Uniknya Pulau Kubu, Pulau Gurun Berhias Fosil Kuno

Uniknya Pulau Kubu, Pulau Gurun Berhias Fosil Kuno

Di hamparan daratan garam Makgadikgadi di wilayah utara Kalahari, Afrika terdapat singkapan granit yang terisolasi, memiliki tinggi sekitar 10 meter serta sekitar satu kilometer panjangnya, yang dikenal oleh masyarakat lokal sebagai Pulau Kubu.


Bentuknya mirip seperti bulan sabit, dan lerengnya dipenuhi dengan kerikil bundar dan fosil, memberikan bukti mengejutkan tentang keberadaan air di danau prasejarah yang pernah menutupi wilayah ini.

Uniknya Pulau Kubu, Pulau Gurun Berhias Fosil Kuno

Batu - batu yang hampir putih di Pulau Kubu dimahkotai dengan pohon baobab raksasa dan reruntuhan misterius menjulang keluar dari tanah. Makgadikgadi adalah salah satu dataran garam terbesar di dunia yang mencakup sekitar 16.000 km persegi. Gempa bumi, perubahan iklim dan pengalihan sungai melumpuhkan danau ini dari pasokan airnya, menyebabkannya menyusut dan menghilang ke dalam cekungan lempung abu-abu dan garam.

Uniknya Pulau Kubu, Pulau Gurun Berhias Fosil Kuno

Setelah masuk musim hujan, dataran-dataran garam berubah menjadi danau-danau dangkal yang berkilau. Terkadang ketika hujan deras, dananu itu mendapat tambahan air dari lima sungai musiman. Ini menarik sejumlah besar pelikan dan jutaan flamingo ke pulau ini. Burung-burung air biasa datang ke sini ketika lokasi tu adalah danau.

Uniknya Pulau Kubu, Pulau Gurun Berhias Fosil Kuno

Di bagian selatan pulau Kubu terletak dinding batu kering dengan tinggi 1,25 meter, dalam bentuk huruf "C". Di luar lingkaran ada sejumlah tugu batu. Garis pantai dipenuhi dengan alat-alat Zaman Batu, panah dan manik-manik kaca.

Para arkeolog percaya bahwa dinding ini adalah milik dinasti Zimbabwe Besar dalam periode antara 1400 dan 1700 AD. Tempat ini bisa menjadi 'kamp sunat' yang terpencil di mana anak-anak suku diambil untuk disunat dan upacara-upacara yang mengarah ke masa dewasa.

Tags: Pulau Kubu, Afrika, Pulau

Wisata 9 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com