Wisata Baru Bagi Penikmat Alam, Air Terjun Tembalang di Berau

Wisata Baru Bagi Penikmat Alam, Air Terjun Tembalang di Berau



Siapa sih yang nggak kenal Berau? Bahkan orang luar negeri pun berbondong-bondong datang ke Berau dengan sejuta wisata-wisata alam penuh pesona keindahan. Tak sedikit destinasi wisata di Berau memiliki daya tarik tersendiri yang nggak kalah kerennya dengan Bali hingga terkenal ke luar negeri. Sebenarnya, Indonesia memang penuh dengan tempat-tempat keren yang dapat dikunjungi ketika liburan. Jadi buat yang mau liburan, ngapain jauh-jauh keluar negeri kalau orang luar negeri saja datang ke Indonesia. 

Tapi, ada nggak sih yang nggak kenal Berau? Oke, Berau itu adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, yang pastinya berada di Indonesia. Nahh, di Berau ini ada sebuah kampung yang memiliki wisata air terjun yang keren banget, namanya Air Terjun Tembalang. Yang nggak kalah kerennya,  salah satu kementerian Jerman pernah mengunjungi wisata air terjun ini. Air Terjun Tembalang berada di ujung Kampung Tepian Buah Kec. Segah. Perjalanan menuju kesana lumayan panjang sih, tapi cocok buat nge-trip apalagi untuk kalian yang seorang traveler atau backpacker atau bisa juga bagi yang ingin mencoba-coba. Karena semua kelelahan akan terbayarkan jika sudah sampai pada air terjunnya.

Untuk memulai perjalanan menuju lokasi, jika dari Tanjung Redeb, kalian harus menempuh jalan selama kurang lebih satu jam untuk sampai ke Kampung Tepian Buah. Dari Kampung Tepian Buah, kalian bisa bertanya lokasi Air Terjun Tembalang kepada warga setempat karena dijamin mereka pasti tau dan pernah berkunjung kesana. Perlu diingat jika ingin bertanya gunakanlah sopan-santun dan bahasa yang baik. Dengan begitu, masyarakat disana pasti dengan senang hati akan memberitahu kalian. Dari Tepian Buah, kira-kira setengah jam menggunakan kendaraan, kalian akan sampai dipemberhentian dermaga kapal yang akan mengantar penumpang menuju tempat wisata Air Terjun Tembalang yang dapat ditempuh selama 15-25 menit. Jika ingin menggunakan kapal, kalian diharuskan membayar sewa kapal (untuk pulang-pergi). Ada alternative kalau tidak ingin membayar yaitu jalan kaki (jika sanggup menempuh perjalanan selama dua jam dengan jalan kaki).

Selama perjalanan menyusuri sungai, kita akan merasa dekat dengan alam bebas karena berada ditengah-tengah hutan. Tapi, jangan khawatir karena hutannya nggak angker kok, malah sering didatangi oleh warga sekitar untuk mencari bahan-bahan kerajinan tangan. Setelah sampai, jangan senang dulu. Air Terjun Tembalangnya masih harus ditempuh dengan berjalan kaki. Karena masih hutan, pastinya jalannya masih jelek, apalagi kalau semalam hujan yang menyebabkan jalan tambah becek. So, kalau mau kesana harus siapin stamina dulu sebelum memulai. Jalan kakinya bisa di tempuh selama kurang lebih 30-45 menit. Kalian akan melewati tanjakan-tanjakan, beberapa jembatan yang hanya terbuat dari batang pohon, dan turunan.

Ketika medengar suara gemuruh air yang begitu deras berarti kalian sudah dekat dengan air terjun. Rasa lelah yang tadinya menyurutkan semangat, akan hilang seketika melihat Air Terjun Tambalang. Menikmati alam yang terasa begitu dekat dan. Jauh dari suara-suara bising kendaraan. Hanya ada suara gemuruh air. Begitu nikmat. Kalian juga bisa berenang disana (bagi yang bisa berenang). 

Semoga Bermanfaat.

Tags: Air Terjun, Wisata, Destinasi Wisata, Wisatawan

Wisata 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com