wisata Kebun Jolong. Lokasinya sendiri ada di bawah Agrowisata Kebun Jolong.
Jika anda hobi mendaki gunung, anda akan menikmati perjalan kesana karena anda bisa menuju lokasi sambil menikmati indahnya alam sekitar.
Jika dibandingkan dengan air terjun lain yang ada di wilayah pati, Air Terjun Grenjengan Jolong sudah terkelola dengan baik. Sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh pengunjung sudah terbangun dengan baik. Meskipun demikian keasrian dan kealamian Air Terjun Jolong masih tetap terjaga.
Alamat : Sitiluhur, Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 3.000/orang


23. Sendang Sani Pati

Bagi traveller yang suka dengan wisata yang ada hubungannya dengan air, di kabupaten Pati ada banyak sekali pilihan, termasuk yang satu ini yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu Sendang Sani Pati.
Daya tarik unik yang membuat banyak wisatawan datang ke tempat ini adalah pengunjung dapat melihat kura-kura atau bulus yang konon katanya merupakanadalahmerupakan jelmaan murid Sunan Bonang yang dikutuk karena terlalu mandi disana. Menurut masyarakat di sana, bulus yang asli peninggalan zaman wali telah meninggal. Sementara itu, kura-kura yang masih ada sekarang diyakini sebagai keturunan asli dan ada yang berkata bahwa yang ada sekarang bukanlah yang asli. Karena itu, apabila penasaran dan ingin tahu, tinggal ajak serta keluarga ke kompleks Sendang Sani.
Hal unik lainnya di obyek wisata ini adalah adanya tongkat peninggalan dari Sunan Bonang masih disimpan di museum yang ada di sana.
Alamat : Tamansari, Kec. Pati, Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, toilet, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 19.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir


24. Goa Wareh

Selanjutnya kita masih akan membahas tentang wisata alam yang ada di kabupaten Pati. Bagi anda yang gemar berpetualang di dalam perut bumi atau goa maka tempat yang satu ini sangat cocok bagi anda.
Goa Wareh adalah salah satu dari beberapa wisata goa yang dapat anda temukan di Pati, goa ini sendiri juga diselimuti beberapa sejarah bahkan juga kisah mistis yang dapat membuat anda semakin penasaran. Untuk dapat menuju ke goa indah yang membentang di sepanjang Pati wilayah selatan ini anda hanya perlu berkendara selama 25 menit dari pusat kota.
Goa Wareh berada di area yang lumayan luas yaitu sekitar 4,5 hektar, dan mempunyai lorong gua menuju arah kiri sepanjang sekitar 100 meter. Daya tarik goa ini yang sangat unik adalah adanya sungai bawah tanah sepanjang 50 meter dengan air yang sangat jernih dan bebas dari polusi air.
Alamat : Kedumulyo, Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


25. Situs Candi Kayen

Obyek wisata sejarah mungkin masih kalah populer dengan wisata alam atau bahari, di kabupaten Pati ada wisata sejarah yang bisa anda datangi bersama dengan keluarga saat ada waktu luang, yaitu Situs Candi Kayen.
Menurut penelitian oleh para arkeolog, bangunan peninggalan sejarah telah ada pada abad ke 8 Masehi. Lokasi Situs Candi Kayen ini ada di tengah persawahan dan dekat dengan Makam Jati Kembar Ki Gede Miyono. Untuk penelitian dan penggalian Situs Candi Kayen ini telah dimulai dari tahun 2011 sampai tahun 2015. Dan sekarang di sekeliling Situs Candi Kayen diberi pagar pembatas untuk melindungi cagar budaya yang memiliki nilai sejarah tersebut.
Alamat : Buloh, Kayen, Sering, Sumbersari, Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 16.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir


26. Kebun Kopi Jolong

Jaman sekarang telah banyak obyek wisata alam baru yang menawarkan pemandangan dan spot-spot foto yang indah. Kabupaten Pati juga tidak mau kalah, di sana anda bisa mengajak keluarga atau pasangan ke Kebun Kopi Jolong.
Kebun Kopi Jolong adalah penghasil kopi terbesar yang ada di kabupaten Pati dan juga sudah terkenal se- Jawa Tengah. Wisata ini sedang populer jadi banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang untuk melihat indahnya berhektar-hektar tanaman kopi di sana serta menikmati udara sejuk khas pegunungan karena berada di kaki Gunung Muria.
Selain anda bebas menyusuri kebun kopi, anda dapat belajar tentang cara menanam kopi sampai cara memanen kopi yang sudah masak.
Alamat : Gembong, Jollong, Sitiluhur, Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung, toilet
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 17.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


