Negeri Kincir Angin kini Hadir di "Bumi Nene Mallomo" Sidenreng Rappang.

Wisata 9 months ago
Negeri Kincir Angin kini Hadir di "Bumi Nene Mallomo" Sidenreng Rappang.

Selama ini kincir angin identik dengan negeri Belanda, namun sekarang tidak perlu jauh- jauh ke negeri Belanda untuk menyaksikan pisau besar berputar. Kini Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) telah hadir di Bumi Nene Mallomo sebutan untuk Kabupaten Sidenreng Rappang. Proyek PLTB ini telah dimulai pada bulan Juli 2016 dan Sekarang Telah Rampung untuk tahap 1. Rencananya Pada tanggal 02 Juli 2018 akan diresmikan langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo.

Pembangunan diawali dengan membangun pondasi 30 turbin pembangkit listrik. PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), selaku subkontraktor Pekerjaan Sipil dan Balance of Plant dari proyek pembangkit listrik tenaga angin pertama UPC dengan 300 karyawan terampil, memimpin pengerjaan konstruksi dan pengoperasian Batching Plant.

Batching Plant tersebut dibangun untuk memproduksi beton sebanyak 30m kubik per jam. Namun tim sanggup meningkatkan volume produksi beton Batching Plant hingga 50% sehingga proses pengecoran dapat berlangsung sesuai jadwal.

Setelah pondasi siap, komponen turbin kemudian didatangkan. Komponen Utama Turbin Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap didatangkan dari Spanyol. Mesin Gamesa G114 2,5 MW yang menjadi komponen utama produksi listrik PLTB Sidrap itu, diangkut menggunakan kapal BBC Congo. Kapal ini merupakan kapal pengangkut muatan berat serba guna sepanjang 143 meter dengan kapasitas maksimum sebesar 12.974 gross tonage (GT).

Selanjutnya komponen yang telah tiba di pelabuhan Parepare akan diangkut melalui jalur darat. Pengangkutan bagian-bagian turbin angin akan menggunakan truk-truk khusus yang dapat membawa komponen berukuran sangat besar dari Pelabuhan Nusantara Parepare ke lokasi proyek di Desa Lainungan dan Mattirotasi, Kabupaten Sidrap.

Kegiatan ini melalui jalan Karaeng Burane, Patung Pramuka, lokasi jembatan depan Rumah Jabatan Walikota, Jalan Jenderal Ahmad Yani, dan Jalan Poros Parepare – Sidrap.

Proses pengangkutan berlangsung pada malam-malam tertentu antara pukul 22.00 – 05.00 WITA. Untuk mengendalikan lalu lintas selama proses pengangkutan, UPC Sidrap telah bekerjasama dengan Kepolisian setempat serta Dinas Perhubungan Kota Parepare dan Kabupaten Sidrap guna menangani manajemen lalulintas.

Setelah tiba di Sidrap. Proyek pemasangan turbin Tahap 1 dilakukan. hingga semua turbin telah terpasang dan siap untuk dioperasikan.

Tags: Sulawesi Selatan, Kipas Angin, Belanda

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com