WISATA AIR TERJUN TELUNJUK RAUNG

WISATA AIR TERJUN TELUNJUK RAUNG

                     AIR TERJUN TELUNJUK RAUNG


Air terjun Telunjuk Raung terletak di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi atau berjarak 40 KM dari pusat kota Banyuwangi.

Air terjun yang berada di lereng Gunung Raung sebelah timur ini masih terbilang baru menjadi destinasi wisata umum di Banyuwangi. Wisata ini baru dibuka sekitar lima bulan yang lalu, dari hasil swadaya warga desa Sumber Arum.

Menariknya, warga Desa Sumber Arum berinisiatif membuka potensi wisata alam tersebut untuk pembangunan masjid. Selain untuk memperkuat sendi perekonomian warga sekitar.

Rute Menuju Air TerjunTelunjuk Raung


Air terjun telunjuk raung merupakan air terjun yang terletak di daerah perkebunan ptpn tepatnya di desa sumberarum, kecamatan songgon, kabupaten banyuwangi. Untuk menuju kesana tidak ada angkutan umum, harus menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa. Lama perjalanan dari kota Banyuwangi sekitar 1-1,5 jam perjalanan.

Aksesbilitas

Pemandangan menakjubkan sepanjang jalan disajikan saat memasuki desa sragi sepanjang jalan di sugukan perkebunan cengkeh dan udara segar setelah itu, pengunjung harus menyusuri jalan di tengah ladang tebu milik Perkebunan Tirta Harapan, jarak tempuhnya sekitar 4 kilometer. Dan sebelah kiri merupakan lereng jurang dengan dasar lembah sungai.

Objek Wisata

Untuk memasuki kawasan air terjun telunjuk raung, wisatawan di pungut biaya 5.000/orang. Dengan kawasan parkir yang cukup luas dan menarik.

Beberapa area gardu pandang, rumah pohon dan taman-taman penuh bunga.

Disekitar sini juga banyak fasilitas seperti kantin, musholla, toilet dan kamar mandi.

Untuk menuju Air terjun kita harus menuruni jalan setapak

Jalanya lumayan panjang, tapi landai. Ada sungai kecil disepanjang jalan masyarakat sekitar memanfaatkannya untuk menanam seladah air. Pemandangan alam disini sangat amat terjaga.

Setelah berjalan kaki melewati jembatan, wisatawan akan menemukan sebuah kolam agak besar yang bisa wisatawan gunakan untuk mandi-mandian, tentunya air yang ada disini sangatlah dingin karena langsung berasal dari sumber mata air yang jernih dan menyegarkan. Adanya kolam ini juga menandakan wisatawan sudah dekat dengan Air Terjun Telunjuk Raung. dengan berjalan kaki sedikit lagi wisatawan sudah bisa menikmai keindahan pancuran air terjun.

Dinamakan Telunjuk Raung dikarenakan aliran air terjunnya seperti “Telunjuk” dan kata Raung sendiri diambil karena lokasi air terjun yang berada di kaki Gunung Raung. warga sekitar meyakini jika wisatawan mandi dengan air dari air terjun Telunjuk Raung bisa membuat awet muda.

Demikian informasi tentang wisata di air terjun Telunjuk Raung yang masih alami dan menakjubkan. Pemandangannya dan guyuran air terjunnya benar-benar membuat rasa lelah di perjalanan akan terobati.

Tags: Destinasi Wisata, Air Terjun, Banyuwangi

Wisata 6 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com