27. Klating Pucakwangi

Obyek wisata alam di kabupaten Pati semakin hari tidak kalah dari tempat lain yang ada di Jawa Tengah bahkan Pulau Jawa. Di sana anda dapat menjadikan Klating Pucakwangi sebagai alternatif tujuan untuk rekreasi.
Klating Pucakwangi ini adalah salah satu obyek wisata yang lokasinya agak jauh dari pusat kota dan termasuk tersembunyi. Karena masih jarang tersentuh tangan manusia, keadaan lingkungan di tempat ini masih terjaga kealamiannya.
Sesampainya di Klating Pucakwangi, pengunjung akan disuguhkan panorama indah air terjun bertingkat yang mengalir di sepanjang tebing batu. Di sekitarnya terdapat bebatuan kali yang ditumbuhi lumut sehingga terlihat sangat eksotik. Pepohonan di sana juga tumbuh subur sehingga membuat suasana udara terasa sejuk dan segar, dijamin anda akan betah berlama-lama bermain air atau berfoto-foto dengan latar belakang air terjun di sana.
Alamat : Desa Mojoagung Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, warung, area berkemah
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


28. Juwana Water Fantasy

Bagi anda yang mengajak serta keluarga besar untuk liburan di kabupaten Pati, anda harus mengajak mereka ke obyek wisata bahari yang menyenangkan satu ini, yaitu Juwana Water Fantasy.
Akses menuju ke tempat ini begitu mudah. Karena terletak di depan jalan pantura. Lebih tepatnya berada di jalan Juwana – Rembang Km 8. Jadi, bagi para wisatawan yang berasal dari Jakarta atau dari Surabaya tidak perlu sulit-sulit mencari lokasinya.
Daya tarik utama yang unik di sana adalah bentuk bangunan Juwana Water Fantasy diambil dari Tembok Benteng di Eropa sehingga menghasilkan desain bangunan yang indah dan megah berbeda dengan wisata waterboom lainnya.
Di sana disediakan kolam renang tidak hanya untuk anak-anak saja namun juga untuk dewasa dan yang paling asyik, ada 35 wahana hiburan yang siap membuat liburan anda terasa seru, termasuk lapangan futsal.
Alamat : Jl. Juwana Rembang KM 7, Batangan, Bumimulyo, Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, kamar ganti, food court, gazebo, lapangan futsal, dll
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 45.000 - 50.000/orang


29. Pati Night Carnival

Pati Night Carnival adalah salah satu pilihan wisata di sana yang secara rutin diselenggarakan sebagai acara tahunan di Kabupaten Pati. Acara ini adalah wisata malam dengan konsep atau tema yang setiap tahunnya pasti berbeda.
Biasanya para peserta Pati Night Carnival yang berpartisipasi akan mengenakan kostum unik dan menarik perhatian wisatawan. Bahkan berbagai jenis kostum juga dipamerkan sembari mereka melakukan atraksi teatrikal atau sebuah tarian. Acara tahunan ini dijamin akan sangat menghibur masyarakat maupun wisatawan yang hadir sehingga tidak heran bila Pati Night Carnival ini selalu dinantikan setiap tahunnya.
Alamat : Jalan besar kabupaten Pati
Fasilitas : -
Jam buka : Setiap tahun
Tiket : -


30. Waduk Seloromo

Jika anda sedang bingung memikirkan kemana akan pergi liburan bersama dengan keluarga, anda tinggal datang saja ke kabupaten Pati karena di sana ada obyek wisata yang sangat menarik yaitu Waduk Seloromo.
Waduk Seloromo adalah waduk yang terbesar di kabupaten Pati dengan debit air mencapai 9 juta kubik meter persegi. Selain sebagai sumber PLTA dan juga irigasi di sana, waduk ini juga telah menjadi obyek wisata yang sering didatangi pengunjung dari berbagai daerah tidak hanya Pati saja.
Cerita dan asal-usul serta sejarah Waduk Seloromo Gembon, dari keinginan Pemerintah Kolonial zaman Belanda yang ingin membangun bendungan air yang berfungsi sebagai pengairan. Kemudian, bangsa Belanda pada waktu itu menduduki Nusantara, bumi Pati membuat waduk tahun sekitar 1930. Banyak yang tidak percaya bahwa Belanda yang membangun waduk dari nol.
Alamat : Desa Gembong, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


31. Waduk Gunung Rowo

Jaman sekarang waduk tidak lagi hanya memiliki fungsi sebagai sarana irigasi warga atau sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air, sudah banyak waduk yang dibuka untuk umum dan dijadikan obyek wisata seperti Waduk Gunung Rowo Pati.
Waduk Gunung Rowo Pati adalah termasuk juga sebagai salah satu peninggalan sejarah karena telah ada dari jaman penjajahan Belanda, namun sampai saat ini masih terawat dengan baik. Biasanya masyarakat atau wisatawan di sana datang pada saat menjelang sore hari karena selain sudah banyak yang selesai kerja, udara juga tidak terlalu panas.
Pemandangan di waduk ini tidak kalah dari waduk yang lain, di sana anda dapat menyaksikan indahnya pegunungan Muria dari kejauhan dan hamparan alam di sekitarnya yang mempesona.
Untuk bisa menuju kesana anda tidak perlu bingung, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau memanfaatkan alat transportasi umum di kota Pati.
Alamat : Desa Situluhur, Gembong, Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


