Mengundang Alien Menggunakan Sinar Laser

WOW 5 months ago
Mengundang Alien Menggunakan Sinar Laser

Kita hanyalah titik kecil di tengah-tengah alam semesta nan luas, mungkin itulah alasan mengapa kita sulit bersinggungan dengan 'kehidupan lain' di luar sana. Namun, menurut para peneliti, jika ingin menarik perhatian ‘tetangga’ di galaksi lain, kita bisa menggunakan teknologi laser yang ada saat ini.

Menurut ilmuwan dari Massachussetts Institute of Technology (MIT), laser dapat digunakan sebagai semacam suar atau “cahaya serambi” untuk memancing kedatangan alien yang mungkin sedang mencari keberadaan manusia di Bumi. Menurut mereka, sinar tersebut dapat menarik perhatian makhluk ekstraterestrial sejauh 20 ribu tahun cahaya.

Sinar laser inframerah juga diyakini dapat digunakan sebagai media pengiriman pesan ke luar angkasa—berfungsi menyerupai kode Morse untuk memberi tanda kepada 'mereka' bahwa kita ada di sini.

Ini proyek yang menantang, tapi bukan berarti tidak mungkin. Saya belum tahu seberapa cerdas makhluk luar angkasa, tapi sinar itu pasti akan menarik perhatian lebih lanjut” ungkap James Clark, sarjana astronotika yang menjadi salah satu anggota tim peneliti.

Jenis laser dan teleskop yang sedang dibangun saat ini dapat menghasilkan sinyal yang dapat dideteksi. Dengan begitu, astronom dapat langsung melihat bintang dan sesuatu yang tidak biasa melalui spektrumnya,” tambahnya lagi.

Studi kelayakan mengusulkan untuk menggunakan laser berkekuatan 1 hingga 2 megawatt yang nantinya difokuskan melalui teleskop setinggi 30-45 meter. Itu akan menciptakan sinar radiasi inframerah yang cukup kuat untuk berdiri sendiri di luar energi yang dihasilkan Matahari—cukup kuat untuk menarik perhatian alien.

Peneliti mengatakan, alien di wilayah Proxima Centauri (bintang terdekat dari Bumi) atau TRAPPIST-1 adalah yang paling mungkin untuk menangkap sinyal tersebut.

Sinar laser itu harus dipancarkan dari tempat yang tinggi untuk meminimalisir gangguan atmosfer, dan mungkin akan menimbulkan gangguan pada kamera di pesawat yang melintas, juga berbahaya untuk dilihat dengan mata telanjang. Namun, menurut peneliti, ini harga yang cukup kecil jika dibandingkan dengan keberhasilan mengontak makhluk luar angkasa.

Jika berhasil berkomunikasi dengan alien, kita dapat mengirim pesan dengan kecepatan data beberapa ratus bit per detik dan bisa sampai ke sana dalam hitungan tahun,” kata Clark.

Hasil studi tersebut dipublikasikan pada The Astrophysical Journal.



Sumber : nationalgeographic.grid.id

Tags: Sains, Alien, Ufo

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com