15 Hal Menarik dari Kota Cirebon

Wisata 2 months ago
15 Hal Menarik dari Kota Cirebon

Dengan luas wilayah 1.905 juta km² dan memiliki 1.340 suku serta garis pantai sepanjang 54.716 km, potensi wisata Indonesia patut disebut juara. Tak hanya keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan kebudayaan, kuliner, sejarah, bahkan wisata berbasis teknologi pun sudah ada di negara berpenduduk 262 juta jiwa ini. Tak heran jika banyak pelancong yang betah berkeliling Indonesia.

Salah satu daerah yang memiliki potensi wisata besar adalah Cirebon. Tak hanya batik dan budaya keratonnya yang kental, hasil alamnya juga kerap diburu dan sudah melalangbuana ke berbagai benua. Wisatawan juga bisa menikmati berbagai kuliner khas. Beberapa artis bahkan memilih Kota Cirebon untuk mengembangkan usaha kuliner mereka. Lalu, apa saja yang menarik dari daerah berjuluk Kota Wali ini?

1. Udang

Kota Cirebon dijuluki sebagai kota udang. Saking terkenalnya dengan hasil udang sampai lambang kotanya pun bergambar udang. Di beberapa sudut kota juga terdapat ikon berbentuk udang. Dari udang segar hingga olahannya, semua tersedia di kota ini. Anda pun bisa memilih berbagai olahan udang untuk dijadikan buah tangan.

Meski udang kerap dianggap makanan berkadar kolesterol tinggi. Nyatanya, hasil laut yang satu ini tetap lezat dan banyak diburu konsumen. Udang sebenarnya sehat dikonsumsi selama dalam porsi sewajarnya. Kadar kolesterol udang yang ditakuti banyak orang nyatanya juga sehat untuk jantung. Udang tak hanya mengandung kolesterol jahat (LDL) tapi juga kolesterol baik (HDL) dan mineral selenium yang mampu menghambat sel kanker dan mencegah penyakit jantung.

Udang Goreng
Udang goreng khas Cirebon

Jika berkunjung ke Kota Cirebon cobalah datang ke La Oceana Seafood atau Restauran H. Moel untuk menikmati olahan udang segar dan seafood lainnya. Anda juga bisa datang ke Toko Daud yang berlokasi di Jl. Sukalila Utara No.4D Kejaksan jika hendak membeli oleh- oleh olahan udang. Dari terasi, petis, udang goreng, hingga kerupuk udang semuanya tersedia di tempat ini.

Baca juga: 22 Cara Menurunkan Berat Badan Paling Ampuh

2. Penghasil Garam Terbesar

Karena lokasinya berada di pesisir utara Pulau Jawa dengan garis pantai sepanjang 54 km, Cirebon pun menjadi daerah penghasil garam terbesar di Indonesia. Di tahun 2015 misalnya, Cirebon mampu menghasilkan 435.439 ton gram. Pencapaian ini menandai Cirebon sebagai pemasok kebutuhan garam lokal sebanyak 20% dari target pemerintah.

Ladang Garam
Ladang garam di Cirebon

Beberapa titik di Cirebon yang masih aktif memproduksi garam di antaranya Kecamatan Pangenan, Losari, Gebang, Astana Japura, Mundu, Gunung Jati, dan Kecamatan Suranggala. Adapun penghasil garam terbesar terletak di  Desa Pengarengan, Kecamatan Pangenan di mana daerah ini mampu memproduksi garam 23.160 ton pertahunnya. 

3. Keraton Cirebon

Keraton Kasepuhan
Keraton Kasepuhan Kota Cirebon

Hambar rasanya bertandang ke Kota Cirebon jika tidak mengunjungi Keraton Kasepuhan. Banyak spot menarik yang bisa dijadikan lokasi berfoto di tempat ini. Tak hanya pemandangannya yang unik dan cantik, menulusuri kehidupan Keraton Cirebon juga bisa menambah pengetahuan sejarah pengunjung.

4. Batik Khas 

Batik Megamendung
Batik Megamendung khas Cirebon

Cirebon terkenal dengan motif batiknya yang khas. Salah satu yang kerap dijumpai adalah motif batik megamendung dengan corak menyerupai awan. Batik megamendung bahkan diusulkan untuk dijadikan warisan dunia ke UNESCO PBB karena batik ini sudah terkenal hingga ke mancanegara. Ada juga batik keraton yang terbagi dalam beberapa jenis motif seperti Keraton Kasepuhan dan Kanoman.

