Sungai Lisai Surga di Tengah Belantara Provinsi Bengkulu

Wisata 11 months ago
Sungai Lisai Surga di Tengah Belantara Provinsi Bengkulu

Gemericik aliran sungai yang mengalir dipinggir desa, bukit bukit membentang mengelilingi perkampungan ibarat benteng kokoh yang memanjakan mata bagi para pendatang Di Desa Sungai Lisai Kecamatan Pinag Belapis Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Desa ini berada di zona inti Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS), pemandangan yang terlihat, bagi saya yang pertama sekali berkunjung ke Sungai Lisai bagaikan serpihan Sorga tersembunyi yang diciptakan Tuhan.

Agar bisa menikmati Serpihan sorga ditengah belantara ini,kita wajib berjalan kaki sejauh kurang lebih 15 kilo meter dengan waktu tempuh 5-6 jam dari Desa Sebelat Ulu, namun bagi penduduk lokal waktu tempuh antara 3-4 jam. Memang ada juga satu dua warga yang telah menggunakan sepeda motor mencapai Sungai Lisai,namun rute yang dilewati sangat Extrim. Badan jalan persis dibibir Sungai dan lebarnya hanya 50 cm -1 Meter ditambah tebing yang cukup curam. Untuk mencapai desa Sebelat Ulu dari Pasar Muara Aman Kota Kabupaten Lebong dapat dicapai dengan waktu 1 jam dengan menumpang kenderaan umum atau menggunakan Ojek Sepeda Motor.


Bagi peminat petualangan dan tantangan, perjalanan menuju Desa Sungai Lisai ini sangat mengasikan karena rute perjalanan diawali dengan menyeberangi Sungai Sebelat dengan bentang kurang lebih 30 meter dan kedamalan 50-70 CM. Selepas menyeberangi sungai perjalanan masuk kedalam hutan dan sekali sekali kita terpaksa berpegangan ke akar pohon agar tidak terjatuh ke sungai. Perjalan ini memakan waktu sekitar 1 jam dan selanjutnya kembali harus menyeberangi Sungai. Selepas menyeberangi sungai, kondisi jalan sudah datar dan cukup lebar, namun tantangan belum berakhir. Perjalanan masih membutuhkan waktu sekitar 4 jam dan sebagian besar berada didalam hutan terkadang kita harus berjalan dibawah pohon tumbang yang melintang dibadan jalan. 


Lelah selama diperjalanan akan tergantikan ketika kita sampai digerbang desa yang dibuat dari kayu dan bambu dan melihat rumah rumah warga tersusun rapi menggunakan kayu terbaik. Warga Desa Sungai Lisai yang terdiri dari Etnis Madras Jambi dan Rejang cukup ramah dengan para pendatang. Warga yang keseharianya bertani tak sungakan-sungkan menawarkan rumahnya untuk menginap. Sebagai pendatang sudah sepantasnya bagi kita untuk terlebih dahulu bertanya kebiasana warga didesa ini karena penduduk masih sangat menjunjung tinggi adat istiadat lokal. Satu hal yang wajib ditaati ketika berada didesa ini yakni pada saat mandi disungai, lokasi mandi laki laki harus berada dibawah lokasi mandi perempuan. 


Sungai yang mengalir dipinggir desa masih sangat jernih dan merupakan habitat berkembang biaknya ikan Putih yang sangat lezat, penduduk masih menjaga kelestaraian ikan putih, Warga hanya mengabil ikan yang sudah cukup besar,sedangkan ikan yang berukuran kecil kembali dilepas kesungai. Bagi pengunjung yang hoby memancing, sungai Lisai merupakan Spot terbaik untuk mendapatkan Ikan putih.Keberadaan Sungai juga sangat penting bagi warga yakni untuk pengairaan sawah dan juga dimanfaatkan memutar kincir untuk menghasilkan listrik.(Julkifli Sembiring)

Baca juga tulisan Julkifli Sembiring ; Perjuangan 7 Warga Madras Dirikan Desa Di Tengah Hutan Belantara

Tags: Wisata, Unik, Surga Dunia

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com