Yuks, Kenali Sejarah Manusia Purba di Sangiran

Wisata 1 month ago
Yuks, Kenali Sejarah Manusia Purba di Sangiran


MUSEUM -
Mendengarnya, mungkin bagi sebagian orang sudah membosankan. Tapi tidak dengan Museum Manusia Purba Sangiran.
Masuk sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO, menjadikan Sangiran mendapatkan perhatian dunia. Penasaran ada apa saja di sana?

Terletak di perbatasan antara Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar Propinsi Jawa Tengah. Memiliki luas 59,21 kilometer persegi, lokasi ini dikelola Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran. Salah satu unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Situs Sangiran mulai dikenal sejak Von Koenigswald melakukan penelitian di sana, 1934 lalu. Saat itu, peneliti asal Belanda ini menemukan alat-alat batu hasil budaya manusia purba. Dua tahun setelahnya ditemukan fosil manusia purba pertama di Situs Sangiran. Setelahnya, penelitian semakin banyak dilakukan di sana. Tak heran jika temuannya juga semakin banyak dan beragam. Mulai dari fosil manusia, fosil hewan, alat tulang maupun alat batu.

Sangiran merupakan situs terpenting untuk perkembangan berbagai bidang ilmu pengetahuan. Khususnya untuk penelitian di bidang antropologi, arkeologi, biologi, paleoantropologi, geologi. Tak ketinggalan pariwisata. Karena disini sangat bermanfaat untuk mempelajari kehidupan manusia prasejarah karena situs ini dilengkapi dengan fosil manusia purba, hasil-hasil budaya manusia purba, fosil flora dan fauna purba beserta gambaran stratigrafinya.

Sangiran cocok untuk belajar mengenai bagaimana manusia berevolusi. Termasuk belajar mengenai batu-batuan penyusun bumi. Mengunjungi museum ini dijamin tidak akan bosan. Karena setiap ruangan tertata dengan apik dan rapi. Informasi tertera di hampir semua benda. Ini tentu sangat memudahkan pengunjung untuk tahu apa yang mereka lihat. Tak heran, jika hampir setiap harinya museum ini banyak dikunjungi wisatawan. Terutama rombongan pelajar. Karena disini mereka dapat belajar tentang kehidupan manusia purba hingga perubahan lingkungan alam sejak dua juta tahun lalu sampai sekarang. Dan tanpa terputus.

Dilengkapi diorama, sangat memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi tentang cara hidup manusia purba. Termasuk lingkungan tempat tinggalnya. Lengkap dengan berbagai peralatan batu. Seperti serpih, bilah, kapak persegi dan berbagai kapak penetak. Alat-alat tersebut pada zaman dahulu digunakan sebagai senjata dan alat berburu.

Untuk menikmati sejarah perkembangan manusia ini, anda tidak harus merogoh kocek dalam-dalam. Tidak lebih dari Rp 10 ribu untuk wisatawan domestik. Begitu masuk ke tempat parkir, pengunjung sudah disambut patung kepala manusia purba berukuran besar. Menarik, bukan?

Tags: Wisata, Sragen, Karanganyar, Jawa Tengah, Museum, Sangiran, Museum Manusia Purba Sangiran, Wisata Pendidikan, Unesco, Museum Manusia Purba

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com