5. Makam Wali Songo

Makam Wali Songo
Makam Sunan Gunung Jati

Makam Wali Songo yang berlokasi di Jl. Raya Sunan Gunung Jati, Kalisapu ini kerap ramai dikunjungi wisatawan.  Makam Sunan Gunung Jati tak hanya dijadikan tempat berziarah, arsitektur makam pun terbilang unik dengan bentuk sembilan tingkatan.

6. Wisata Religi (Masjid Bersejarah)

Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Masjid Agung Sang Cipta Rasa di Kota Cirebon

Ada beberapa masjid bersejarah di Kota Cirebon yang bisa dijadikan wisata religi. Masjid di Cirebon tak hanya memiliki nilai sejarah, bangunannya pun tergolong unik karena arsitektur masjid di sini masih kental dengan pengaruh kerajaan tempo dulu. Masjid bersejarah yang terkenal di Kota Cirebon di antaranya, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Masjid Kramat Depok, dan Masjid Bata Merah Panjunan.

7. Nasi Jamblang dan Empal Gentong

Nasi Jamblang
Nasi jamblang khas Cirebon dibungkus daun jati

Nasi jamblang dan empal gentong termasuk kuliner yang paling banyak dicari wisatawan saat mengunjungi Kota Cirebon. Nasi jamblang ini disajikan di atas daun jati dengan pilihan lauk yang bisa dipilih sendiri. Lauknya macam- macam, berupa tempe, tahu, semur daging, ikan asin, aneka pepes, limpa, paru goreng sampai balakutak. Sedangkan empal gentong lebih mirip soto betawi.

8. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat
Kerupuk Melarat

Saat melintasi jalur pantai utara, Anda akan menemukan bungkusan kerupuk banyak dijajakan di pinggir jalan. Itulah kerupuk melarat, kerupuk khas Cirebon yang terbuat dari tepung tapioka yang digoreng dengan cara diayak dalam pasir.

9. Mangga Gedong Gincu

Mangga
Mangga Gedong Gincu

Tak hanya hasil lautnya yang terkenal, Cirebon juga ternyata memiliki potensi dari hasil perkebunan. Salah satunya adalah mangga gedong gincu. Mangga berwarna jingga ini bahkan sudah diekspor ke Jepang, Timur Tengah, dan Amerika Serikat.

10. Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay
Sirup khas Tjampolay yang sudah melegenda di Cirebon

Sirup legendaris ini juga wajib Anda jadikan oleh- oleh saat mengunjungi Kota Cirebon. Sirup yang sudah ada sejak tahun 1936 ini memiliki banyak varian rasa khas. Rasa pisang susu dan rasa mangga gedong gincu kerap jadi pilihan para pembeli.

11. Misteri Taman Sari Gua Sunyaragi 

Taman Sari Gua Sanyurangi
Taman Sari Gua Sanyurangi

Mengunjungi taman ini seperti berada di jaman kerajaan. Arsitektur bangunan dalam taman memang sangat unik dan menyimpan sejuta misteri. Anda akan menemukan banyak gua dan bongkahan bebatuan jadul saat berada di tempat ini.

12. Wisata Kura- Kura Belawa

Wisata Kura- Kura
Wisata kura- kura di Belawa

Bagi yang ingin melihat langsung kura- kura, bisa datang ke Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang. Lokasinya 25km dari Kota Cirebon. Di sini Anda bisa langsung melihat tempat penangkaran dan memberi makan kura- kura.

13. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong
Romantisnya pemandangan di Bukit Gronggong

Tempat ini menyajikan pemandangan indah dan romantis dari atas ketinggian. Pengunjung kerap datang di sore hari menjelang malam untuk sekedar makan atau jalan- jalan menikmati keindahan kota dari atas bukit.

14. Waduk Situ Sedong

Waduk Situ Sedong
Cantiknya pemandangan di Waduk Situ Sedong

Ada waduk buatan yang menyuguhkan pemandangan cantik di Kota Cirebon yakni Situ Sendong. Lokasinya berada di Kecamatan Sedong. Waduk ini sendiri berfungsi untuk menampung air hujan yang nantinya digunakan untuk mengairi sawah- sawah para petani yang ada di Kota Cirebon dan sekitarnya.

15. Ade Irma Suryani Waterland (Cirebon Waterland) 

Cirebon Waterland
Ade Irma Suryani Waterland juga kerap disebut Cirebon Waterland

Di tempat ini Anda bisa menikmati wahana permainan air atau menyewa cottage yang menyuguhkan pemandangan pantai yang cantik dan romantis.

Tags: Wisata Indonesia, Kota Cirebon

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com