Mengapa Industri Pariwisata Malaysia dan Singapura Lebih Maju dari Indonesia?

Wisata 1 month ago
Mengapa Industri Pariwisata Malaysia dan Singapura Lebih Maju dari Indonesia?

Indonesia adalah negara dengan potensi wisata yang luar biasa. Dengan potensi yang dimiliki Indonesia bisa menjadi negara yang maju dari sektor pariwisata. Akan tetapi, mengapa Indonesia hanya memiliki jumlah wisatawan terbanyak ke-4 di Asia Tenggara? Mengapa Indonesia bisa kalah jauh dibanding pariwisata Singapura maupun Malaysia yang notabenenya daya tarik wisatanya tidak sebanyak Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan itulah penulis akan memaparkan sedikit kegiatan pariwisata di kedua negara tersebut.

Malaysia

Pada tanggal 10 Agustus 1972, Malaysia pemerintah Malaysia mendirikan Tourism Development Corporation (TDC) yang berfungsi sebagai upaya pembangunan sarana pariwisata Malaysia. Saat ini, TDC telah berganti nama sebagai Malaysia Tourism Promotion Board (MTPB) yang bukan hanya berwenang dalam pembangunan pariwisata saja tetapi juga sebagai sebuah badan promosi pariwisata.

Awal mula pembentukan TDC, lembaga ini membuat sebuah kebijakan yakni Tourism Development Plan untuk mengatur pembangunan di kota-kota besar yang memiliki potensi ekonomi ekonomi yang tinggi dengan membangun fasilitas-fasilitas yang memadai.

Sama seperti Indonesia, Malaysia juga memiliki Daya Tarik Wisata Alam dan keberagaman suku bangsa. Dengan melihat potensi inilah maka TDC membangun sarana prasarana yang memadai untuk mempermudah para wisatawan berkunjung ke objek-objek wisata tersebut. 

Jika membahas pariwisata di Malaysia, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas Pulau Langkawi yang merupakan wisata religi di negara tersebut. Pulau Langkawi terkenal dengan legenda "Mahsuri Berdarah Putih". Legendanya yang terkenal itulah daya tarik dari pulau ini. Pulau ini menawarkan 2 pantai yang menjadi andalan yakni Pantai Cenang dan Pantai Kok. Akses jalanan pulau ini memiliki standard yang baik dan memberikan kemudahan dan kenyamanan pada para wisatawan.

Pembangunan pariwisata tidak hanya dilakukan di kota-kota besar saja, tapi juga di berbagai wilayah di Malaysia yang mempunyai daya tarik kebudayaan. Pembangunan ini dilaksanakan untuk mempermudah wisatawan yang ingin mendalami kebudayaan suku-suku minoritas di Malaysia.

Untuk mempromosikan pariwisatanya, Malaysia juga mengadakan festival-festival besar yang diadakan setiap tahun. Selain itu, Malaysia juga menggencarkan Nation Branding yakni "Malaysia Truly Asia". Pengeluaran Nation Branding ini dengan menonjolkan sebuah image dari keseluruhan negara Malaysia. Pengeluaran ini juga sebagai sebuah upaya untuk mengatasi jumlah wisatawan yang menurun.


Singapura

Jika kita mendengar negara Singapura, pasti yang ada di benak kita adalah tempat-tempat buatan tangan manusia. Walau Singapura tidak memiliki daya tarik wisata alam seperti negara-negara tetangganya, tetapi Singapura bisa bersaing dengan Thailand dalam industri pariwisata. Hal ini dikarenakan Singapura tidak main-main dalam mempromosikan pariwisatanya.

Singapura memiliki badan promosi pariwisata yakni Singapore Tourism Board (STB) yang menyediakan anggaran dana yang cukup besar untuk mendukung perkembangan BTMICE (Business Travel, Meeting, Incentive Travel, Conventions and Exhibitions) yang merupakan pendorong pariwisata utama di Singapura. 

Walau hampir tidak memiliki SDA dan memiliki luas wilayah yang sempit, Singapura menggunakan kreatifitasnya untuk membuat wisata-wisata buatan dengan baik dan bagus. Tempat-tempat wisatanya juga sering kita dengar dan selalu identik dengan Singapura.

Para wisatawan mancanegara pun tidak akan kesulitan berwisata karena penduduk Singapura menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Selain itu, transportasinya yang modern dan mudah diakses juga menjadi daya tarik tersendiri. Transportasinya yang mudah digunakan memudahkan para wisatawan berkeliling ke tempat-tempat pariwisata dengan mudah.

Kesimpulan

Hal-hal yang menyebabkan pariwisata Indonesia jauh tertinggal dengan kedua negara tersebut adalah dikarenakan kurangnya pembangunan dan transportasi yang memadai. Banyak tempat-tempat pariwisata di Indonesia yang memiliki Objek Daya Tarik Wisata, tetapi beberapa tempat bahkan tidak memiliki akses jalan yang memadai. Selain itu, sarana dan prasarana di tempat-tempat wisata juga terkadang tidak digunakan atau dirawat dengan baik.

Penulis yakin, jika Indonesia mampu mengatasi hal-hal tersebut maka pariwisata Indonesia bisa lebih maju lagi.

sumber:

file:///C:/Users/user/Downloads/Nation_Branding_Malaysia_Modalitas_Pariw%20(1).pdf

file:///C:/Users/user/Downloads/anzdoc.com_bab-iii-pariwisata-singapura-sektor-pariwisata-mer.pdf

Tags: Indonesia, Wisata, Malaysia, Singapura

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com