32. Pulau Seprapat

Berkunjung ke obyek wisata memang terasa mengasyikan apalagi bersama dengan keluarga. Di kabupaten Pati, anda bisa mengajak mereka ke Pulau Seprapat.
Pulau yang lokasinya yang ada di pinggiran laut utawa Jawa ini dulu dihuni banyak hewan kera sempat dijadikan sebagai tempat pesugihan. Di sana juga terdapat banyak pohon-pohon subur nan rimbun, yaitu sejenis pohon bakau yang tentunya dapat membuat suasana sejuk.
Kata Seprapat sendiri dalam Bahasa Jawa artinya seperempat, Pulau ini diberi nama Pulau Seprapat karena diambil dari cerita Dampo Awang yang meninggalkan seprempat harta miliknya di Pulau Seprapat.
Konon menurut masyarakat di sana, pulau yang terdapat makam Datuk Lodang dengan bentuk mushola ini juga dihuni siluman kera. Jadi siluman ini adalah manusia yang mengambil pesugihan di Pulau Seprapat, kemudian mati dan tinggal di sana. Meski jasadnya mati, tetapi mereka hidup di dimensi dunia lain, menjadi budak atau abdi setan yang memberikan kekayaan. Sebagian orang juga yakin bila ritual pesugihan di Pulau Seprapat bisa terkabul.
Alamat : Desa Bajomulyo rt/rw 2/2, Growong Lor, Kabupaten Pati, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, toilet, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Rp. 5.000/orang


33. Alun-Alun Simpang Lima

Untuk anda yang tinggal di Pati namun tidak ada waktu untuk berpergian jauh supaya bisa menyegarkan pikiran, ada pilihan yang mudah, yaitu Alun-Alun Simpang Lima Pati.
Obyek wisata yang berada di pusat kota ini setiap hari khususnya saat menjelang sore selalu dipenuhi oleh pengunjung baik anak-anak, dewasa sampai orang tua. Mereka biasanya nongkrong, bersantai, sembari ngobrol-ngobrol di gazebo untuk melepas penat. Atau anda juga bisa berolahraga di jogging track yang telah disediakan di sana.
Untuk anak-anak ada pula area bermain yang seru. Alun-alun ini memang sangat unik karena hingga kini masih terus mempertahankan bentuknya sejak zaman dahulu.
Alamat : Jl. Tombronegoro, Pati Kidul, Kec. Pati, Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, pedagang kaki lima, arena bermain, jogging track
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


34. Hutan Mangrove Pantai Sambilangan

Wisata hutan mangrove memang bukan sesuatu yang baru lagi karena akhir-akhir ini semakin banyak hutan mangrove yang ada di berbagai tempat, termasuk kabupaten Pati.
Hutan Mangrove Pantai Sambilangan ini menyuguhkan panorama elok pantai lepas di pesisir utara Pati. Tidak hanya memberikan panorama pesisir yang mempesona, Pantai Sambilawang juga dapat dijadikan wisata edukasi, karena banyak tanaman mangrove tumbuh subur di sana. Ribuan tanaman mangrove menjadi sabuk pantai hidup di pesisir seluas 8 hektare.
Para pengunjung dapat bersantai menikmati suasana khas pantai dengan view laut lepas dan hutan mangrove di sekitarnya. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati puluhan tambak ikan bandeng yang berjajar di sepanjang jalan menuju pantai.
Pesona keindahannya obyek wisata ini juga berkat peranan masyarakat setempat yang ikut membantu keberhasilan budidaya hutan mangrove di sekitar Pantai Sambilawang.
Alamat : Desa Sambilawang, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 19.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


35. Pantai Banyutowo

Bagi yang ingin menikmati wisata pantai di kabupaten Pati, anda bisa mengunjungi Pantai Banyutowo yang sering didatangi oleh wisatawan dari dalam maupun luar kota.
Pantai ini merupakan lokasi bertemunya air sungai yang tawar dan air laut yang asin. Air disini sangat unik karena rasanya tawar tidak asin. Rasa tawar air berasal dari sumber air bawah tanah yang bermuara kesini. Sumber air tawar disini berasal dari aliran sungai bawah tanah dari celah-celah bukit. Jumlah air tawar yang jernih lumayan besar namun warga sekitar kurang memanfaatkannya sehingga air yang mengalir langsung ke Laut Selatan tanpa dimanfaatkan sebaik mungkin.
Pemandangan yang disuguhkan tempat ini juga mempesona, mulai dari pasir putih yang cantik, air laut yang berkilauan di bawah sinar matahari.
Alamat : Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Pati, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, gazebo, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


36. Pantai Cinta Selempung

Masih dari obyek wisata pantai, ada pilihan lainnya yaitu Pantai Cinta Selempung. Debur ombak akan menyambut kedatangan anda dengan semilir angin yang membawa udara khas pantai.
Daya tarik unik dari pantai ini adalah, ada ayunan yang disediakan oleh warga setempat untuk bersantai, ayunan dari ban bekas dan bambu ini dapat juga untuk sarana bermain anak-anak sembari menikmati deburan ombak pesisir utara pulau Jawa.
Alamat : Jl. Selempung, Tambak, Banyutowo, Dukuhseti, Kabupaten Pati
Fasilitas : Lahan parkir
Jam buka : 24 jam
Tiket : -

Tags: Jawa Tengah, Liburan

Wisata 5 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com